Search for collections on Publications

MANAJEMEN PEMBELAJARAN DALAM MENINGKATKAN HASIL BELAJAR PENDIDIKAN AGAMA ISLAM KELAS X DI SMA NU AL MA’RUF KUDUS TAHUN PELAJARAN 2021/2022

YOSI SUSANTO, 202610000783 (2022) MANAJEMEN PEMBELAJARAN DALAM MENINGKATKAN HASIL BELAJAR PENDIDIKAN AGAMA ISLAM KELAS X DI SMA NU AL MA’RUF KUDUS TAHUN PELAJARAN 2021/2022. Tesis thesis, UNISNU JEPARA.

[thumbnail of 1. 202610000783_COVER.pdf]
Preview
Text
1. 202610000783_COVER.pdf

Download (1MB) | Preview
[thumbnail of 2. 202610000783_BAB I.pdf] Text
2. 202610000783_BAB I.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (466kB)
[thumbnail of 3. 202610000783_BAB II.pdf] Text
3. 202610000783_BAB II.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (756kB)
[thumbnail of 4. 202610000783_BAB III.pdf] Text
4. 202610000783_BAB III.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (459kB)
[thumbnail of 5. 202610000783_BAB IV.pdf] Text
5. 202610000783_BAB IV.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (833kB)
[thumbnail of 6. 202610000783_BAB V.pdf] Text
6. 202610000783_BAB V.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (355kB)
[thumbnail of 7. 202610000783_DAFTAR PUSTAKA.pdf]
Preview
Text
7. 202610000783_DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (304kB) | Preview
[thumbnail of 8. 202610000783_LAMPIRAN-LAMPIRAN.pdf] Text
8. 202610000783_LAMPIRAN-LAMPIRAN.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (7MB)

Abstract

Hasil belajar adalah terjadinya perubahan tingkah laku pada diri seseorang yang dapat diamati dan diukur bentuk pengetahuan, sikap dan keterampilan. Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan: 1) perencanaan, pelaksanaan, dan evaluasi pembelajaran pendidikan Agama Islam di SMA NU Al Ma’ruf Kudus Tahun Pelajaran 2021/2022, 2) peningkatan hasil belajar pembelajaran pendidikan Agama Islam di SMA NU Al Ma’ruf Kudus Tahun Pelajaran 2021/2022, dan 3) faktor-faktor yang mempengaruhi manajemen pembelajaran pendidikan Agama Islam di SMA NU Al Ma’ruf Kudus Tahun Pelajaran 2021/2022. Metode penelitian adalah penelitian deskriptif kualitatif. Teknik pengumpulan data adalah wawancara, observasi, dan dokumentasi. Teknik analisis data menggunakan analisis model Miles & Hubberman. Hasil penelitian menunjukkan bahwa manajemen pembelajaran PAI di SMA NU Al Ma’ruf Kudus Tahun Pelajaran 2021/2022 mencakup proses dari perencanaan, pengorganisasian, pelaksanaan, evaluasi, dan tindak lanjut supaya memperoleh keadaan yang obyektif: (1) Manajemen pembelajaran PAI di SMA NU Al Ma’ruf Kudus Tahun Pelajaran 2021/2022 mencakup: (a) Perencanaan pendidikan Agama Islam di SMA NU Al Ma’ruf Kudus Tahun Pelajaran 2021/2022 mengacu pada silabus pendidikan dari Permendikbud, silabus, dan RPP atau rancangan pembelajaran termasuk KD dan KI yang dijabarkan menjadi proses mengajar, penugasan, metode penyampaian materi oleh guru; (b) Dalam proses merancang RPP, guru menggunakan silabus sebagai panduannya, untuk metode dan strategi guru merancangnya sesuai materi pembelajaran serta kebutuhan siswa; (c) Pelaksanaan pembelajaran pendidikan agama Islam di SMA NU Al Ma’ruf Kudus Tahun Pelajaran 2021/2022 mengikuti prosedur pelaksanaan pembelajaran yaitu Persyaratan Pelaksanaan Pembelajaran dan Pelaksanaan Pembelajaran, (2) Evaluasi pembelajaran Pendidikan Agama Islam di SMA NU Al Ma’ruf Kudus Tahun Pelajaran 2021/2022. terdapat 3 jenis yang digunakan, yaitu evaluasi kognitif, psikomotorik dan afektif. Penilaian hasil pembelajaran juga sudah terlaksana sesuai dengan teori yang penulis gunakan, penilaian yang dilakukan sudah memenuhi indikator manajemen pembelajaran dari teori rusman maupun dari Peraturan Menteri Pendidikan dan Kebudayan Republik Indonesia Nomor 23 Tahun 2016 Tentang Standar Penilaian Pendidikan Faktor-faktor yang mempengaruhi antara lain faktor internal dan faktor eksternal. Faktor internal meliputi faktor fisiologis, yaitu kondisi jasmani dan keadaan fungsi-fungsi fisiologis. Faktor eksternal, yaitu orang tua, sekolah, dan masyarakat.

Item Type: Thesis (Tesis)
Additional Information: Pembimbing I : Dr. H. Moh Nasuka,M.Pd Pembimbing II : Dr. H. Munasir, MM
Uncontrolled Keywords: Pembelajaran, peningkatan, hasil belajar.
Subjects: 200 Agama > ISLAM > 2X7.1 Filsafat Islam > 2X7.3 Pendidikan Agama Islam
300 Ilmu Sosial > 370 Pendidikan > 371 Institusi Pendidikan > 371.3 Metode Belajar Mengajar, Media Pembelajaran
Divisions: Program Pascasarjana > Manajemen Pendidikan Islam
Depositing User: Admin Perpustakaan Unisnu
Date Deposited: 20 Jul 2023 02:08
Last Modified: 20 Jul 2023 02:08
URI: https://eprints.unisnu.ac.id/id/eprint/5385

Actions (login required)

View Item
View Item