Search for collections on Publications

MANAJEMEN KURIKULUM DALAM MENINGKATKAN HASIL BELAJAR BAHASA JAWA DI MTS NU IBTIDAUL FALAH SAMIREJO DAWE KUDUS TAHUN PELAJARAN 2021 – 2022

SUYANTO, 182610000624 (2022) MANAJEMEN KURIKULUM DALAM MENINGKATKAN HASIL BELAJAR BAHASA JAWA DI MTS NU IBTIDAUL FALAH SAMIREJO DAWE KUDUS TAHUN PELAJARAN 2021 – 2022. Tesis thesis, UNISNU JEPARA.

[thumbnail of 01. 182610000624 - COVER.pdf]
Preview
Text
01. 182610000624 - COVER.pdf

Download (2MB) | Preview
[thumbnail of 02. 182610000624_BAB I.pdf] Text
02. 182610000624_BAB I.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (312kB)
[thumbnail of 03. 182610000624_BAB II.pdf] Text
03. 182610000624_BAB II.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (432kB)
[thumbnail of 04. 182610000624_BAB III.pdf] Text
04. 182610000624_BAB III.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (328kB)
[thumbnail of 05. 182610000624_BAB IV.pdf] Text
05. 182610000624_BAB IV.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (450kB)
[thumbnail of 06. 182610000624_BAB V.pdf] Text
06. 182610000624_BAB V.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (234kB)
[thumbnail of 07. DAFTAR PUSTAKA.pdf]
Preview
Text
07. DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (95kB) | Preview

Abstract

Kurikulum muatan lokal bahasa Jawa di sekolah oleh kalangan guru selama ini dirasa kurang mendapatkan perhatian. Mapel bahasa Jawa kurang dihargai atau bahkan disepelekan karena hanya sebagai mapel muatan lokal (mulok) dalam kurikulum MTs dan SLTP. Bahasa Jawa pun akhirnya hanya menjadi mata pelajaran komplementer, sekadar ada. Lemahnya perhatian, penghargaan dan kebanggaan para peserta didik bahkan guru terhadap mata pelajaran muatan lokal bahasa Jawa dibutuhkan penanganan yang serius.
Permasalahannya bagaimana perencanaan, pelaksanaan, dan evaluasi kurikulum dalam meningkatkan hasil belajar Bahasa jawa di MTs NU Ibtidaul Falah Samirejo Dawe Kudus Tahun Pelajaran 2021 – 2022.
Jenis Penelitian ini adalah kualitatif lapangan, menggunakan metode observasi, wawancara, dan dokumentasi. Dalam keabsahan data menggunakan triangulasi. Teknis analisis data dilakukan melalui reduksi data, penyajian data, dan verifikasi. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa (1) Perencanaan dilakukan dalam rencana silabus dan RPP sesuai kondisi masyarakat. (2) Menyelenggarakan kegiatan nguri-nguri bahasa jawa setiap hari Kamis, memberikan materi ajar bahasa jawa sesuai dengan RPP. (3) Evaluasi dilakukan pengamatan perilaku komunikasi peserta didik selama berada di lingkungan sekolah. Kepala sekolah dan waka kurikulum mengadakan pengawasan terhadap pelaksanaan guru dalam membuat silabus dan RPP.
Hasil penelitian ini adalah pada tahap perencanaan guru harus matang dalam menyusun RPP, kemudian pelaksanaannya harus menekankan pada praktek dari pada teori. Evaluasinya menekankan pada aspek perilaku komunikasi peserta didik dilingkungan sekolah, karena pembelajaran Bahasa Jawa tidak hanya teori akan tetapi pembiasaan-pembiasaan yang menghasilkan perubahan peserta didik berbudaya jawa.

Item Type: Thesis (Tesis)
Additional Information: Pembimbing I : Dr. H. Subaidi, M.Pd. Pembimbing II : Dr. H. Moh Nasuka, M.Pd
Uncontrolled Keywords: Manajemen Kurikulum, Hasil Belajar, Bahasa Jawa.
Subjects: 300 Ilmu Sosial > 370 Pendidikan > 375 Kurikulum
Divisions: Program Pascasarjana > Manajemen Pendidikan Islam
Depositing User: Admin Perpustakaan Unisnu
Date Deposited: 18 Jul 2023 06:13
Last Modified: 18 Jul 2023 06:13
URI: https://eprints.unisnu.ac.id/id/eprint/5377

Actions (login required)

View Item
View Item