Search for collections on Publications

PERANCANGAN MULTIMEDIA INTERAKTIF SEBAGAI PENGEMBANGAN MEDIA PEMBELAJARAN PADA PESERTA DIDIK KELAS II SD NEGERI 3 KALIOMBO

FERDIAN YAFI’UL LATHIF, 181270000279 (2023) PERANCANGAN MULTIMEDIA INTERAKTIF SEBAGAI PENGEMBANGAN MEDIA PEMBELAJARAN PADA PESERTA DIDIK KELAS II SD NEGERI 3 KALIOMBO. Skripsi thesis, UNISNU JEPARA.

[thumbnail of 181270000279_COVER.pdf]
Preview
Text
181270000279_COVER.pdf

Download (1MB) | Preview
[thumbnail of 181270000279_BAB 1.pdf] Text
181270000279_BAB 1.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (1MB)
[thumbnail of 181270000279_BAB 2.pdf] Text
181270000279_BAB 2.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (597kB)
[thumbnail of 181270000279_BAB 3.pdf] Text
181270000279_BAB 3.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (3MB)
[thumbnail of 181270000279_BAB 4.pdf] Text
181270000279_BAB 4.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (2MB)
[thumbnail of 181270000279_BAB 5.pdf] Text
181270000279_BAB 5.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (120kB)
[thumbnail of 181270000279_DAFTAR PUSTAKA.pdf]
Preview
Text
181270000279_DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (450kB) | Preview
[thumbnail of 181270000279_LAMPIRAN.pdf] Text
181270000279_LAMPIRAN.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (1MB)

Abstract

Belajar merupakan kewajiban bagi setiap anak yang dilakukan sejak dini, terutama dalam memahami aspek dasar seperti halnya mengenal huruf dan angka. Kedua aspek pemahaman dasar anak tersebut dapat disebut sebagai pemahaman tersehap pembelajaran literasi dan numerasi, dimana materi tersebut wajib dikuasai oleh setiap anak dalam proses pembelajarannya terutama pada jenjang sekolah dasar. Melihat dari salah satu kegiatan belajar mengajar yang dilaksanakan di SD Negeri 3 kaliombo khususnya pada peserta didik kelas II, dalam satu kelas tersebut masih terdapat anak yang masih kurang atau bahkan sulit memahami materi dasar literasi dan numerasi seperti halnya mengenal huruf atau membaca kata serta memahami operasi hitung. Terlebih lagi dengan efek pasca pandemi yang mengharuskan peserta didik melakukan pembelajaran dirumah secara online membuat peserta didik kesusahan dalam memahami materi pembelajaran. Pengembangan media pembelajaran sangat diperlukan untuk meningkatkan pemahaman, minat belajar dan juga penumbuhan semnagat belajar peserta didik melalui media bergambar (ilustrasi) yang lebih interaktif dengan memanfaatkan teknologi saat ini.
Pada perancangan tugas akhir ini analisis data dilakukan dengan menggunakan pendekatan kualitiatif dan journalist question method (5W+1H). Sedangkan pada metode perancangan menggunakan metode kotak kaca (Glass Box) yang memiliki korelasi intradisiplin ilmu. Dalam analisis karya perancangan, menulis menggunakan teori estetika dari Dr.A.A.M. Djelantik untuk mengkaji karya perancangan yang dibuat. Hasil akhir dari perancangan ini adalah sebuah media pembelajaran multimedia interaktif sebagai media utama yang dapat menyajikan sebuah visual seperti gambar, animasi, suara dan video sebagai pemanfaatan teknoligi. Selain itu media pendukung juga dibuat untuk menunjang pembelajaran, media tersebut yaitu, buku pegangan anak, pembatas buku, huruf tempel, dadu angka, papan tabel perkalian, map tugas, poster berhitung, puzzle tetris dan kotak monitoring hari. Tidak hanya itu, media penunjang dalam bentuk merchandise juga dibuat, seperti halnya gantungan kunci, mug, totebag, kaos dan plakat hias.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information: Pembimbing I : Kukuh Dwi Wijanarko, S.Sn., M.Sn. Pembimbing II : Tristan Alfian, S.Sn., M,Sn.
Uncontrolled Keywords: Multimedia interakitf, pengembangan media, pembelajaran.
Subjects: 300 Ilmu Sosial > 370 Pendidikan > 371 Institusi Pendidikan > 371.3 Metode Belajar Mengajar, Media Pembelajaran
700 Kesenian, Hiburan dan Olahraga > 740 Seni Dekorasi dan Menggambar
Divisions: Fakultas Sains dan Teknologi > Desain Komunikasi Visual
Depositing User: Admin Perpustakaan Unisnu
Date Deposited: 30 Oct 2023 02:22
Last Modified: 30 Oct 2023 02:22
URI: https://eprints.unisnu.ac.id/id/eprint/5490

Actions (login required)

View Item
View Item