NASIKHATUL MUALIFAH, 141130000057 (2018) PENGARUH PEMAHAMAN ETIKA BISNIS ISLAM DAN RELIGIUSITAS TERHADAP PERILAKU PEDAGANG (Studi Pada Pedagang di Pasar Kecamatan Mlonggo). Skripsi thesis, UNISNU Jepara.
141130000057_COVER.pdf
Download (4MB) | Preview
![[thumbnail of 141130000057_BAB I.pdf]](https://eprints.unisnu.ac.id/style/images/fileicons/text.png)
141130000057_BAB I.pdf
Restricted to Repository staff only
Download (3MB)
![[thumbnail of 141130000057_BAB II.pdf]](https://eprints.unisnu.ac.id/style/images/fileicons/text.png)
141130000057_BAB II.pdf
Restricted to Repository staff only
Download (21MB)
![[thumbnail of 141130000057_BAB III.pdf]](https://eprints.unisnu.ac.id/style/images/fileicons/text.png)
141130000057_BAB III.pdf
Restricted to Repository staff only
Download (5MB)
![[thumbnail of 141130000057_BAB IV.pdf]](https://eprints.unisnu.ac.id/style/images/fileicons/text.png)
141130000057_BAB IV.pdf
Restricted to Repository staff only
Download (9MB)
![[thumbnail of 141130000057_BAB V.pdf]](https://eprints.unisnu.ac.id/style/images/fileicons/text.png)
141130000057_BAB V.pdf
Restricted to Repository staff only
Download (750kB)
141130000057_DAFTAR PUSTAKA.pdf
Download (1MB) | Preview
![[thumbnail of LAMPIRAN.pdf]](https://eprints.unisnu.ac.id/style/images/fileicons/text.png)
LAMPIRAN.pdf
Restricted to Repository staff only
Download (16MB)
Abstract
Pedagang di Pasar Mlonggo sebagian besar menganut agama Islam. Sebagai seorang muslim, hendaknya dalam melakukan kegiatan bisnis perlu dilandasi perilaku yang baik sesuai dengan ajaran Islam. Penelitian ini bertujuan untuk menguji pengaruh variabel etika bisnis terhadap variabel perilaku pedagang, variabel religiusitas terhadap variabel perilaku pedagang, variabel etika bisnis islam dan religiusitas secara bersama-sama berpengaruh terhadap perilaku pedagang. Penelitian ini merupakan penelitian lapangan dengan pendekatan kuantitatif. Populasi dalam penelitian ini adalah pedagang pasar Mlonggo dan sampel yang diambil sebannyak 200 pedagang dengan menggunakan teknik simple random sampling. Variabel independen dalam penelitian ini etika bisnis islam (X1), religiusitas (akhlak) (X2) dan variabel dependen perilaku Pedagang (Y). Hasil dari penelitian ini dapat disimpulkan bahwa secara parsial pemahaman etika bisnis islam dan religiusitas (akhlak) berpengaruh signifikan terhadap perilaku pedagang dengan nilai t hitung variabel etika bisnis islam sebesar 6,928 dan nilai signifikansi 0,000. dan nilai t hitung vaiabel religiusitas (akhlak) sebesar 3,57 dan nilai signifikansi 0,001. Sedangkan secara simultan etika bisnis islam dan religiusitas (akhlak) berpengaruh signifikan terhadap perilaku pedagang. Hal ini dapat dilihat dari nilai F hitung sebesar 63,449 dengan signifikansi 0,000. Berdasarkan uji R² bahwa kedua variabel independen berpengaruh terhadap perilaku pedagang di pasar Mlonggo sebesar 38,6% dan sisanya sebesar 61,4% dipengarui variabel lain misalnya motivasi, pengawasan dan pelatihan
Item Type: | Thesis (Skripsi) |
---|---|
Additional Information: | Pembimbing : H. Noor Arifin, S.E., M.Si |
Uncontrolled Keywords: | Etika Bisnis Islam, Religiusitas, Perilaku Pedagang |
Subjects: | 100 Filsafat dan Psikologi > 170 Etika dan Filsafat Moral > 174.4 Etika Bisnis |
Divisions: | Fakultas Ekonomi dan Bisnis > Ekonomi Islam |
Depositing User: | Admin Perpustakaan Unisnu |
Date Deposited: | 07 Nov 2023 01:21 |
Last Modified: | 07 Nov 2023 01:21 |
URI: | https://eprints.unisnu.ac.id/id/eprint/5557 |