SHOLEH FANDI HENDRIYONO, 131270000008 (2017) PERANCANGAN MEDIA PROMOSI NEEZHA FLORIST TOKO BUNGA DAN BONEKA DI JEPARA. Skripsi thesis, UNISNU Jepara.
131270000008_COVER.pdf
Download (909kB) | Preview
131270000008_BAB I.pdf
Restricted to Repository staff only
Download (274kB)
131270000008_BAB II.pdf
Restricted to Repository staff only
Download (1MB)
131270000008_BAB III.pdf
Restricted to Repository staff only
Download (2MB)
131270000008_BAB IV.pdf
Restricted to Repository staff only
Download (1MB)
131270000008_BAB V.pdf
Restricted to Repository staff only
Download (94kB)
131270000008_DAFTAR PUSTAKA.pdf
Download (67kB) | Preview
Lampiran.pdf
Restricted to Repository staff only
Download (1MB)
Abstract
Neezha Florist merupakan toko yang bergerak dibidang floristry, yaitu istilah umum yang digunakan untuk menggambarkan perdagangan bunga yang meliputi perawatan bunga, penanganan, merangkai bunga dan pengiriman bunga. Keberadaan Neezha Florist sebagai toko bunga yang bertempat di Mambak RT 04/03, Pakis Aji, Jepara kurang terlihat oleh masyarakat Jepara, hal tersebut perlu adanya sebuah perancangan komunikasi terhadap keberadaan toko bunga dan boneka melalui strategi promosi yang efektif, efisien dan komunikatif, sebagai upaya untuk menginformasikan keberadaan Neezha Florist di Jepara. Adapun permasalahan yang dirumuskan (1) bagaimana merancang media promosi yang efektif, efisien, dan komunikatif Neezha Florist sebagai toko bunga dan boneka di Jepara, (2) bagaimana penerapan media promosi yang efektif untuk Neezha Florist sebagi toko bunga dan boneka di Jepara. Dengan adanya perancangan promosi dapat menambah pengetahuan dan menambah informasi mengenai perancangan media promosi dan mampu memberikan informasi kepada masyarakat Jepara tentang adanya Neezha Florist sebagai toko bunga dan boneka. Perancangan ini juga memiliki tujuan untuk menambah konsumen yang membeli maupun menggunakan produk dari Neezha Florist, sehingga menambah pendapatkan dan pelanggan Neezha Florist.
Perancangan media promosi menggunakan metode kotak kaca (glass box method), yaitu metode berfikir rasional secara obyektif dan sistematis menelaah sesuatu hal secara logis dan terbebas dari pikiran dan pertimbangan yang tidak rasional (irasional), dengan menggunakan analisis SWOT pada objek, untuk dijadikan sebagai landasan dalam menentukan konsep desain. Strategi perancangan menggunakan beberapa alur yang meliputi, (1) mengidentifikasi masalah dan menetapkan tujuan komunikasi, (2) menetapkan target audiens, (3) mencari keunggulan produk (USP), (4) merancang strategi kreatif, (5) merancang daya tarik pesan, (6) merancang gaya dalam mengeksekusi pesan.
Perancangan media promosi dilakukan dengan memilih media-media yang efektif, yaitu media cetak dan media sosial, karena terhitung murah dan mampu menyampaikan informasi lebih lengkap serta dapat menampilkan gambar atau ilustrasi yang menarik. Pemilihan media berupa stiker, pin dan gantungan kunci dipilih sebagai media yang diberikan secara gratis kepada konsumen sebagai bonus sekaligus proses pengingat kembali terhadap produk Neezha Florist sehingga target sasaran akan mengingat terus pesan yang disampaikan. Media yang digunakan untuk mempromosikan Neezha Florist sebagai toko bunga dan boneka di Jepara terdiri dari poster, flyer, stiker, gantungan kunci, pin, kartu nama, logo, hider media sosial, x-banner, flag chain, dan sign system.
Item Type: | Thesis (Skripsi) |
---|---|
Additional Information: | Pembimbing I : Drs. Zainul Arifin MA., M.Hum. pembimbing II : Fivin Bagus Septiya Pambudi, S.Pd., M.Pd. |
Uncontrolled Keywords: | Neezha Florist, Metode Desain, Media Promosi. |
Subjects: | 600 Teknologi dan Ilmu-ilmu Terapan > 650 Manajemen Bisnis > 659.1 Media Promosi (Iklan) 700 Kesenian, Hiburan dan Olahraga > 740 Seni Dekorasi dan Menggambar > 745 Seni Dekorasi > 745.66 Desain Logo, Lambang |
Divisions: | Fakultas Sains dan Teknologi > Desain Komunikasi Visual |
Depositing User: | Admin Perpustakaan Unisnu |
Date Deposited: | 24 Jul 2023 03:42 |
Last Modified: | 24 Jul 2023 03:42 |
URI: | https://eprints.unisnu.ac.id/id/eprint/5418 |