Search for collections on Publications

ANALISIS PELAYANAN DISABILITAS DALAM PERSPEKTIF UNDANG-UNDANG DAN FAKTOR PENDORONG MINAT MENABUNG PADA PENYANDANG DISABILITAS (Studi Kasus di BMT Al-Hikmah Semesta)

MEGA SELA VIANA PRASASTI, 191420000390 (2023) ANALISIS PELAYANAN DISABILITAS DALAM PERSPEKTIF UNDANG-UNDANG DAN FAKTOR PENDORONG MINAT MENABUNG PADA PENYANDANG DISABILITAS (Studi Kasus di BMT Al-Hikmah Semesta). Skripsi thesis, UNISNU JEPARA.

[thumbnail of 191420000390_COVER.pdf]
Preview
Text
191420000390_COVER.pdf

Download (3MB) | Preview
[thumbnail of 191420000390_BAB I.pdf] Text
191420000390_BAB I.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (7MB)
[thumbnail of 191420000390_BAB II.pdf] Text
191420000390_BAB II.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (4MB)
[thumbnail of 191420000390_BAB III.pdf] Text
191420000390_BAB III.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (2MB)
[thumbnail of 191420000390_BAB IV.pdf] Text
191420000390_BAB IV.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (2MB)
[thumbnail of 191420000390_BAB V.pdf] Text
191420000390_BAB V.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (562kB)
[thumbnail of 191420000390_DAFTAR PUSTAKA.pdf]
Preview
Text
191420000390_DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (1MB) | Preview
[thumbnail of 191420000390_LAMPIRAN.pdf] Text
191420000390_LAMPIRAN.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (1MB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui bagaimana pelayanan di BMT Al-Hikmah serta faktor apa yang menjadi pendorong Anggota Disabilitas dalam minat menabung. Penelitian ini termasuk penelitian lapangan (field research), sedangkan sifat penelitian ini adalah deskriptif kualitatif. Sumber data penelitian ini ada dua yaitu sumber data primer dan sumber data sekunder. Penelitian ini menggunakan tehnik pengumpulan data berupa observasi, wawancara, dan pengumpulan data. Observasi dilakukan dengan cara pengamatan langsung di lokasi untuk memperoleh informasi terkait pelayanan, sedangkan wawancara dilakukan dengan organ yang terkait pelayanan seperti Pengelola SDM/HRD di BMT Al-Hikmah, serta Teller dan CS BMT Al-Hikmah cabang Lebak dan cabang Swawal dan minat menabung wawancara dengan 2 Anggota disabilitas yang terlibat, selanjutnya Pengumpulan data yang dilakukan dengan cara mengumpulkan data yang akan dikaitkan dengan hasil wawancara. Semua data-data yang diperoleh dianalisis secara induktif. Berdasarkan hasil penelitian dapat diketahui bahwa Pelayanan di BMT Al-Hikmah Semesta secara keseluruhan sudah baik saat melayani anggota disabilitas. Namun BMT Al-Hikmah masih terdapat kendala yang dihadapi dalam pelayanannya seperti menerapkan pelayanan khusus dan perlakuan khusus bagi anggota disabilitas, belum terdapat pelayanan publik, dan belum adanya pendamping khusus, kendala lain dari BMT Al-Hikmah belum adanya aksesiblitas sarana dan prasaranan di BMT Al-Hikmah Semesta, dan dalam faktor pendorong minat terdapat The Factor Inner Urge dan The Factor of Social Motive. Oleh sebab itu, perlu upaya untuk meningkatkan pelayanannya serta sarana dan prasarana yang akan membuat BMT Al-Hikmah kepintu gerbang kesuksesan.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information: Pembimbing I : H. Miswan Ansori, S.E., M.B.A. Pembmbing II : Zahrotun Nafisah, Lc,. M.H.I.
Uncontrolled Keywords: Pelayanan, Disabilitas, Minat.
Subjects: 200 Agama > ISLAM > 2X4 Fikih (Fiqih, Fiqh), Hukum Islam > 2X4.2 Muamalat, Muamalah /Hukum Perdata Islam
300 Ilmu Sosial > 330 Ilmu Ekonomi > 335 Layanan Nasabah
Divisions: Fakultas Syariah dan Hukum > Perbankan Syariah
Depositing User: Admin Perpustakaan Unisnu
Date Deposited: 14 Nov 2023 07:18
Last Modified: 14 Nov 2023 07:18
URI: https://eprints.unisnu.ac.id/id/eprint/5601

Actions (login required)

View Item
View Item