Search for collections on Publications

EVALUASI PEMBELAJARAN DALAM AL-QUR’AN SURAH AZ-ZALZALAH AYAT 7-8 (Studi Analisis)

MUHAMMAD AL FARIZI, 161310003612 (2023) EVALUASI PEMBELAJARAN DALAM AL-QUR’AN SURAH AZ-ZALZALAH AYAT 7-8 (Studi Analisis). Skripsi thesis, UNISNU JEPARA.

[thumbnail of 1. 161310003612_COVER.pdf]
Preview
Text
1. 161310003612_COVER.pdf

Download (1MB) | Preview
[thumbnail of 2. 161310003612_BAB I.pdf] Text
2. 161310003612_BAB I.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (446kB)
[thumbnail of 3. 161310003612_BAB II.pdf] Text
3. 161310003612_BAB II.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (557kB)
[thumbnail of 4. 161310003612_BAB III.pdf] Text
4. 161310003612_BAB III.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (256kB)
[thumbnail of 5. 161310003612_BAB IV.pdf] Text
5. 161310003612_BAB IV.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (603kB)
[thumbnail of 6. 161310003612_BAB V.pdf] Text
6. 161310003612_BAB V.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (231kB)
[thumbnail of 7. 161310003612_DAFTAR PUSTAKA.pdf]
Preview
Text
7. 161310003612_DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (229kB) | Preview
[thumbnail of 8. 161310003612_LAMPIRAN-LAMPIRAN.pdf] Text
8. 161310003612_LAMPIRAN-LAMPIRAN.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (884kB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk: (1) mengetahui evaluasi pembelajaran dalam Al-Qur’an surah Az-Zalzalah ayat 7-8 dan (2) Menganalisis implementasi evaluasi pembelajaran dalam Al-Qur’an surah Az-Zalzalah ayat 7-8 di lembaga pendidikan.
Penelitian ini menggunakan pendekatan kualiatif. Adapun jenis penelitian ini menggunakan penelitian studi kepustakaan (library research) yang berfokus pada penemuan dan memanfaatkan sumber perpustakaan guna mendapatkan data dalam penelitian. Peneliti dalam hal ini mengumpulkan dan memperoleh data yang bersumber dari data primer dan data sekunder yakni diperoleh dari bahan-bahan pustaka, disesuaikan dengan jenis penelitian peneliti yakni library research seperti buku dan karya ilmiah yang relevan dengan penelitian.
Hasil penelitian menunjukkan bahwa evaluasi pembelajaran dalam Al-Qur’an surah Az-Zalzalah ayat 7-8 terdiri dari 6 prinsip evaluasi pembelajaran. Yakni prinsip evaluasi berorientasi pada tujuan terkandung dalam tafsir Al Munir, prinsip evaluasi secara menyeluruh terkandung dalam tafsir Al Mishbah, prinsip evaluasi secara objektif terkandung dalam Luba’but Tafsir Min Ibni Katsir, prinsip evaluasi berorientasi pada perbedaan terkandung dalam tafsir Jalalain, prinsip evaluasi kepraktisan terkandung dalam tafsir Fi Zhilalil-Qur’an, dan prinsip evaluasi motivasi terkandung dalam tafsir Al Wasith. Prinsip evaluasi pembelajaran berorientasi pada tujuan di lembaga pendidikan dapat ditunjukkan dengan melaksanakan evaluasi pembelajaran berorientasi pada pertumbuhan dan perkembangan siswa. Prinsip evaluasi pembelajaran secara menyeluruh di lembaga pendidikan dapat ditunjukkan dengan melaksanakan evaluasi pembelajaran saat proses pembelajaran. Prinsip evaluasi pembelajaran secara objektif di lembaga pendidikan dapat ditunjukkan dengan melaksanakan evaluasi pembelajaran dengan memberikan hasil evaluasi dengan keadaan atau mendekati yang sebenarnya. Prinsip evaluasi pembelajaran berorientasi pada perbedaan di lembaga pendidikan dapat ditunjukkan dengan melaksanakan evaluasi pembelajaran dengan mempertimbangkan berbagai perbedaan yang dimiliki siswa. Prinsip evaluasi pembelajaran kepraktisan di lembaga pendidikan dapat ditunjukkan dengan melaksanakan evaluasi pembelajaran dengan memberikan kemudahaan saat proses evaluasi. Prinsip evaluasi pembelajaran motivasi di lembaga pendidikan dapat ditunjukkan dengan melaksanakan evaluasi pembelajaran dengan harapan hasil dari evaluasi dapat mendorong siswa agar lebih meningkatkan kompetensinya.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information: Pembimbing : Hj. Ana Rahmawati, Lc., M.Hum.
Uncontrolled Keywords: Evaluasi pembelajaran, Al-Qur’an, dan surah Az-Zalzalah ayat 7-8.
Subjects: 300 Ilmu Sosial > 370 Pendidikan > 371 Institusi Pendidikan > 371.102 Evaluasi Pendidikan dan Pengajaran
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan > Pendidikan Agama Islam
Depositing User: Admin Perpustakaan Unisnu
Date Deposited: 28 Jul 2023 04:10
Last Modified: 28 Jul 2023 04:10
URI: https://eprints.unisnu.ac.id/id/eprint/5463

Actions (login required)

View Item
View Item