SYAIFUDDIN NAJIB, 202610000787 (2022) IMPLEMENTASI PENGEMBANGAN KURIKULUM DALAM PEMBENTUKAN KARAKTER PESERTA DIDIK DI SMP (IT) ISLAM TAKHASSUS QOLSABA (Qolbun Salim Al Bark) BERBASIS TAHFIDZ DAN SALAFIYAH KUDUS TAHUN PELAJARAN 2021/2022. Tesis thesis, UNISNU JEPARA.
1. 202610000787_COVER.pdf
Download (1MB) | Preview
![[thumbnail of 2. 202610000787_BAB I.pdf]](https://eprints.unisnu.ac.id/style/images/fileicons/text.png)
2. 202610000787_BAB I.pdf
Restricted to Repository staff only
Download (437kB)
![[thumbnail of 3. 202610000787_BAB II.pdf]](https://eprints.unisnu.ac.id/style/images/fileicons/text.png)
3. 202610000787_BAB II.pdf
Restricted to Repository staff only
Download (628kB)
![[thumbnail of 4. 202610000787_BAB III.pdf]](https://eprints.unisnu.ac.id/style/images/fileicons/text.png)
4. 202610000787_BAB III.pdf
Restricted to Repository staff only
Download (461kB)
![[thumbnail of 5. 202610000787_BAB IV.pdf]](https://eprints.unisnu.ac.id/style/images/fileicons/text.png)
5. 202610000787_BAB IV.pdf
Restricted to Repository staff only
Download (1MB)
![[thumbnail of 6. 202610000787_BAB V.pdf]](https://eprints.unisnu.ac.id/style/images/fileicons/text.png)
6. 202610000787_BAB V.pdf
Restricted to Repository staff only
Download (348kB)
7. 202610000787_DAFTAR PUSTAKA.pdf
Download (289kB) | Preview
![[thumbnail of 8. 202610000787_LAMPIRAN-LAMPIRAN.pdf]](https://eprints.unisnu.ac.id/style/images/fileicons/text.png)
8. 202610000787_LAMPIRAN-LAMPIRAN.pdf
Restricted to Repository staff only
Download (4MB)
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan: (1) strategi pengembangan kurikulum di SMP (IT) Islam Takhassus Qolsaba (Qolbun Salim Al Bark) berbasis Tahfidz dan Salafiyah Kudus Tahun Pelajaran 2021/2022, 2) faktor pendukung dan penghambat pengembangan kurikulum, dan (3) hasil penguatan pendidikan karakter (PPK) di SMP (IT) Islam Takhassus Qolsaba (Qolbun Salim Al Bark) Kudus.
Penelitian ini menggunakan metode kualitatif dengan pendekatan deskriptif. Dalam pengumpulan data penelitian digunakann metode wawancara, observasi dan dokumentasi. Teknik analisis data menggunakan analisis data kualitatif. Penelitian ini diharapkan dapat memberi manfaat dalam mengembangkan pengetahuan dalam pengembangan kurikulum terhadap pembentukan karakter siswa-siswi Sekolah-sekolah Menengah Pertama berbasis Tahfidz dan Salafiyah di Kudus dan memberi umpan balik penerapan kurikulum dalam pembentukan karakter terhadap mutu pendidikan siswa Sekolah-sekolah Menengah Pertama berbasisi Tahfidz dan Salafiyah di Kudus. Hasil penelitian menunjukkan: (1) Strategi pengembangan kurikulum di SMP (IT) Islam Takhassus Qolsaba (Qolbun Salim Al Bark) berbasis Tahfidz dan Salafiyah Kudus Tahun Pelajaran 2021/2022 dilakukan dengan sikap keteladanan, penanaman kedisiplinan, pembiasaan, dan menciptakan suasana yang kondusif. Terdapat program khusus yaitu kegiatan keagamaan seperti kegiatan apel dan tahlil bersama. Nilai nilai yang dijadikan pijakan dalam pengembangan kurikulum haruslah bersumber dari nilai agama, pancasila, budaya, dan tujuan pendidikan nasional. (2) Faktor pendukung pengembangan karakter adalah pendidik yang professional zaman, karakter peserta didik, dan lingkungan sekolah. Alumni pondok pesantren. Faktor penghambat berupa lingkungan sekolah, tingkah laku orangtua, dan teman dekat siswa; (3) Hasil penguatan pendidikan karakter di SMP (IT) Islam Takhassus Qolsaba (Qolbun Salim Al Bark)Kudus menghasilkan siswa yang memiliki nilai karakter religius, jujur, disiplin, gemar membaca, toleransi, peduli lingkungan, peduli sosial, tanggungjawab, mandiri, menghargai prestasi, dan rasa cinta tanah air.
Item Type: | Thesis (Tesis) |
---|---|
Additional Information: | Pembimbing I : Dr. H. Moh Nasuka, M.Pd Pembimbing II : Dr. H. Subaidi M.Pd |
Uncontrolled Keywords: | Pembentukan karakter, pengembangan, kurikulum, tahfiz salafiyah. |
Subjects: | 200 Agama > ISLAM > 2X7.1 Filsafat Islam > 2X7.3 Pendidikan Agama Islam 300 Ilmu Sosial > 370 Pendidikan > 370.114 Pendidikan Karakter, Pendidikan Moral |
Divisions: | Program Pascasarjana > Manajemen Pendidikan Islam |
Depositing User: | Admin Perpustakaan Unisnu |
Date Deposited: | 20 Jul 2023 02:02 |
Last Modified: | 20 Jul 2023 02:02 |
URI: | https://eprints.unisnu.ac.id/id/eprint/5380 |