ULIN NUHA, 182610000547 (2022) LAYANAN BIMBINGAN PESERTA DIDIK DALAM MENGEMBANGKAN BAKAT DAN MINAT DI SMA WALISONGO PECANGAAN TAHUN PELAJARAN 2021/2022. Tesis thesis, UNISNU JEPARA.
1. 182610000547_COVER.pdf
Download (1MB) | Preview
![[thumbnail of 2. 182610000547_BAB I.pdf]](https://eprints.unisnu.ac.id/style/images/fileicons/text.png)
2. 182610000547_BAB I.pdf
Restricted to Repository staff only
Download (370kB)
![[thumbnail of 3. 182610000547_BAB II.pdf]](https://eprints.unisnu.ac.id/style/images/fileicons/text.png)
3. 182610000547_BAB II.pdf
Restricted to Repository staff only
Download (739kB)
![[thumbnail of 4. 182610000547_BAB III.pdf]](https://eprints.unisnu.ac.id/style/images/fileicons/text.png)
4. 182610000547_BAB III.pdf
Restricted to Repository staff only
Download (496kB)
![[thumbnail of 5. 182610000547_BAB IV.pdf]](https://eprints.unisnu.ac.id/style/images/fileicons/text.png)
5. 182610000547_BAB IV.pdf
Restricted to Repository staff only
Download (562kB)
![[thumbnail of 6. 182610000547_BAB V.pdf]](https://eprints.unisnu.ac.id/style/images/fileicons/text.png)
6. 182610000547_BAB V.pdf
Restricted to Repository staff only
Download (355kB)
7. 182610000547_DAFTAR PUSTAKA.pdf
Download (334kB) | Preview
![[thumbnail of 8. 182610000547_LAMPIRAN-LAMPIRAN.pdf]](https://eprints.unisnu.ac.id/style/images/fileicons/text.png)
8. 182610000547_LAMPIRAN-LAMPIRAN.pdf
Restricted to Repository staff only
Download (4MB)
Abstract
Perencanaan karir yang matang menjadi modal besar untuk memperoleh kesuksesan di masa yang akan datang. Bakat dan minat peserta didik merupakan hal yang sangat penting bagi masa depan peserta didik. Kesuksesan dan keberhasilan karir peserta didik sangat dipengaruhi oleh bakat dan minat peserta didik. Tujuan dari penelitian ini ialah : 1) untuk mengetahui bakat dan minat peserta didik di SMA Walisongo Pecangaan, 2) untuk mengetahui faktor – faktor yang dapat mengembangkan bakat dan minat peserta didik di SMA Walisongo Pecangaan, 3) Untuk mengetahui strategi layanan bimbingan karir dalam mengembangkan bakat dan minat peserta didik di SMA Walisongo Pecangaan.
Penelitian ini merupakan penelitian deskriptif kualitatif dan dilaksanakan di SMA Walisongo Pecangaan. Subjek penelitian adalah Guru BK SMA Walisongo Pecangaan. Informan penelitian adalah Peserta didik SMA Walisongo Pecangaan dan guru BK SMA Walisongo Pecangaan. Data penelitian diperoleh melalui wawancara, observasi dan dokumentasi. Untuk mengecek keabsahan data menggunakan triangulasi metode dan sumber. Analisis data menggunakan teknik analisis yaitu reduksi data, penyajian data, dan verifikasi/penarikan kesimpulan.
Hasil dari penelitian ini berdasarkan dengan rumusan masalah penelitian ada tiga hal yaitu : 1) Bakat dan minat peserta didik di SMA Walisongo diidentifikasi dengan pendataan pada awal tahun pelajaran, 2)faktor yang mempengaruhi pengembangan bakat dan minat peserta didik di SMA Walisongo Pecangaan adalah Pemahaman bakat dan minat peserta didik, sarana prasarana yang memadai, serta program pengembangan bakat dan minat peserta didik, 3)Strategi bimbingan karir dalam mengembangkan bakat dan minat peserta didik di SMA Walisongo adalah dengan bimbingan karir pribadi secara bertahap dan jadwal terpadu sehingga dapat mengarahkan bakat dan minat peserta didik dalam pemilihan jurusan, pemilihan kelas pengembangan, pemilihan kegiatan ekstrakurikuler dan rencana setelah lulus melanjutkan studi ataupun bekerja sesuai bakat dan minat yang dimiliki.
Item Type: | Thesis (Tesis) |
---|---|
Additional Information: | Pembimbing I : Dr. H. Sa`dullah Assa`idi, M.Ag Pembimbing II : Dr. H. Moh Nasuka, M.Pd |
Uncontrolled Keywords: | Bakat, Minat, Bimbingan, Peserta Didik. |
Subjects: | 200 Agama > ISLAM > 2X7.1 Filsafat Islam > 2X7.3 Pendidikan Agama Islam 300 Ilmu Sosial > 370 Pendidikan > 371 Institusi Pendidikan > 371.4 Konseling Sekolah |
Divisions: | Program Pascasarjana > Manajemen Pendidikan Islam |
Depositing User: | Admin Perpustakaan Unisnu |
Date Deposited: | 20 Jul 2023 02:04 |
Last Modified: | 20 Jul 2023 02:04 |
URI: | https://eprints.unisnu.ac.id/id/eprint/5381 |