Search for collections on Publications

PENGARUH POLA ASUH ORANG TUA TERHADAP PERKEMBANGAN KOGNITIF SISWA KELAS IV DI SDN 6 BULUNGAN JEPARA

ELLA DUWI PUSPITA, 171330000068 (2023) PENGARUH POLA ASUH ORANG TUA TERHADAP PERKEMBANGAN KOGNITIF SISWA KELAS IV DI SDN 6 BULUNGAN JEPARA. Skripsi thesis, UNISNU JEPARA.

[thumbnail of 171330000068_COVER.pdf]
Preview
Text
171330000068_COVER.pdf

Download (2MB) | Preview
[thumbnail of 171330000068_BAB I.pdf] Text
171330000068_BAB I.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (2MB)
[thumbnail of 171330000068_BAB II.pdf] Text
171330000068_BAB II.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (10MB)
[thumbnail of 171330000068_BAB III.pdf] Text
171330000068_BAB III.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (4MB)
[thumbnail of 171330000068_BAB IV.pdf] Text
171330000068_BAB IV.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (8MB)
[thumbnail of 171330000068_BAB V.pdf] Text
171330000068_BAB V.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (780kB)
[thumbnail of 171330000068_DAFTAR PUSTAKA.pdf]
Preview
Text
171330000068_DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (2MB) | Preview
[thumbnail of 171330000068_LAMPIRAN.pdf] Text
171330000068_LAMPIRAN.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (5MB)

Abstract

Pola asuh mempunyai kontribusi terhadap perkembangan anak. Pola asuh dibedakan menjadi 3 yaitu pola asuh demokratis, pola asuh permisif dan pola asuh otoriter. Keterlibatan orang tua dalam pendidikan anak memberikan dampak positif bagi perkembangan prestasi mereka, baik dalam prestasi akademik maupun non akademik.
Jenis penelitian ini adalah penelitian kuantitatif dengan menggunakan metode ex-post facto. Teknik pengumpulan data menggunakan observasi, wawancara dan angket. Teknik analisis data meliputi validitas, reliabilitas, uji normalitas, uji liniearitas dan hipotesis.
Hasil penelitian ini menunjukkan analisis pola asuh orang tua terhadap perkembangan kognitif anak. Pola asuh demokrasi dengan 15 responden, pola asuh otoriter 6 responden dan 4 responden dengan pola asuh permisif. Nilai prestasi tengah semester untuk hasil dari pola asuh demokratis memperoleh nilai rata-rata sebesar 80-90, pada pola asuh otoriter nilai rat-rata sebesar 71 dan pola asuh permisif memperoleh nilai sebesar 72-75. Pengaruh pola asuh orang tua berperan penting dengan presatsi belajar siswa. Uji t diperoleh 59,011 > 1,316 sehingga Ho ditolak dan Ha diterima. Sikap hangat, peduli dan menghargai yang diberikan orang tua menjadikan daya pikir, minat dan kreatifitas anak dapat berkembang dengan baik tanpa batasan ruang gerak dan tekanan.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information: Pembimbing : Syailin Nichla Choirin Attalina, M.Pd.
Uncontrolled Keywords: Pengaruh pola asuh, kesulitan belajar, perkembangan kognitif.
Subjects: 300 Ilmu Sosial > 370 Pendidikan > 372 Pendidikan Dasar (Play Group, PAUD, TK, SD)
600 Teknologi dan Ilmu-ilmu Terapan > 640 Kesejahteraan Rumah Tangga > 649.1 Mengasuh Anak
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan > Pendidikan Guru Sekolah Dasar
Depositing User: Admin Perpustakaan Unisnu
Date Deposited: 28 Jul 2023 04:18
Last Modified: 28 Jul 2023 04:18
URI: https://eprints.unisnu.ac.id/id/eprint/5465

Actions (login required)

View Item
View Item