ARIF RAHMAN HAKIM, 161310003594 (2023) INTERNALISASI AQIDAH AHLUSSUNNAH WAL JAMAAH MELALUI PEMBELAJARAN NADZAM AQOID SEKET DI MADRASAH SALAFIYYAH ROUDLOTUL MUBTADIIN BALEKAMBANG NALUMSARI JEPARA. Skripsi thesis, UNISNU JEPARA.
1. 161310003594 - HALAMAN SAMPUL.pdf
Download (1MB) | Preview
2. 161310003594 - BAB I.pdf
Restricted to Repository staff only
Download (458kB)
3. 161310003594 - BAB II.pdf
Restricted to Repository staff only
Download (551kB)
4. 161310003594 - BAB III.pdf
Restricted to Repository staff only
Download (925kB)
5. 161310003594 - BAB IV.pdf
Restricted to Repository staff only
Download (493kB)
6. 161310003594 - BAB V.pdf
Restricted to Repository staff only
Download (252kB)
7. 161310003594 - DAFTAR PUSTAKA.pdf
Download (231kB) | Preview
8. 161310003594 - LAMPIRAN - LAMPIRAN.pdf
Restricted to Repository staff only
Download (504kB)
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk: (1) Menganalisis internalisasi Aqidah Ahlussunnah Wal Jamaah dalam pembelajaran nadzam aqoid seket di Madrasah Salafiyyah Roudlotul Mubtadiin Balekambang Nalumsari Jepara, dan (2) Menganalisis faktor pendukung dan penghambat internalisasi Aqidah Ahlussunnah Wal Jamaah dalam pembelajaran nadzam aqoid seket di Madrasah Salafiyyah Roudlotul Mubtadiin Balekambang Nalumsari Jepara.
Penelitian ini menggunakan pendekatan kualiatif. Adapun jenis penelitian ini menggunakan penelitian lapangan (field research) yakni peneliti perlu terjun langsung ke lapangan untuk mendapatkan data-data penelitian. Peneliti dalam hal ini mengumpulkan dan memperoleh data yang bersumber dari data primer, berupa observasi dan wawancara penelitian serta data sekunder berupa riset pustaka seperti buku, dokumen, dan karya ilmiah yang relevan dengan penelitian.
Hasil penelitian menunjukkan bahwa internalisasi aqidah Ahlussunnah Wal Jamaah dalam pembelajaran nadzam aqoid seket di Madrasah Salafiyyah Roudlotul Mubtadiin Balekambang Nalumsari Jepara terdiri dari: (1) Kitab Aqidatul ‘Awwam (internalisasi keimanan kepada Allah SWT dan para Rasul-Nya). (2) Konsep moral (moral knowing) yang berkaitan dengan pentingnya aqidah atau keimanan, penekanan iman kepada Allah dan iman kepada Rasul-Nya, penekanan akal untuk mempelajari aqidah secara mendetail, membangun dan memadukan pengetahuan aqidah dengan pengetahuan umum, penekanan pelaksanaan keimanan kepada Allah dan Rasul-Nya. (3) Sikap moral (moral feeling) berkaitan dengan siswa memiliki perasaan yang kuat untuk mengontrol dirinya, pentingnya kontrol diri siswa yang diwujudkan dalam perilaku, menekankan perasaan saat mengikuti pembelajaran, menekankan perasaan mencintai pembelajaran, menekankan kontrol diri dalam perilaku sehari-hari, dan sikap rendah hati kepada guru. (4) Perilaku moral (moral actualling) berkaitan dengan pengamalan perilaku yang sesuai dengan nadzam aqoid seket, siswa memiliki motivasi belajar yang tinggi, dan pembiasaan perilaku yang baik sesuai apa yang dicontohkan oleh guru. Kemudian faktor pendukung pembelajaran nadzam aqoid seket terdiri dari guru yang mengajar, pemberian motivasi pembelajaran, kitab nurudholam, metode pembiasaan, dan metode sorogan. Kemudian untuk faktor penghambat pembelajaran nadzam aqoid seket terdiri dari kurangnya kedisiplinan siswa dan perbedaan pemahaman antar siswa.
Item Type: | Thesis (Skripsi) |
---|---|
Additional Information: | Pembimbing : Ahmad Saefudin, M.Pd.I |
Uncontrolled Keywords: | Aqidah, Ahlussunnah Wal Jamaah, dan Nadzam Aqoid Seket. |
Subjects: | 200 Agama > ISLAM > 2X6.1 Masyarakat Islam > 2X6.6 Organisasi Islam > 2X6.612 Nahdlatul Ulama 300 Ilmu Sosial > 370 Pendidikan > 371 Institusi Pendidikan > 371.3 Metode Belajar Mengajar, Media Pembelajaran |
Divisions: | Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan > Pendidikan Agama Islam |
Depositing User: | Admin Perpustakaan Unisnu |
Date Deposited: | 27 Oct 2023 04:19 |
Last Modified: | 27 Oct 2023 04:19 |
URI: | https://eprints.unisnu.ac.id/id/eprint/5476 |