NITA LUTFIANA, 181330000279 (2022) EFEKTIVITAS MODEL PEMBELAJARAN REALISTIC MATHEMATICS EDUCATION BERBANTUAN MEDIA REALISTIS TERHADAP PEMAHAMAN KONSEP MATERI PECAHAN SISWA KELAS III SDN 4 RAGUKLAMPITAN. Skripsi thesis, UNISNU JEPARA.
1. 181330000279_COVER.pdf
Download (1MB) | Preview
2. 181330000279_BAB I.pdf
Restricted to Repository staff only
Download (334kB)
3. 181330000279_BAB II.pdf
Restricted to Repository staff only
Download (629kB)
4. 181330000279_BAB III.pdf
Restricted to Repository staff only
Download (220kB)
5. 181330000279_BAB IV.pdf
Restricted to Repository staff only
Download (338kB)
6. 181330000279_BAB V.pdf
Restricted to Repository staff only
Download (186kB)
7. 181330000279_DAFTAR PUSTAKA.pdf
Download (94kB) | Preview
8. 181330000279_LAMPIRAN.pdf
Restricted to Repository staff only
Download (1MB)
Abstract
Penelitian ini dilatarbelakangi oleh pemahaman konsep pada pembelajaran matematika materi bangun datar kelas III SDN 4 Raguklampitan karena pemahaman konsep siswa yang masih rendah, dikarenakan pada saat proses pembelajaran guru masih menggunakan pembelajaran konvensional dan menggunakan media pembelajaran seadanya yang ada diruang kelas. Sehingga, siswa kurang begitu memahami pembelajaran dan siswa merasa jenuh dan bosan dalam mengikuti pembelajaran. Tujuan penelitian ini yaitu mengetahui seberapa besar pengaruh model pembelajaran Realistic Mathematics Education berbantuan media Realistis (buah apel) terhadap pemahaman konsep matematika materi pecahan dan perbedaan pemahaman konsep matematika sebelum dan sesudah menggunakan model pembelajaran RME berbantuan media Realistis (buah apel) pada materi pecahan siswa kelas III SDN 4 Raguklampitan tahun ajaran 2022/2023.
Penelitian ini menggunakan metode kuantitatif dengan desain penelitian Pre-Eksperimental Desain dengan tipe one Group Pretest-Posttest desaign.penelitian ini dilakukan di kelas III SDN 4 Raguklampitan dengan subjek/populasi dalam penelitian berjumlsh 32 siswa. penelitian ini dilaksanakan selama 3 kali pertemuan. Terdapat dua jenis variabel dalam penelitian ini yaitu variabel dependen dan variabel independen. Variabel dependen dalam penetian ini yaitu pemahaman konsep matematika, sedangkan variabel independen yaitu model pembelajaran RME berbantuan media Realistis (buah apel). Adapun teknik pengumpulan data menggunakan teknik tes berupa soal pilihan ganda. Instrument penelitian yang digunakan yaitu soal pretest dan posttes yang berjumlah 25 butir soal. Teknik analisis data menggunakan SPSS versi 25.
Hasil penelitian menunjukkan bahwa dari aktivitas belajar siswa pada saat pretest menunjukkan nilai rerata sebesar 58, sedangkan nilai posttest (setelah menggunakan model pembelajaran Realistic Mathematics Education berbantuan media Realistis (buah apel) hasil nilai rerata yang diperoleh siswa sebesar 77. Kenaikan atau selisih pretest dan posttest sebesar 19. Perbedaan ini diperkuat dengan uji hipotesis yaitu uji paired sample t test atau uji-t diperoleh nilai signifikan 2-tailed) sebesar 0,000 dan nilai α sebesar 0,05 yang artinya nilai signifikan < 0,05 atau 0,000 <0,05. Dengan melihat kriteria pengambilan keputusan apabila 0,000 < 0,05 atau sama artinya dengan thitung > ttabel atau 13.168 > 0,3494 maka diperoleh kesimpulan H0 ditolak dan Ha diterima. Sehingga disimpulkan bahwa terdapat perbedaan nilai pretest dan posttest sebelum dan sesudah diberikan perlakuan yaitu menggunakan model pembelajaran Realistic Mathematics Education (RME) berbantuan media Realistis (buah Apel) terhadap pemhaman konsep Matematika materi pecahan siswa kelas III SDN 4 Raguklampitan.
Item Type: | Thesis (Skripsi) |
---|---|
Additional Information: | Pembimbing : Wulan Sutriyani, M.Pd. |
Uncontrolled Keywords: | Model Pembelajaran Realistis Mathematics Education (RME), Media Realistis, Pemahaman Konsep dan Matematika. |
Subjects: | 300 Ilmu Sosial > 370 Pendidikan > 371 Institusi Pendidikan > 371.3 Metode Belajar Mengajar, Media Pembelajaran 300 Ilmu Sosial > 370 Pendidikan > 372 Pendidikan Dasar (Play Group, PAUD, TK, SD) > 372.7 Berhitung untuk Pendidikan Dasar |
Divisions: | Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan > Pendidikan Guru Sekolah Dasar |
Depositing User: | Admin Perpustakaan Unisnu |
Date Deposited: | 27 Jul 2023 04:11 |
Last Modified: | 27 Jul 2023 04:11 |
URI: | https://eprints.unisnu.ac.id/id/eprint/5437 |