Search for collections on Publications

MODEL PEMBELAJARAN BERBASIS KOMPETENSI DAN KOMPETISI DALAM MENINGKATKAN KEMAMPUAN BACA KITAB KUNING DI PP DARUL FALAH AMTSILATI

AFIF ROHMAN SYAH, 181310004105 (2023) MODEL PEMBELAJARAN BERBASIS KOMPETENSI DAN KOMPETISI DALAM MENINGKATKAN KEMAMPUAN BACA KITAB KUNING DI PP DARUL FALAH AMTSILATI. Skripsi thesis, UNISNU JEPARA.

[thumbnail of 181310004105_COVER.pdf]
Preview
Text
181310004105_COVER.pdf

Download (3MB) | Preview
[thumbnail of 181310004105_BAB I.pdf] Text
181310004105_BAB I.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (5MB)
[thumbnail of 181310004105_BAB II.pdf] Text
181310004105_BAB II.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (8MB)
[thumbnail of 181310004105_BAB III.pdf] Text
181310004105_BAB III.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (9MB)
[thumbnail of 181310004105_BAB IV.pdf] Text
181310004105_BAB IV.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (12MB)
[thumbnail of 181310004105_BAB V.pdf] Text
181310004105_BAB V.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (973kB)
[thumbnail of 181310004105_DAFTAR PUSTAKA.pdf]
Preview
Text
181310004105_DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (1MB) | Preview
[thumbnail of 181310004105_LAMPIRAN.pdf] Text
181310004105_LAMPIRAN.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (3MB)

Abstract

Peneletian ini bertujan: (1) untuk mengetahui model pembelajaran berbasis kompetensi dan kompetisi dalam meningkatkan kemampuan baca kitab kuning di PP Darul Falah Amtsilati. (2) Untuk mengetahui faktor pendukung dan penghambat model pembelajaran berbasis kompetensi dan kompetisi dalam meningkatkan kemampuan baca kitab kuning di PP Darul Falah Amtsilati.
Dalam penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dan menggunakan metode studi kasus. Sumber data di peroleh melalui wawancara, observasi dan dokumentasi. Sedangkan pengecekan keabsahan data dilakukan melalui triangulasi dan menggunakan referensi data.
Hasil penelitian menunjukkan bahwa: Pertama, model pembelajaran berbasis kompetensi dan kompetisi dalam meningkatkan kemampuan membaca kitab kuning ini lebih mengupayakan dan mengutamakan santri khususnya yang memiliki kompetensi lebih agar efektif belajarnya, dengan mendalami dan menguasai ilmu sesuai materi setiap tingkatan kelas-nya. Kedua, pelaksanaan pembelajaran berbasis kompetensi dan kompetisi tidak lepas dari metode-metode pembelajan apada umumnya pesantren. Yaitu dengan menggunakan metode sorogan, bandongan, hafalan, dan diskusi atau musyawarah untuk mengembangkan ilmunya. Ketiga, Hasil evaluasi pembelajaran berbasis kompetensi dan kompetisi dapat dilihat dari kemampuan santri ketika di lakukan test tulis, tes lisan, kemudian hasil akhir dari pembelajaran kompetensi dan kompetisi ini apabila sudah tes muaqosah (baca kitab) kemudian di wisuda. Faktor pendukung dan penghambat model pembelajaran berbasis kompetensi dan kompetisi dalam meningkatkan kemampuan baca kitab kuning di PP Darul Falah Amtsilati pertama faktor internal dari anak kedua faktor eksternal dari lingkungan sekitar.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information: Pembimbing : Dr. Fathurrohman, M.Pd.I
Uncontrolled Keywords: Model Pembelajaran kitab kuning, Kompetensi dan Kompetisi, Pondok Pesantren.
Subjects: 200 Agama > ISLAM > 2X7.1 Filsafat Islam > 2X7.3 Pendidikan Agama Islam > 2X7.341 Pondok Pesantren
300 Ilmu Sosial > 370 Pendidikan > 371 Institusi Pendidikan > 371.3 Metode Belajar Mengajar, Media Pembelajaran
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan > Pendidikan Agama Islam
Depositing User: Admin Perpustakaan Unisnu
Date Deposited: 24 Jul 2023 03:48
Last Modified: 24 Jul 2023 03:48
URI: https://eprints.unisnu.ac.id/id/eprint/5422

Actions (login required)

View Item
View Item