SEKAR AGUSTIN, 181330000212 (2023) PENGEMBANGAN MEDIA KOTAK PERKALIAN UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR MATEMATIKA PESERTA DIDIK KELAS II SDN 2 SUKOSONO KEDUNG JEPARA. Skripsi thesis, UNISNU JEPARA.
181330000212_COVER.pdf
Download (3MB) | Preview
181330000212_BAB I.pdf
Restricted to Repository staff only
Download (2MB)
181330000212_BAB II.pdf
Restricted to Repository staff only
Download (10MB)
181330000212_BAB III.pdf
Restricted to Repository staff only
Download (5MB)
181330000212_BAB IV.pdf
Restricted to Repository staff only
Download (11MB)
181330000212_BAB V.pdf
Restricted to Repository staff only
Download (699kB)
181330000212_DAFTAR PUSTAKA.pdf
Download (1MB) | Preview
181330000212_LAMPIRAN.pdf
Restricted to Repository staff only
Download (7MB)
Abstract
Penelitian ini dilatarbelakangi oleh sebanyak 63,6% siswa belum memenuhi nilai kriteria ketuntasan minimum pada materi perkalian. Salah satu faktor penyebab adalah pembelajaran masih konvensional serta kurangnya inovasi dalam penggunaan media pembelajaran yang kreatif. Sehingga diperlukan media pembelajaran yang unik, inovatif dan menarik agar mampu meningkatkan hasil belajar siswa kelas II SDN 2 Sukosono Kedung Jepara. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui kebutuhan guru dan siswa, prosedur pengembangan media, kelayakan media dan keefektifan media kotak perkalian kelas II SDN 2 Sukosono Kedung Jepara. Jenis penelitian ini adalah Research and Development (R&D) menggunakan model ADDIE yang terdiri lima tahap yaitu Analysis, Design, Development, Implementation, dan Evaluation. Metode penelitian yang digunakan adalah eksperimen One Group Pretest posttest Design.
Hasil penelitian menunjukkan bahwa pengembangan media kotak perkalian (KOPER) disetujui guru dan siswa. Hasil analisis angket kebutuhan guru diperoleh 90,09% dan angket kebutuhan siswa diperoleh persentase 80,9%. Kelayakan media kotak perkalian oleh ahli materi memperoleh persentase 77,6% dengan kriteria layak, ahli media 94,1% dengan kriteria sangat layak serta respon siswa 95,1% dengan kriteria sangat layak. Hasil belajar diketahui mengalami peningkatan, hal ini terlihat pada hasil N-gain diperoleh rata-rata 0,59 dengan kategori sedang. Media kotak perkalian dinyatakan efektif meningkatkan hasil belajar matematika siswa pada materi perkalian kelas II SDN 2 Sukosono Kedung Jepara. Keefektifan terlihat dari hasil T-test yaitu nilai sig (2-tailed) sebesar 0,000 < 0,05 dan nilai t 17,588 > 2,036, maka Ho ditolak dan Ha diterima artinya terdapat perbedaan signifikan terhadap hasil belajar matematika sebelum dan sesudah menggunakan media kotak perkalian (KOPER). Sehingga dapat disimpulkan bahwa pengembangan media kotak perkalian (KOPER) dinyatakan "Layak" digunakan dan "Efektif" meningkatkan hasil belajar matematika siswa pada materi perkalian kelas II SDN 2 Sukosono Kedung Jepara.
Item Type: | Thesis (Skripsi) |
---|---|
Additional Information: | Pembimbing : Erna Zumrotun, M.Pd. |
Uncontrolled Keywords: | Media, Kotak Perkalian, Hasil Belajar Matematika. |
Subjects: | 300 Ilmu Sosial > 370 Pendidikan > 371 Institusi Pendidikan > 371.3 Metode Belajar Mengajar, Media Pembelajaran 300 Ilmu Sosial > 370 Pendidikan > 372 Pendidikan Dasar (Play Group, PAUD, TK, SD) > 372.7 Berhitung untuk Pendidikan Dasar |
Divisions: | Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan > Pendidikan Guru Sekolah Dasar |
Depositing User: | Admin Perpustakaan Unisnu |
Date Deposited: | 20 Jul 2023 02:44 |
Last Modified: | 20 Jul 2023 02:44 |
URI: | https://eprints.unisnu.ac.id/id/eprint/5397 |