Search for collections on Publications

PERANCANGAN MEDIA PROMOSI KERAMIK KASTURI MAYONG MELALUI KOMUNIKASI VISUAL

ELISA SULISTIYOWATI, 131270000004 (2017) PERANCANGAN MEDIA PROMOSI KERAMIK KASTURI MAYONG MELALUI KOMUNIKASI VISUAL. Skripsi thesis, UNISNU Jepara.

[thumbnail of 131270000004_COVER.pdf]
Preview
Text
131270000004_COVER.pdf

Download (222kB) | Preview
[thumbnail of 131270000004_BAB I.pdf] Text
131270000004_BAB I.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (265kB)
[thumbnail of 131270000004_BAB II.pdf] Text
131270000004_BAB II.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (647kB)
[thumbnail of 131270000004_BAB III.pdf] Text
131270000004_BAB III.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (2MB)
[thumbnail of 131270000004_BAB IV.pdf] Text
131270000004_BAB IV.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (1MB)
[thumbnail of 131270000004_BAB V.pdf] Text
131270000004_BAB V.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (89kB)
[thumbnail of 131270000004_DAFTAR PUSTAKA.pdf]
Preview
Text
131270000004_DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (97kB) | Preview
[thumbnail of Lampiran.pdf] Text
Lampiran.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (420kB)

Abstract

Keramik merupakan salah satu kerajinan hasil budaya yang ada di Desa Mayong, Kecamatan Mayong, Kabupaten Jepara, dan masih dipertahankan hingga saat ini. Kebutuhan akan produk keramik sebenarnya sangat dinanti oleh para pecinta seni kerajinan, baik dari wilayah lokal maupun mancanegara. Kasturi sebagai tokoh perajin keramik yang ada di Desa Mayong Dukuh Bendoangen inilah yang memiliki inovatif untuk menempatkan motif ukir tersebut ke dalam kerajinan keramik sebagai visualisasi melestarikan budaya, sampai saat ini motif ukir yang terdapat di masing-masing produk salah satunya produk wuwungan menjadi ciri khas serta nilai tambah bagi pihak Kasturi. Proses pemasaran atau promosi yang telah dilakukan Keramik Kasturi sangat beragam, dari membuat akun website sampai pada menjajaki media sosial sebagai pemasarannya seperti fans page facebook dan instagram. Meski sudah memulai untuk melakukan pemasaran berbasis online, namun hal tersebut dirasa masih sangat kurang untuk mengenalkan produk kerajinan keramik pada khalayak public. Sehingga perlu dilakukan perancangan ulang untuk menyusun strategi kreatif dengan jenis Below Line Promotion diantaranya brosur, spanduk, katalog, kartu nama, x banner, web banner, papan nama, sign system, merchandise, poster, dan logo. Metode penelitian yang digunakan adalah metode pengumpulan data yang terdiri dari data primer, dan sekunder serta metode data menggunakan analaisis SWOT, sedangkan untuk media promosinya menggunakan analisis SMART. Melalui perancangan media promosi ini dapat meningkatkan target penjualan produk kerajinan keramik milik Kasturi dan dapat menarik konsumen.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information: Pembimbing I : Drs. Zainul Arifin MA., M.Hum Pembimbing II : Fivin Bagus Septiya Pambudi, S. Pd., M.Pd
Uncontrolled Keywords: Kasturi, Keramik, Mayong, Media Promosi, Desain Komunikasi Visual.
Subjects: 600 Teknologi dan Ilmu-ilmu Terapan > 650 Manajemen Bisnis > 659.1 Media Promosi (Iklan)
700 Kesenian, Hiburan dan Olahraga > 740 Seni Dekorasi dan Menggambar > 745 Seni Dekorasi > 745.61 Pembuatan Kaligrafi
Divisions: Fakultas Sains dan Teknologi > Desain Komunikasi Visual
Depositing User: Admin Perpustakaan Unisnu
Date Deposited: 24 Jul 2023 03:40
Last Modified: 24 Jul 2023 03:40
URI: https://eprints.unisnu.ac.id/id/eprint/5415

Actions (login required)

View Item
View Item