Search for collections on Publications

SUPERVISI AKADEMIK KEPALA MADRASAH DALAM MENINGKATKAN KINERJA GURU PADA MADRASAH IBTIDAIYAH DARUL HIKMAH MENGANTI KEDUNG JEPARA TAHUN PELAJARAN 2020/2021

ZAINAL ABIDIN, 182610000600 (2022) SUPERVISI AKADEMIK KEPALA MADRASAH DALAM MENINGKATKAN KINERJA GURU PADA MADRASAH IBTIDAIYAH DARUL HIKMAH MENGANTI KEDUNG JEPARA TAHUN PELAJARAN 2020/2021. Tesis thesis, UNISNU JEPARA.

[thumbnail of 1. 182610000600_COVER.pdf]
Preview
Text
1. 182610000600_COVER.pdf

Download (2MB) | Preview
[thumbnail of 2. 182610000600_BAB I.pdf] Text
2. 182610000600_BAB I.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (400kB)
[thumbnail of 3. 182610000600_BAB II.pdf] Text
3. 182610000600_BAB II.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (875kB)
[thumbnail of 4. 182610000600_BAB III.pdf] Text
4. 182610000600_BAB III.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (404kB)
[thumbnail of 5. 182610000600_BAB IV.pdf] Text
5. 182610000600_BAB IV.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (736kB)
[thumbnail of 6. 182610000600_BAB V.pdf] Text
6. 182610000600_BAB V.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (271kB)
[thumbnail of 7. 182610000600_DAFTAR PUSTAKA.pdf]
Preview
Text
7. 182610000600_DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (212kB) | Preview
[thumbnail of 8. 182610000600_LAMPIRAN-LAMPIRAN.pdf] Text
8. 182610000600_LAMPIRAN-LAMPIRAN.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (389kB)

Abstract

Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui : 1) Bagaimana perencanaan, pelaksanaan dan tindak lanjut supervisi akademik Kepala Madrasah dalam meningkatkan kinerja guru pada Madrasah Ibtidaiyah Darul Hikmah Menganti Kedung Jepara Tahun Pelajaran 2020/2021, 2) Apa faktor pendukung dan penghambat supervisi akademik Kepala Madrasah dalam meningkatkan kinerja guru pada Madrasah Ibtidaiyah Darul Hikmah Menganti Kedung Jepara Tahun Pelajaran 2020/2021, 3) Sejauhmana peningkatan kinerja guru melalui supervisi akademik Kepala Madrasah Madrasah Ibtidaiyah Darul Hikmah Menganti Kedung Jepara Tahun Pelajaran 2020/2021.
Jenis penelitian ini adalah penelitian lapangan (field research), yakni penelitian yang diadakan secara langsung dengan objek penelitian dan dilakukan suatu pengumpulan data yang berada di lapangan. Dengan penelitian kualitatif deskriptif ini, peneliti berusaha mengungkap perencanaan, pelaksanaan dan tindak lanjut serta faktor pendukung dan penghambat supervisi akademik kepala Madrasah dalam meningkatkan kinerja guru di Madrasah Ibtidaiyah Darul Hikmah Menganti pada Tahun Pelajaran 2020/2021.
Hasil penelitian ini menunjukkan : 1) Supervisi Akademik yang dilakukan Kepala Madrasah Ibtidaiyah Darul Hikmah Menganti Tahun Pelajaran 2020/2021 meliputi: (a) Perencanaan. (b) Pelaksanaan (c) Tindak lanjut. 2) Faktor pendukung dalam pelaksanaan supervisi akademik kepala madrasah yaitu, (a) pemenuhan fasilitas / media pembelajaran di kelas, sarana dan prasarana belajar. (b) adanya kelengkapan perangkat administrasi. (c) kesadaran bapak ibu guru dalam melaksanakan tugasnya, dan (d) respon baik dari bapak ibu guru terkait dengan supervisi yang dilakukan kepala madrasah. Adapun faktor penghambatnya yaitu (a) waktu yang terkadang tidak bisa tepat sesuai dengan yang telah dijadwalkan dan (b) guru yang berhalangan sehingga tidak dapat melaksanakan supervisi, 3) Kinerja guru dalam pembelajaran di Madrasah Ibtidaiyah Darul Hikmah Menganti TP. 2020/2021, setelah adanya supervisi akademik dari kepala madrasah, semakin meningkat dibuktikannya telah sesuai dengan silabus dan RPP yang sudah dibuat dan digunakan sebagai panduan dalam pembelajaran. Keberhasilan supervisi akademik kepala madrasah dalam meningkatkan kinerja guru dapat dilihat melalui hasil ketercapaian kinerja guru Madrasah Ibtidaiyah Darul Hikmah Menganti meliputi; a) Guru telah menguasai bahan, b) Guru telah mengelola bahan belajar mengajar, c) Guru telah mengelola bahan belajar mengajar, d) Guru telah menggunakan media/sumber, e) Guru telah menguasai landasan-landasan pendidikan, f) Guru telah mengelola interaksi belajar mengajar, g) Guru telah menilai prestasi siswa untuk kepentingan pengajaran, h) Guru telah mengenal fungsi dan program bimbingan dan penyuluhan di sekolah, i) Guru telah mengenal dan menyelenggarakan administrasi sekolah, j) Guru telah memahami prinsip-prinsip dan menafsirkan hasil penelitian guna keperluan pengajaran

Item Type: Thesis (Tesis)
Additional Information: Pembimbing I : Dr. H. Subaidi M.Pd Pembimbing II : Dr. Muhammad Khoiruddin, M.Pd.I
Uncontrolled Keywords: Supervisi Akademik, Kepala Madrasah, Kinerja Guru.
Subjects: 200 Agama > ISLAM > 2X7.1 Filsafat Islam > 2X7.3 Pendidikan Agama Islam
300 Ilmu Sosial > 370 Pendidikan > 371 Institusi Pendidikan > 371.2 Administrasi Sekolah, Administrasi Pendidikan
Divisions: Program Pascasarjana > Manajemen Pendidikan Islam
Depositing User: Admin Perpustakaan Unisnu
Date Deposited: 20 Jul 2023 02:11
Last Modified: 20 Jul 2023 02:11
URI: https://eprints.unisnu.ac.id/id/eprint/5386

Actions (login required)

View Item
View Item