AHMAD RUBAI MULKHAQ, 161310003745 (2020) EFEKTIVITAS MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE JIGSAW TERHADAP HASIL BELAJAR PESERTA DIDIK PADA MATA PELAJARAN AQIDAH AKHLAK DI MA “MIFTAHUL HUDA” RAGUKLAMPITAN BATEALIT JEPARA TAHUN PELAJARAN 2018/2019. Skripsi thesis, UNISNU Jepara.
161310003745_COVER.pdf - Published Version
Download (2MB) | Preview
161310003745_BAB I.pdf - Published Version
Download (3MB) | Preview
161310003745_BAB II.pdf - Published Version
Download (10MB) | Preview
161310003745_BAB III.pdf - Published Version
Download (3MB) | Preview
161310003745_BAB IV.pdf - Published Version
Download (3MB) | Preview
161310003745_BAB V.pdf - Published Version
Download (574kB) | Preview
161310003745_DAFTAR PUSTAKA.pdf - Published Version
Download (990kB) | Preview
161310003745_LAMPIRAN.pdf - Published Version
Download (3MB) | Preview
Abstract
Penilitian ini bertujuan untuk menguji efektivitas pembelajaran kooperatif tipe Jigsaw terhadap hasil belajar peserta didik pada mata pelajaran Aqidah Akhlak di MA “Miftahul Huda” Raguklampitan Batealit Jepara tahun pelajaran 2018/2019.
Dalam penelitian ini ada dua variable yang akan dibahas, yaitu efektivitas model pembelajaran kooperatif tipe Jigsaw pada mata pelajaran Aqidah Akhlak sebagai variabel bebas dan hasil belajar peserta didik MA “Miftahul Huda” Raguklampitan Batealit Jepara sebagai variabel terikat.
Teknik pengumpulan data dalam penelitian ini menggunakan teknik tes. Instrument yang digunakan dalam penelitian ini berupa tes pemahaman materi aqidah ahklak dengan metode tes berupa pilihan ganda yang terdiri dari 50 soal. Penelitian tes dilakukan untuk memperoleh data tentang tingkat pemahaman siswa terhadap materi aqidah akhlak tentang Tasawuf yang dipelajari dengan menggunakan metode Jigsaw dan metode konvensional.
Data yang terkumpul dianalisis dengan menggunakan rumus SPSS. Hasil penelitian menunjukkan bahwa : (1) Hasil belajar peserta didik pada mata pelajaran Aqidah Akhlak di MA “Miftahul Huda” Raguklampitan Batealit Jepara dari kelompok eksperimen cukup baik dengan rata-rata nilai 83. (2) Terdapat pengaruh yang signifikan terhadap hasil belajar siswa secara keseluruhan didapat nilai signifikansi t 0,00 < 0,05, yang berarti bahwa Ho ditolak, sedangkan Ha diterima. Nilai rata-rata post tes kelas eksperimen yaitu 75,71 lebih tinggi dibandingkan dengan nilai rata-rata post tes kelas kontrol yaitu 67,02.
Item Type: | Thesis (Skripsi) |
---|---|
Additional Information: | Pembimbing : Drs. Maswan, M.M. |
Uncontrolled Keywords: | Efektifitas Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Jigsaw, Hasil Belajar, Aqidah Akhlak |
Subjects: | 300 Ilmu Sosial > 370 Pendidikan > 371 Institusi Pendidikan > 371.3 Metode Belajar Mengajar, Media Pembelajaran |
Divisions: | Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan > Pendidikan Agama Islam |
Depositing User: | UPT Perpustakaan UNISNU Jepara |
Date Deposited: | 22 Nov 2021 06:42 |
Last Modified: | 22 Nov 2021 06:42 |
URI: | https://eprints.unisnu.ac.id/id/eprint/555 |