SUYITNO, 202610000777 (2022) PERAN KEPALA SEKOLAH DALAM MENGEMBANGKAN KINERJA GURU DI SMA NU AL MA’RUF KUDUS TAHUN PELAJARAN 2021/2022. Tesis thesis, UNISNU JEPARA.
1. 202610000777_COVER.pdf
Download (2MB) | Preview
2. 202610000777_BAB I.pdf
Restricted to Repository staff only
Download (562kB)
3. 202610000777_BAB II.pdf
Restricted to Repository staff only
Download (804kB)
4. 202610000777_BAB III.pdf
Restricted to Repository staff only
Download (485kB)
5. 202610000777_BAB IV.pdf
Restricted to Repository staff only
Download (637kB)
6. 202610000777_BAB V.pdf
Restricted to Repository staff only
Download (410kB)
7. 202610000777_DAFTAR PUSTAKA.pdf
Download (302kB) | Preview
8. 202610000777_LAMPIRAN-LAMPIRAN.pdf
Restricted to Repository staff only
Download (5MB)
Abstract
Kinerja guru penting untuk diperhatikan dan dievaluasi sehingga sifat profesionalitas guru akan tampak sesuai kiprahnya untuk mengembangkan profesinya. Kepala sekolah sangat berperan dalam mengembangkan kinerja guru. Penelitian ini bertujuan mendeskripsikan: (1) peran kepala sekolah dalam mengembangakan kinerja guru di SMA NU Al Ma’ruf Kudus Tahun Pelajaran 2021/2022, dan (2) faktor-faktor yang mendukung dan menghambat pengembangan kinerja guru di SMA NU Al Ma’ruf Kudus Tahun Pelajaran 2021/2022. Jenis penelitian yang digunakan adalah penelitian kualitatif dengan pendekatan deskriptif dengan memaparkan data deskriptif berupa kata-kata atau lisan dari orang-orang perilaku yang dapat diamati. Penelitian ini akan dilaksanakan di SMA NU Al Ma’ruf Kudus. Data dibagi dua yaitu data primer data yang bersumber dari informan secara langsung berkenaan dengan masalah yang diteliti dan data sekunder dari dokumen-dokumen berupa profil sekolah, catatan-catatan, arsip dan informasi. Subyek penelitiannya antara lain kepala sekolah. Informan penelitian adalah kepala sekolah, waka kurikulum, dan guru-guru.Teknik pengumpulan data menggunakan teknik wawancara, observasi, dokumentasi, dan observasi. Teknik keabsahan data adalah trianggulasi data dan triangulasi teori. Teknik analisis dataadalah diskriptif-eksploratif analisis model Miles dan Huberman, yaitu reduksi data, sajian data, dan penarikan kesimpulan. Hasil penelitian menunjukkan bahwa: (1) Peran yang dilakukan kepala sekolah SMA NU Al-Ma’aruf Kudus dalam rangka untuk menunjang teori yaitu: EMASLIM (Educator, Manager, Administrator, Supervisor, Leader, Inovator, dan Motivator) dan membekali peserta didik dengan ilmu pengetahuan life skill dan soft skill dengan ajaran Islam Ahlussunnah wal Jama’ah An-Nahdliyah, (2) Faktor-faktor pendukung adalah: (a) dukungan eksternal dari Djarum Foundation, (b) hibah sarana prasarana dari para pendahulu sebagai penunjang kegiatan belajar mengajar. Faktor penghambat adalah: (a) perawatan sarana prasarana, (b) jam tayang atau jam mengajar guru yang padat, (c) Beban jam pelajaran siswa yang sangat banyak, (c) keterbatasan lokasi.
Item Type: | Thesis (Tesis) |
---|---|
Additional Information: | Pembimbing I : Dr. H. Sa`dullah Assa`idi, M.Ag Pembimbing II : Dr. H. Moh Nasuka, M.Pd |
Uncontrolled Keywords: | Peran, kepala sekolah, kinerja mengajar, guru. |
Subjects: | 300 Ilmu Sosial > 370 Pendidikan > 371 Institusi Pendidikan > 371.1 Guru, Tenaga Pendidik, Tenaga Pengajar 300 Ilmu Sosial > 370 Pendidikan > 371 Institusi Pendidikan > 371.2 Administrasi Sekolah, Administrasi Pendidikan |
Divisions: | Program Pascasarjana > Manajemen Pendidikan Islam |
Depositing User: | Admin Perpustakaan Unisnu |
Date Deposited: | 18 Jul 2023 06:17 |
Last Modified: | 18 Jul 2023 06:17 |
URI: | https://eprints.unisnu.ac.id/id/eprint/5378 |