Search for collections on Publications

PENGARUH MODEL MAKE A MATCH BERBANTUAN MEDIA KANTONG DORAEMON TERHADAP HASIL BELAJAR MATERI OPERASI HITUNG BILANGAN SISWA KELAS II SDN 01 SOWAN KIDUL KEDUNG JEPARA

RISKA HIDAYATI, 181330000337 (2023) PENGARUH MODEL MAKE A MATCH BERBANTUAN MEDIA KANTONG DORAEMON TERHADAP HASIL BELAJAR MATERI OPERASI HITUNG BILANGAN SISWA KELAS II SDN 01 SOWAN KIDUL KEDUNG JEPARA. Skripsi thesis, UNISNU JEPARA.

[thumbnail of 181330000337_COVER.pdf]
Preview
Text
181330000337_COVER.pdf

Download (2MB) | Preview
[thumbnail of 181330000337_BAB I.pdf] Text
181330000337_BAB I.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (3MB)
[thumbnail of 181330000337_BAB II.pdf] Text
181330000337_BAB II.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (10MB)
[thumbnail of 181330000337_BAB III.pdf] Text
181330000337_BAB III.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (3MB)
[thumbnail of 181330000337_BAB IV.pdf] Text
181330000337_BAB IV.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (5MB)
[thumbnail of 181330000337_BAB V.pdf] Text
181330000337_BAB V.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (562kB)
[thumbnail of 181330000337_DAFTAR PUSTAKA.pdf]
Preview
Text
181330000337_DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (2MB) | Preview
[thumbnail of 181330000337_LAMPIRAN.pdf] Text
181330000337_LAMPIRAN.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (7MB)

Abstract

Rendahnya hasil belajar matematika peserta didik kelas II SDN 01 Sowan Kidul Kedung Jepara disebabkan oleh guru yang masih menerapkan model konvensional dimana pusat pembelajaran hanya berpusat pada guru dan guru tidak pernah menggunakan media pembelajaran. Hal ini dapat dilihat dari nilai ulangan matematika peserta didik kelas II dimana 16 dari 23 peserta didik memperoleh nilai dibawah KKM 65. Penelitian bertujuan untuk mengetahui pengaruh penggunaan model make a match berbantuan media kantong doraemon terhadap hasil belajar materi ooperasi hitung bilangan siswa kelas II SDN 01 Sowan Kidul Kedung Jepara. Metode penelitian yang yang digunakan adalah pra-eksperimen dengan desain penelitian one group pretest-posttest design. Prosedur pengambilan sampel menggunakan teknik sampling jenuh, karena jumlah anggota populasi kurang dari 30 orang. Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah tes. Analisis data menggunakan uji prasyarat dan uji hipotesis. Uji prasyarat terdiri dari uji normalitas, uji homogenitas, dan uji linieritas. Sedangkan uji hipotesis menggunakan uji paired sample t-test dan uji analisis regresi linier sederhana.
Hasil penelitian menunjukkan bahwa terdapat perbedan sebelum dan sesudah menerapkan model make a match berbantuan kantong doraemon. Hal ini dapat diketahui dengan adanya peningkatan nilai rata-rata pretest dan posttest diperoleh nilai rata-rata pretest sebesar 51,08 dan nilai rata-rata posttest 76,08. Hasil paired sample t-test menunjukkan nilai signifikansi sebesar 0,000< 0,05 dan nilai t hitung 13,255 > t tabel 2,074 yang berarti H_0 ditolak dan H_a diterima. Sedangkan hasil uji regresi linier sederhana diketahui taraf signifikansinya 0,000< 0,05 yang berarti data penelitian yang dilakukan signifikan dan memenuhi kriteria. Nilai R Square diperoleh sebesar 0,650 dan nilai F hitung 38,941 > F tabel 4,32 yang berarti H_0 ditolak dan H_a diterima.
Sehingga dapat disimpulkan bahwa terdapat pengaruh antara model make a match berbantuan media kantong doraemon terhadap hasil belajar materi operasi hitung bilangan siswa kelas II SDN 01 Sowan Kidul Kedung Jepara. Penelitian ini diharapkan dapat menumbuhkan semangat belajar pada peserta didik, dapat digunakan guru dalam menerapkan pembelajaran yang lebih kreatif dan inovatif, dan bagi peneliti selanjutnya dapat digunakan sebagai bahan referensi penelitian dalam pokok bahasan lain.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information: Pembimbing : Wulan Sutriyani, M.Pd.
Uncontrolled Keywords: Hasil Belajar, Make a Match, Matematika.
Subjects: 300 Ilmu Sosial > 370 Pendidikan > 371 Institusi Pendidikan > 371.3 Metode Belajar Mengajar, Media Pembelajaran
300 Ilmu Sosial > 370 Pendidikan > 372 Pendidikan Dasar (Play Group, PAUD, TK, SD) > 372.7 Berhitung untuk Pendidikan Dasar
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan > Pendidikan Guru Sekolah Dasar
Depositing User: Admin Perpustakaan Unisnu
Date Deposited: 20 Jul 2023 04:27
Last Modified: 20 Jul 2023 04:27
URI: https://eprints.unisnu.ac.id/id/eprint/5405

Actions (login required)

View Item
View Item