ABDUR ROUF, 162610000341 (2018) KEPEMIMPINAN KEPALA MADRASAH DALAM MENINGKATKAN ETOS KERJA GURU PADA MTS PONDOK BESAR ROUDLOTUL MUBTADIIN BALEKAMBANG NALUMSARI JEPARA TAHUN PELAJARAN 2017/2018. Tesis thesis, UNISNU Jepara.
162610000341_COVER.pdf
Download (429kB) | Preview
162610000341_BAB I.pdf
Restricted to Repository staff only
Download (144kB)
162610000341_BAB II.pdf
Restricted to Repository staff only
Download (672kB)
162610000341_BAB III.pdf
Restricted to Repository staff only
Download (210kB)
162610000341_BAB IV.pdf
Restricted to Repository staff only
Download (352kB)
162610000341_BAB V.pdf
Restricted to Repository staff only
Download (94kB)
162610000341_DAFTAR PUSTAKA.pdf
Download (113kB) | Preview
8. LAMPIRAN.pdf
Restricted to Repository staff only
Download (487kB)
Abstract
Kepemimpinan kepala madrasah mempunyai tujuan untuk membimbing dan membina guru agar menjadi guru yang profesional dan memiliki prestasi dan kinerja dan kecakapan mengajar. Hal ini merupakan tugas kepala madrasah sebagai pemimpin untuk membantu guru dalam meningkatkan profesionalitas dan kinerja guru. Sementara masih banyak guru yang dalam melaksanakan kegiatan pembelajaran belum mempunyai etos kerja yang diharapkan.
Penelitian ini dimaksudkan bertujuan: 1) untuk mengetahui kepemimpinan kepala madrasah di MTs Pondok Besar Roudlotul Mubtadiin Balekambang, 2) untuk mengetahui etos kerja guru di MTs Pondok Besar Roudlotul Mubtadiin Balekambang, dan 3) untuk mengetahui faktor penunjang dan penghambat etos kerja guru di MTs Pondok Besar Roudlotul Mubtadiin Balekambang.
Penelitian ini adalah penelitian lapangan jenis deskripsi kualitatif yang dilaksanakan di MTs Pondok Besar Roudlotul Mubtadiin Balekambang, dengan pendekatan kualitatif. Data bersumber dari kepala madrasah, dan para guru. Metode pengumpulan data yang digunakan adalah dengan melakukan observasi, wawancara, dan dokumentasi. Instrument penelitian dengan menggunakan panduan observasi dan pedoman wawancara. Teknik pengolahan dan analisis data dilakukan dengan melalui tiga tahapan, yaitu reduksi data, penyajian data, serta penarikan kesimpulan dan verifikasi data.
Hasil penelitian menunjukkan 1) Kepemimpinan Kepala MTs Pondok Besar Roudlotul Mubtadiin Balekambang. Kepemimpinan Kepala MTs Pondok Besar Roudlotul Mubtadiin Balekambang cukup baik karena menjunjung tinggi tanggung jawab dengan penuh amanah,dan diketahui menggunakan gaya kepemimpinan transformasional dan inofatif, 2) Etos kerja guru MTs Pondok Besar Roudlotul Mubtadiin Balekambang dikategorikan baik. Karena mereka telah memperlihatkan kinerja dan berbagai macam usaha yang dilakukan demi tercapainya tujuan pembelajaran, 3) Faktor Penunjang dan Penghambat etos kerja guru MTs Pondok Besar Roudlotul Mubtadiin Balekambang. Faktor penunjang, terlihat dari kedisiplinan dalam melaksanakan tugas. Hal ini juga terkait dengan kepemimpinan kepala sekolah yang tegas dalam bertindak dan selalu memberikan keteladanan kepada para guru untuk hadir di sekolah tepat waktu. Disamping itu, kepribadian yang baik dimiliki oleh guru membuat mereka dapat menyesuaikan diri dan berinteraksi dengan rekan kerjanya, sehingga mereka dapat melaksanakan tugas dengan baik. Faktor Penghambat, terlihat masih banyak guru yang mengajar secara biasa, yakni dengan metode ceramah saja, sehingga minat siswa untuk belajar secara serius berkurang. Kendala yang dialami guru yakni kurangnya saran prasarana yang memadai untuk melaksanakan pembelajaran. Selain itu, masih kurang siap dalam pembuatan RPP dalam awal ajaran baru.
Item Type: | Thesis (Tesis) |
---|---|
Additional Information: | Pembimbing I : Dr. H. Barowi, M.Ag. Pembimbing II : Dr. H. Subaidi, M.Pd. |
Uncontrolled Keywords: | Kepemimpinan, Kepala Madrasah, Etos kerja, Guru. |
Subjects: | 300 Ilmu Sosial > 370 Pendidikan > 371 Institusi Pendidikan > 371.2 Administrasi Sekolah, Administrasi Pendidikan |
Divisions: | Program Pascasarjana > Manajemen Pendidikan Islam |
Depositing User: | Admin Perpustakaan Unisnu |
Date Deposited: | 13 Nov 2023 03:10 |
Last Modified: | 13 Nov 2023 03:10 |
URI: | https://eprints.unisnu.ac.id/id/eprint/5592 |