SINDI ALFIANI NOFITA, 181320000377 (2022) AN ANALYSIS ON STUDENTS’ SKILL IN WRITING BUSINESS ENGLISH CORRESPONDENCE (A Qualitative Research at Tenth Grade Students of SMK N 3 Jepara in Academic Year 2022/2023). Skripsi thesis, UNISNU JEPARA.
181320000377_COVER.pdf
Download (3MB) | Preview
![[thumbnail of 181320000377_BAB I.pdf]](https://eprints.unisnu.ac.id/style/images/fileicons/text.png)
181320000377_BAB I.pdf
Restricted to Repository staff only
Download (2MB)
![[thumbnail of 181320000377_BAB II.pdf]](https://eprints.unisnu.ac.id/style/images/fileicons/text.png)
181320000377_BAB II.pdf
Restricted to Repository staff only
Download (10MB)
![[thumbnail of 181320000377_BAB III.pdf]](https://eprints.unisnu.ac.id/style/images/fileicons/text.png)
181320000377_BAB III.pdf
Restricted to Repository staff only
Download (1MB)
![[thumbnail of 181320000377_BAB IV.pdf]](https://eprints.unisnu.ac.id/style/images/fileicons/text.png)
181320000377_BAB IV.pdf
Restricted to Repository staff only
Download (11MB)
![[thumbnail of 181320000377_BAB V.pdf]](https://eprints.unisnu.ac.id/style/images/fileicons/text.png)
181320000377_BAB V.pdf
Restricted to Repository staff only
Download (558kB)
181320000377_DAFTAR PUSTAKA.pdf
Download (2MB) | Preview
![[thumbnail of 181320000377_LAMPIRAN.pdf]](https://eprints.unisnu.ac.id/style/images/fileicons/text.png)
181320000377_LAMPIRAN.pdf
Restricted to Repository staff only
Download (5MB)
Abstract
Skripsi ini dilatarbelakangi oleh pentingnya keterampilan menulis surat bisnis bagi siswa jurusan OTKP, untuk menunjang karir di masa depan utamanya dalam mengerjakan pekerjaan kantor meliputi dokumen dan surat menyurat. Penelitian ini dilakukan guna menganalisis keterampilan menulis korespondensi bisnis bahasa Inggris siswa kelas sepuluh OTKP dari SMK N 3 Jepara. Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan keterampilan siswa dalam menulis korespondensi bahasa Inggris bisnis dan aspek paling sulit yang dibuat oleh siswa dalam menulis korespondensi bisnis berbahasa Inggris.
Peneliti menggunakan penelitian kualitatif. Peneliti juga menggunakan coding untuk menganalisis data, mengadaptasi teori Krippendorff (2013). Data dikumpulkan dari dua surat berbeda yaitu surat permintaan dan surat penjualan yang masing-masing ditulis oleh 18 siswa, total 36 siswa. Analisis data diklasifikasikan berdasarkan lima komponen penulisan berdasarkan Jacobs et al. (1981): konten, organisasi, kosa kata, tata bahasa, dan mekanika.
Temuan menunjukkan bahwa keterampilan siswa dalam menulis korespondensi bisnis bahasa Inggris berada pada tingkat yang baik hingga rata-rata. Ditemukan bahwa 33% siswa bermasalah dengan konten, 11% bermasalah dengan tata bahasa, 8% bermasalah dengan mekanika, dan 6% mendapat skor terendah dalam kosa kata dan organisasi. Jadi, aspek paling sulit yang dilakukan oleh siswa adalah pada konten dan tata bahasa. Guru harus memberi siswa lebih banyak kesempatan untuk berlatih mengembangkan ide dalam konten dan memahami tata bahasa yang benar untuk meningkatkan keterampilan mereka dalam menulis korespondensi bisnis bahasa Inggris yang baik.
Item Type: | Thesis (Skripsi) |
---|---|
Additional Information: | Pembimbing : Santi Andriyani, S.Pd.I., M.Pd. |
Uncontrolled Keywords: | Students’ Skill, Assessing Writing, Business English Correspondence. |
Subjects: | 400 Bahasa > 420 Bahasa Inggris > 421 Writing System |
Divisions: | Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan > Pendidikan Bahasa Inggris |
Depositing User: | Admin Perpustakaan Unisnu |
Date Deposited: | 20 Jul 2023 04:27 |
Last Modified: | 20 Jul 2023 04:27 |
URI: | https://eprints.unisnu.ac.id/id/eprint/5406 |