SHOLIKHATUN LIDIA WATI, 141130000079 (2018) ANALISA PELAYANAN BPJS KESEHATAN DALAM PERSPEKTIF SYARIAH (Studi Kasus di Klinik Hanis Jepara). Skripsi thesis, UNISNU Jepara.
141130000079_COVER.pdf
Download (1MB) | Preview
141130000079_BAB I.pdf
Restricted to Repository staff only
Download (224kB)
141130000079_BAB II.pdf
Restricted to Repository staff only
Download (338kB)
141130000079_BAB III.pdf
Restricted to Repository staff only
Download (234kB)
141130000079_BAB IV.pdf
Restricted to Repository staff only
Download (355kB)
141130000079_BAB V.pdf
Restricted to Repository staff only
Download (92kB)
141130000079_DAFTAR PUSTAKA.pdf
Download (109kB) | Preview
LAMPIRAN.pdf
Restricted to Repository staff only
Download (1MB)
Abstract
Semakin ketatnya persaingan di dunia kesehatan, dengan didukungnya program Program JKN melalui BPJS Kesehatan, Klinik Hanis Jepara harus terus meningkatkan kualitas pelayanan agar sesuai dengan harapan para pelanggan atau pasien. Pelayanan islami dengan prinsip syariah digunakan Klinik Hanis untuk melayani pasiennya, sehingga tercipta kemaslahatan bersama.
Rumusan masalah dalam penelitian ini adalah bagaimana implementasi pelayanan BPJS Kesehatan dalam pandangan syariah serta bagaimana usaha Klinik Hanis dalam meningkatkan mutu pelayanan islami untuk menciptakan kepuasan pasiennya. Adapun tujuan dari penelitian ini adalah untuk menganalisis implementasi di lapangan pelayanan BPJS Kesehatan di Klinik Hanis, sudah sesuaikah dengan prinsip syariah yang ada dan berlaku.
Metode yang penulis lakukan adalah menggunakan metode deskriptif kualitatif, menggunakan teknik pengumpulan data melalui wawancara, observasi, dan dokumentasi. Hasil peneliitian menunjukkan bahwa pelayanan BPJS di Klinik Hanis secara umum sudah menerapkan prinsip syariah dengan melakukan pelayanan kesehatan islami, dianalisa melalui 5 aspek yaitu aspek penerimaan, aspek perhatian, aspek komunikasi, aspek kerjasama, dan aspek tanggungjawab, dari kelima aspek sudah baik dan respon pasien merasa puas dengan pelayanan yang diberikan walaupun masih ada yang belum maksimal dalam hal antrian rawat jalan dan ketepatan waktu jam praktek rawat jalan dan visite dokter rawat inap.
Item Type: | Thesis (Skripsi) |
---|---|
Additional Information: | Pembimbing : H. Noor Arifin, S.E, M.Si |
Uncontrolled Keywords: | pelayanan kesehatan islami, prinsip syariah dalam pelayanan, BPJS Kesehatan, kepuasan pasien |
Subjects: | 600 Teknologi dan Ilmu-ilmu Terapan > 650 Manajemen Bisnis > 651 Kualitas Layanan |
Divisions: | Fakultas Ekonomi dan Bisnis > Ekonomi Islam |
Depositing User: | Admin Perpustakaan Unisnu |
Date Deposited: | 07 Nov 2023 01:42 |
Last Modified: | 07 Nov 2023 01:42 |
URI: | https://eprints.unisnu.ac.id/id/eprint/5563 |