Search for collections on Publications

ANALISIS CUSTOMER RELATIONSHIP MANAGEMENT (CRM) PADA MOBIL LAYANAN UMMAT DI BMT USA JEPARA

RIZKA AULIA, 191420000329 (2023) ANALISIS CUSTOMER RELATIONSHIP MANAGEMENT (CRM) PADA MOBIL LAYANAN UMMAT DI BMT USA JEPARA. Skripsi thesis, UNISNU JEPARA.

[thumbnail of 191420000329_COVER.pdf]
Preview
Text
191420000329_COVER.pdf

Download (3MB) | Preview
[thumbnail of 191420000329_BAB I.pdf] Text
191420000329_BAB I.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (417kB)
[thumbnail of 191420000329_BAB II.pdf] Text
191420000329_BAB II.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (621kB)
[thumbnail of 191420000329_BAB III.pdf] Text
191420000329_BAB III.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (363kB)
[thumbnail of 191420000329_BAB IV.pdf] Text
191420000329_BAB IV.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (288kB)
[thumbnail of 191420000329_BAB V.pdf] Text
191420000329_BAB V.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (224kB)
[thumbnail of 191420000329_Daftar Pustaka.pdf]
Preview
Text
191420000329_Daftar Pustaka.pdf

Download (425kB) | Preview
[thumbnail of 191420000329_Lampiran.pdf] Text
191420000329_Lampiran.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (1MB)

Abstract

Penelitian ini dilatar belakangi oleh seiring dengan pesatnya persaingan di industri jasa keuangan syariah, salah satunya BMT Ummat Sejahtera Abadi (USA) Jepara. Menginjak umurnya yang ke 15 jumlah anggota BMT Ummat Sejahtera Abadi pun kian bertumbuh pesat. Dari 15.683 anggota pada tahun 2018, kini telah mencapai 18.806 anggota pada tahun 2022. Oleh karenanya, BMT Ummat Sejahtera Abadi memerlukan strategi untuk mempertahankan anggotanya.

Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui implementasi customer relationship management (CRM) yang digunakan BMT Ummat Sejahtera Abadi pada program Mobil Layanan Ummat. Jenis penelitian ini adalah kualitatif dengan menggunakan pendekatan deskriptif. Teknik pengumpulan data yang digunakan yakni observasi, wawancara, dan dokumentasi.

Hasil penelitiaan ini menyatakan bahwa, implementasi CRM pada mobil layanan ummat di BMT USA sesuai dengan 3 tahap implementasi CRM yang dikembangkan Buttle (2007), yang terdiri dari tahap CRM strategis, CRM operasional, dan CRM analitis. Selain itu, dampak yang dirasakan oleh anggota dengan penerapan CRM pada mobil layanan ummat adalah financial benefit, social benefit, structural ties, dan loyalitas.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information: Pembimbing I : Miswan Ansori, S.E., M.B.A. Pembimbing II : Ahmad Fauzan Mubarok, S.E., M.Sy.
Uncontrolled Keywords: Implementasi CRM, Dampak CRM, Program Mobil Layanan.
Subjects: 600 Teknologi dan Ilmu-ilmu Terapan > 650 Manajemen Bisnis > 651 Kualitas Layanan
Divisions: Fakultas Syariah dan Hukum > Perbankan Syariah
Depositing User: Admin Perpustakaan Unisnu
Date Deposited: 27 Jul 2023 07:01
Last Modified: 27 Jul 2023 07:01
URI: https://eprints.unisnu.ac.id/id/eprint/5447

Actions (login required)

View Item
View Item