ANIS LUDFIANA, 152610000179 (2018) MANAJEMEN PENDIDIKAN KARAKTER DI MADRASAH ALIYAH HASYIM ASY’ARI BANGSRI JEPARA. Tesis thesis, UNISNU Jepara.
1. 152610000179_COVER.pdf
Download (3MB) | Preview
2. 152610000179_BAB I.pdf
Restricted to Repository staff only
Download (246kB)
3. 152610000179_BAB II.pdf
Restricted to Repository staff only
Download (337kB)
4. 152610000179_BAB III.pdf
Restricted to Repository staff only
Download (193kB)
5. 152610000179_BAB IV.pdf
Restricted to Repository staff only
Download (338kB)
6. 152610000179_BAB V.pdf
Restricted to Repository staff only
Download (143kB)
7. 152610000179_DAFTAR PUSTAKA.pdf
Download (291kB) | Preview
8. 152610000179_LAMPIRAN -LAMPIRAN.pdf
Restricted to Repository staff only
Download (822kB)
Abstract
Pendidikan karakter adalah suatu proses pembelajaran yang membedakan peserta didik dan orang dewasa di dalam komunitas sekolah untuk memahami, peduli dan berbuat dengan landasan nilai-nilai etik. Pendidikan karakter bertujuan untuk meningkatkan mutu penyelenggaraan dan hasil pendidikan sekolah yang mengarah pada pencapaian pembentukan karakter dan akhlak mulia peserta didik secara utuh, terpadu, dan seimbang sesuai dengan kompetensi kelulusan.. Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan perencanaan,pelaksanaan, dan evaluasi pendidikan karakter serta faktor pendukung dan penghambat dalam pelaksanaan manajemen pendidikan karakter. Lokasi penelitian ini di Madrasah Aliyah Hasyim Asy’ari Bangsri Jepara. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif deskriptif. Pengumpulan data pada penelitian ini dengan observasi, wawancara pihak terkait, dan dokumentasi. Hasil penelitian ini yaitu 1) perencanaan pendidikan karakter di MA Hasyim Asy’ari terfokus pada pemahaman tentang akhlak serta pembiasaan – pembiasaan seperti doa, sholawat dan sholat dhuhur berjamaah. Pelaksanaan pendidikan karakter di MA Hasyim Asy’ari dilakukan melalui KBM dan pembiasaan positif serta penanaman nilai karakter oleh guru berupa motivasi. Evaluasi pendidikan karakter dilakukan dengan mengamati dan memantau perkembangan siswa oleh guru dan wali kelas atas perintah Kepala Sekolah. 2) Faktor pendukung dalam manajemen pendidikan karakter di Madrasah Aliyah Hasyim Asy’ari antara lain masih ada keberadaan Kyai atau alim ulama, lingkungan sekolah yang banyak pondok pesantren, rasa percaya diri dalam diri anak. Sedangkan Faktor penghambatnya meliputi anak memiliki karakter trauma, anak memiliki masalah yang tidak dapat dikeluarkan atau mengalami stress, kurangnya motivasi anak untuk maju, masalah keluarga dan pengaruh lingkungan.
Item Type: | Thesis (Tesis) |
---|---|
Additional Information: | Pembimbing I : Dr. Barowi,M.Ag Pembimbing II : Dr. H.Nur Khoiri,M.Ag |
Uncontrolled Keywords: | manajemen, pendidikan, karakter, madrasah |
Subjects: | 300 Ilmu Sosial > 370 Pendidikan > 370.114 Pendidikan Karakter, Pendidikan Moral |
Divisions: | Program Pascasarjana > Manajemen Pendidikan Islam |
Depositing User: | Admin Perpustakaan Unisnu |
Date Deposited: | 14 Nov 2023 06:49 |
Last Modified: | 14 Nov 2023 06:49 |
URI: | https://eprints.unisnu.ac.id/id/eprint/5596 |