SUPRIYADI, 202610000790 (2022) MANAJEMEN PEMBELAJARAN DALAM MENINGKATKAN HASIL BELAJAR BAHASA ARAB PADA MADRASAH ALIYAH SILAHUL ULUM PATI TAHUN PELAJARAN 2021/ 2022. Tesis thesis, UNISNU JEPARA.
1. 202610000790 - COVER.pdf
Download (1MB) | Preview
2. 202610000790 - BAB I.pdf
Restricted to Repository staff only
Download (629kB)
3. 202610000790 - BAB II.pdf
Restricted to Repository staff only
Download (712kB)
4. 202610000790 - BAB III.pdf
Restricted to Repository staff only
Download (430kB)
5. 202610000790 - BAB IV.pdf
Restricted to Repository staff only
Download (620kB)
6. 202610000790 - BAB V.pdf
Restricted to Repository staff only
Download (397kB)
7. 202610000790 - DAFTAR PUSTAKA.pdf
Download (290kB) | Preview
8. 202610000790 - LAMPIRAN - LAMPIRAN.pdf
Restricted to Repository staff only
Download (1MB)
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk; 1) Mendeskripsikan perencanaan, pelaksanaan, serta pengawasan dan evaluasi kegiatan pembelajaran bahasa arab di MA Silahul Ulum Pati. 2) Mendeskripsikan faktor pendukung dan penghambat manajemen pembelajaran bahasa arab di MA Silahul Ulum Pati. 3) Menjelaskan sejauh mana peningkatan hasil belajar melalui manajemen pembelajaran bahasa arab di Madrasah Aliyah Silahul Ulum Pati. Jenis penelitian ini adalah penelitian deskriptif. Penelitian ini dilaksanakan di Madrasah Aliyah Silahul Ulum Pati. Teknik pengumpulan data yang digunakan dalam penelitian ini adalah observasi, wawancara dan dokumentasi. Kemudian data yang telah dikumpulkan dianalisis melalui 3 tahap, yaitu reduksi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan atau verifikasi. Hasil dari penelitian ini menunjukkan bahwa; 1) Manajemen pembelajaran bahasa arab di Madrasah Aliyah Silahul Ulum Pati dimulai dari perencanaan, pelaksanaan, dan evaluasi. Dalam perencanaan pembelajaran guru menyusun silabus dan RPP, selain itu guru juga menyiapkan materi dalam bentuk power point, serta alat dan media dalam menunjang pembelajaran. Pelaksanaaan pembelajaran dimulai dari pendahuluan, penyajian materi, dan penutup. Evaluasi pembelajaran dilaksanakan dalam 2 bidang yaitu pengetahuan dan keterampilan. Evaluasi pengetahuan dilaksanakan melalui tes lisan, tes tertulis, maupun penugasan, sedangkan evaluasi keterampilan dilaksanakan melalui penilaian produk dan praktik. 2) Peningkatan prestasi belajar peserta didik dapat dilihat dari nilai siswa yang diatas KKM dan peningkatan keberanian siswa dalam mengikuti kegiatan berbahasa arab. 3) Faktor pendukung manajemen pembelajaran dalam meningkatkan hasil belajar peserta didik adalah kesehatan, cacat tubuh, intelegensi (kecakapan), perhatian, minat, bakat motif, kesiapan, serta kelelahan. Sedangkan faktor eksternalnya meliputi; ; a) Memiliki guru mapel Bahasa Arab yang profesional, b) ≥ 90 % jumlah siswa MA Silahul Ulum berlatar belakang pendidikan madrasah, c) ≥ 40 % jumlah siswa MA Silahul Ulum mukim di Pesantren yang berada di desa sekitar MA Silahul Ulum, d) Ratio buku Bahasa Arab pegangan siswa 1:1, e) Ratio Lembar Kerja Siswa (LKS) Bahasa Arab 1:1, f)Banyak mata pelajaran pendukung dalam penguasaan mata pelajaran Bahasa Arab meliputi; pelajaran Alfiyah Ibn Malik, dan lainnya. Sedangkan faktor penghambatnya adalah a) Masih rendahnya minat baca dan tulis siswa, b)Belum tersedianya kamus lengkap dengan jangkauan lebih mudah, c) Google translate menjadi pilihan sebagian siswa dengan tidak memperhatikan struktur dan unsur kebahasaannya, d) Masih terdapat beberapa siswa yang belum dapat membaca dan menulis arab secara terampil, e) Belum bisa membangun budaya belajar di luar madrasah.
Item Type: | Thesis (Tesis) |
---|---|
Additional Information: | Pembimbing I : Dr. H. Barowi, M.Ag. Pembimbing II : Dr. H. Moh. Nasuka, M.Pd. |
Uncontrolled Keywords: | Pembelajaran Bahasa Arab, Manajemen Pembelajaran, Hasil Belajar. |
Subjects: | 200 Agama > ISLAM > 2X7.1 Filsafat Islam > 2X7.3 Pendidikan Agama Islam 300 Ilmu Sosial > 370 Pendidikan > 371 Institusi Pendidikan > 371.3 Metode Belajar Mengajar, Media Pembelajaran |
Divisions: | Program Pascasarjana > Manajemen Pendidikan Islam |
Depositing User: | Admin Perpustakaan Unisnu |
Date Deposited: | 18 Jul 2023 06:08 |
Last Modified: | 18 Jul 2023 06:08 |
URI: | https://eprints.unisnu.ac.id/id/eprint/5373 |