Search for collections on Publications

MANAJEMEN STRATEGI DALAM MENINGKATKAN MINAT BACA SISWA – SISWI MADRASAH IBTIDAIYAH NEGERI 4 DEMAK KECAMATAN KARANGANYAR KABUPATEN DEMAK

ALI MAKSUM, 162610000345 (2018) MANAJEMEN STRATEGI DALAM MENINGKATKAN MINAT BACA SISWA – SISWI MADRASAH IBTIDAIYAH NEGERI 4 DEMAK KECAMATAN KARANGANYAR KABUPATEN DEMAK. Tesis thesis, UNISNU Jepara.

[thumbnail of 162610000345_COVER.pdf]
Preview
Text
162610000345_COVER.pdf

Download (4MB) | Preview
[thumbnail of 162610000345_BAB I.pdf] Text
162610000345_BAB I.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (253kB)
[thumbnail of 162610000345_BAB II.pdf] Text
162610000345_BAB II.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (419kB)
[thumbnail of 162610000345_BAB III.pdf] Text
162610000345_BAB III.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (266kB)
[thumbnail of 162610000345_BAB IV.pdf] Text
162610000345_BAB IV.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (260kB)
[thumbnail of 162610000345_BAB V.pdf] Text
162610000345_BAB V.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (164kB)
[thumbnail of 162610000345_DAFTAR PUSTAKA.pdf]
Preview
Text
162610000345_DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (71kB) | Preview
[thumbnail of LAMPIRAN.pdf] Text
LAMPIRAN.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (1MB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan: (1) Manajemen strategi dalam meningkatkan minat baca siswa-siswi; (2) faktor pendukung dan penghambat Manajemen strategi dalam meningkatkan minat baca siswa-siswi; (3) solusi dalam meningkatkan minat aca pada Madrasah Ibtidaiyah Negeri Kedungwaru Lor Kecamatan Karangnyar Kabupaten Demak. Penelitian ini termasuk jenis penelitian deskriptif kualitatif. Teknik pengumpulan data adalah observasi, wawancara pihak yang terkait dan dokumentasi. Teknik analisis data menggunakan langkah-langkah reduksi data, sajian data, dan penarikan kesimpulan. Hasil penelitian menunjukkan bahwa; (1) Manajemen strategi dalam meningkatkan minat baca siswa-siswi di MIN 4 Demak terdiri dari: a) Perencanaan dilakukan dengan peningkatan kinerja pustakawan, pengelolaan perpustakaan, pelayanan pengunjung perpustakaan, pengadaan buku, penyusunan lomba-lomba perpustakaan, penataan ruangan perpustakaan penataan tempat dan koleksi, b) Pelaksanaan dilakukan dengan program kerja peningkatan minat baca oleh pustakawan dan dewan guru, pembuatan program kerja mingguan, bulanan, dan tahunan, pelibatan siswa dalam mencari informasi melalui bahan bacaan, pemilihan koleksi buku atau bahan bacaan, c) Evaluasi dilakukan dengan meeting atau pertemuan kepala madrasah, segenap dewan guru serta pustakawan, d) Tindak lanjut dilakukan dengan pencarian minat bakat anak-anak di bidang menulis atau membaca di perpustakaan; (2) Faktor pendukung dalam meningkatkan minat baca siswa di MIN 6 Demak adalah peran kepala madrasah dalam program gemar membaca dan pelayanan pengunjung perpustakaan yang baik dan ramah. Faktor penghambat antara lain motivasi siswa-siswi mengunjungi perpustakaan kurang, anggaran perpustakaan sedikit, dorongan orangtua siswa kurang, kurangnya bahan koleksi bacaan perpustakaan; 3) Solusi dalam meningkatkan minat baca pada MIN 6 Demak adalah pengadaan program peningkatan minat baca yang baik serta matang dan evaluasi rutin setiap tahun, membuat pengukuran dan perbaikan sebagi usaha tindak lanjut.

Item Type: Thesis (Tesis)
Additional Information: Pembimbing I : Dr. Sa’dullah Assa,idi, M.Ag. Pembimbing II : Dr. H. Mashudi, M. Ag.
Uncontrolled Keywords: pustakawan, guru, minat, baca, siswa
Subjects: 000 Karya Umum > 020 Perpustakaan dan Ilmu Informasi > 028.9 Minat Baca
300 Ilmu Sosial > 370 Pendidikan > 371 Institusi Pendidikan > 371.3 Metode Belajar Mengajar, Media Pembelajaran
Divisions: Program Pascasarjana > Manajemen Pendidikan Islam
Depositing User: Admin Perpustakaan Unisnu
Date Deposited: 13 Nov 2023 03:15
Last Modified: 13 Nov 2023 03:15
URI: https://eprints.unisnu.ac.id/id/eprint/5595

Actions (login required)

View Item
View Item