WIANAH, 181330000311 (2022) PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN GIVING QUESTION AND GETTING ANSWER (GQGA) TERHADAP KEAKTIFAN BERTANYA SISWA MATERI BANGUN RUANG PADA KELAS V SDN 1 KUANYAR. Skripsi thesis, UNISNU Jepara.
181330000311_COVER.pdf
Restricted to Repository staff only
Download (3MB)
181330000311_BAB I.pdf
Restricted to Repository staff only
Download (2MB)
181330000311_BAB II.pdf
Restricted to Repository staff only
Download (8MB)
181330000311_BAB III.pdf
Restricted to Repository staff only
Download (3MB)
181330000311_BAB IV.pdf
Restricted to Repository staff only
Download (5MB)
181330000311_BAB V.pdf
Restricted to Repository staff only
Download (754kB)
181330000311_DAFTAR PUSTAKA.pdf
Download (2MB) | Preview
181330000311_LAMPIRAN.pdf
Restricted to Repository staff only
Download (5MB)
Abstract
Penelitian ini dilatar belakangi oleh permasalahan yang peneliti temukan saat observasi lapangan, yaitu mengenai rendahnya keaktifan bertanya siswa saat proses pembelajaran berlangsung. Keaktifan bertanya siswa saat pembelajaran berlangsung sangat dibutuhkan karena keaktifan bertanya siswa dapat mempengaruhi hasil belajar siswa. Oleh sebab itu peneliti tertarik melakukan penelitian lebih lanjut dengan menggunakan metode ilmiah dan kajian relevan. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui seberapa besar pengaruh model pembelajaran giving question and getting answer terhadap keaktifan bertanya siswa kelas V SDN 1 Kuanyar. Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif desain penelitian yang digunakan yaitu Pre-Eksperimental One-Shot Case Study. dengan teknik analisis regresi linier sederhana dari pengumpulan data berupa angket/ kuesioner yang telah diuji validitas serta reabilitasnya.
Hasil dari penelitian ini menunjukan bahwa terdapat pengaruh yang signifikan antara model pembelajaran giving question and getting answer terhadap keaktifan bertanya siswa. hal ini ditunjukan dari hasil perhitungan dari uji hipotesis menunjukan nilai signifikansi 0,039 < 0,05 dengan artian bahwa H0 ditolak dan Ha diterima. Sedangkan output hasil R Square adalah 0,166 dengan artian bahwa pengaruh variabel X terhadap variabel Y sebesar 16,6% . sedangkan nilai thitung > t tabel ( 2, 185 > 2, 064.) sehingga dapat disimpulkan bahwa terdapat pengaruh signifikan antara model pembelajaran giving question and getting answer terhadap keaktifan bertanya siswa. Adapun respon siswa terhadap model pembelajaran giving question and getting answer adalah sebesar 70,1% < 85%, sehingga dapat disimpulkan bahwa respon siswa terhadap model pembelajaran giving question and getting answer adalah positif.
Item Type: | Thesis (Skripsi) |
---|---|
Additional Information: | Pembimbing : Wulan Sutriyani, M. Pd. |
Uncontrolled Keywords: | model pembelajaran GQGA, keaktifan bertanya. |
Subjects: | 300 Ilmu Sosial > 370 Pendidikan > 371 Institusi Pendidikan > 371.3 Metode Belajar Mengajar, Media Pembelajaran |
Divisions: | Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan > Pendidikan Guru Sekolah Dasar |
Depositing User: | Admin Perpustakaan Unisnu |
Date Deposited: | 18 Jul 2023 06:20 |
Last Modified: | 18 Jul 2023 06:20 |
URI: | https://eprints.unisnu.ac.id/id/eprint/5379 |