NURUL ANITA FIRDAUS SUSANTI, 161420000058 (2020) STRATEGI PEMASARAN PRODUK SIMPANAN QURBAN DI BMT AL-HIKMAH SEMESTA CABANG MLONGGO. Skripsi thesis, UNISNU Jepara.
161420000058_cover.pdf - Published Version
Download (3MB) | Preview
161420000058_BAB I L.pdf - Published Version
Download (7MB) | Preview
161420000058_BAB II.pdf - Published Version
Download (4MB) | Preview
161420000058_BAB III.pdf - Published Version
Download (3MB) | Preview
161420000058_BAB IV.pdf - Published Version
Download (3MB) | Preview
161420000058_BAB V.pdf - Published Version
Download (577kB) | Preview
161420000058_.DAFTAR PUSTAKA.pdf - Published Version
Download (621kB) | Preview
161420000058_.LAMPIRAN.pdf - Published Version
Download (1MB) | Preview
Abstract
Penelitian ini berawal dari produk Simpanan Qurban yang ada di BMT Al-Hikmah Semesta Cabang Mlonggo. Adanya produk Simpanan Qurban ini bertujuan untuk memudahkan masyarakat untuk melakukan ibadah qurban. Simpanan qurban yang disediakan oleh BMT Al-Hikmah Semesta Cabang Mlonggo menggunakan akad wadi’ah dan mudharabah. Namun pada kenyataannya produk simpanan qurban ini kurang diminati oleh masyarakat. Maka hal ini menarik untuk dibahas dalam judul penelitian.
Penelitian ini bertujuan Pertama, untuk mengetahui kendala yang dihadapi dalam memasarkan produk simpanan qurban di BMT Al-Hikmah Semesta Cabang Mlonggo. Kedua, untuk mengetahui bagaimana strategi yang digunakan BMT Al-Hikmah Semesta Cabang Mlonggo dalam memasarkan produk simpanan qurban. Ketiga, untuk mengetahui perkembangan anggota produk simpanan qurban dari tahun ke tahun di BMT Al-Hikmah Semesta Cabang Mlonggo. Jenis penelitian termasuk penelitian studi kasus dengan menggunakan teknik observasi, wawancara, dan dokumentasi.Sumber data dalam penelitian ini ada dua yaitu data primer dan data sekunder.
Hasil dari penelitian ini, Pertama, kendala yang dihadapi yaitu kurangnya ketertarikan masyarakat dalam menabung, kurangnya pemahaman masyarakat terhadap produk simpanan qurban, kurangnya waktu dalam promosi, dan persaingan. Kedua, strategi yang digunakan BMT Al-Hikmah Semesta Cabang Mlonggo dalam memasarkan produk simpanan qurban yaitu menggunakan strategi promosi, strategi produk, strategi harga, strategi tempat dan sumber daya manusianya. Ketiga, perkembangan anggota dari tahun ke tahun tidak stabil.
Item Type: | Thesis (Skripsi) |
---|---|
Additional Information: | Pembimbing I : Dr. Wahidullah, S.H.I., M.H. Pembimbing II : Ahmad Fauzan Mubarok, S.E., M.Sy. |
Uncontrolled Keywords: | Strategi Pemasaran, Produk Simpanan Qurban, dan BMT Al-Hikmah Semesta Cabang Mlonggo. |
Subjects: | 200 Agama > ISLAM > 2X4 Fikih (Fiqih, Fiqh), Hukum Islam > 2X4.2 Muamalat, Muamalah /Hukum Perdata Islam > 2X4.27 Bank Islam, Baitul Mal Wat Tamlil |
Divisions: | Fakultas Syariah dan Hukum > Perbankan Syariah |
Depositing User: | Admin Perpustakaan Unisnu |
Date Deposited: | 22 Nov 2021 07:01 |
Last Modified: | 22 Nov 2021 07:07 |
URI: | https://eprints.unisnu.ac.id/id/eprint/545 |