Search for collections on Publications

PENGARUH PEMAHAMAN ETIKA BISNIS ISLAM DAN RELIGIUSITAS TERHADAP PERILAKU PEDAGANG (Studi Pada Pedagang di Pasar Kecamatan Mlonggo)

NASIKHATUL MUALIFAH, 141130000057 (2018) PENGARUH PEMAHAMAN ETIKA BISNIS ISLAM DAN RELIGIUSITAS TERHADAP PERILAKU PEDAGANG (Studi Pada Pedagang di Pasar Kecamatan Mlonggo). Skripsi thesis, UNISNU Jepara.

[thumbnail of 141130000057_COVER.pdf]
Preview
Text
141130000057_COVER.pdf

Download (4MB) | Preview
[thumbnail of 141130000057_BAB I.pdf] Text
141130000057_BAB I.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (3MB)
[thumbnail of 141130000057_BAB II.pdf] Text
141130000057_BAB II.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (21MB)
[thumbnail of 141130000057_BAB III.pdf] Text
141130000057_BAB III.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (5MB)
[thumbnail of 141130000057_BAB IV.pdf] Text
141130000057_BAB IV.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (9MB)
[thumbnail of 141130000057_BAB V.pdf] Text
141130000057_BAB V.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (750kB)
[thumbnail of 141130000057_DAFTAR PUSTAKA.pdf]
Preview
Text
141130000057_DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (1MB) | Preview
[thumbnail of LAMPIRAN.pdf] Text
LAMPIRAN.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (16MB)

Abstract

Pedagang di Pasar Mlonggo sebagian besar menganut agama Islam. Sebagai seorang muslim, hendaknya dalam melakukan kegiatan bisnis perlu dilandasi perilaku yang baik sesuai dengan ajaran Islam. Penelitian ini bertujuan untuk menguji pengaruh variabel etika bisnis terhadap variabel perilaku pedagang, variabel religiusitas terhadap variabel perilaku pedagang, variabel etika bisnis islam dan religiusitas secara bersama-sama berpengaruh terhadap perilaku pedagang. Penelitian ini merupakan penelitian lapangan dengan pendekatan kuantitatif. Populasi dalam penelitian ini adalah pedagang pasar Mlonggo dan sampel yang diambil sebannyak 200 pedagang dengan menggunakan teknik simple random sampling. Variabel independen dalam penelitian ini etika bisnis islam (X1), religiusitas (akhlak) (X2) dan variabel dependen perilaku Pedagang (Y). Hasil dari penelitian ini dapat disimpulkan bahwa secara parsial pemahaman etika bisnis islam dan religiusitas (akhlak) berpengaruh signifikan terhadap perilaku pedagang dengan nilai t hitung variabel etika bisnis islam sebesar 6,928 dan nilai signifikansi 0,000. dan nilai t hitung vaiabel religiusitas (akhlak) sebesar 3,57 dan nilai signifikansi 0,001. Sedangkan secara simultan etika bisnis islam dan religiusitas (akhlak) berpengaruh signifikan terhadap perilaku pedagang. Hal ini dapat dilihat dari nilai F hitung sebesar 63,449 dengan signifikansi 0,000. Berdasarkan uji R² bahwa kedua variabel independen berpengaruh terhadap perilaku pedagang di pasar Mlonggo sebesar 38,6% dan sisanya sebesar 61,4% dipengarui variabel lain misalnya motivasi, pengawasan dan pelatihan

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information: Pembimbing : H. Noor Arifin, S.E., M.Si
Uncontrolled Keywords: Etika Bisnis Islam, Religiusitas, Perilaku Pedagang
Subjects: 100 Filsafat dan Psikologi > 170 Etika dan Filsafat Moral > 174.4 Etika Bisnis
Divisions: Fakultas Ekonomi dan Bisnis > Ekonomi Islam
Depositing User: Admin Perpustakaan Unisnu
Date Deposited: 07 Nov 2023 01:21
Last Modified: 07 Nov 2023 01:21
URI: https://eprints.unisnu.ac.id/id/eprint/5557

Actions (login required)

View Item
View Item