Search for collections on Publications

MANAJEMEN KESISWAAN DALAM PEMBENTUKAN KEDISPLINAN PESERTA DIDIK DI MA MUHAMMADIYAH KUDUS TAHUN PELAJARAN 2021/2022

SUHARTONO, 202610000785 (2022) MANAJEMEN KESISWAAN DALAM PEMBENTUKAN KEDISPLINAN PESERTA DIDIK DI MA MUHAMMADIYAH KUDUS TAHUN PELAJARAN 2021/2022. Tesis thesis, UNISNU JEPARA.

[thumbnail of 1. 202610000755_COVER.pdf]
Preview
Text
1. 202610000755_COVER.pdf

Download (1MB) | Preview
[thumbnail of 2. 202610000777_BAB I.pdf] Text
2. 202610000777_BAB I.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (562kB)
[thumbnail of 3. 202610000777_BAB II.pdf] Text
3. 202610000777_BAB II.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (804kB)
[thumbnail of 4. 202610000777_BAB III.pdf] Text
4. 202610000777_BAB III.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (463kB)
[thumbnail of 5. 202610000777_BAB IV.pdf] Text
5. 202610000777_BAB IV.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (637kB)
[thumbnail of 6. 202610000777_BAB V.pdf] Text
6. 202610000777_BAB V.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (410kB)
[thumbnail of 7. 202610000777_DAFTAR PUSTAKA.pdf]
Preview
Text
7. 202610000777_DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (302kB) | Preview
[thumbnail of 8. 202610000777_LAMPIRAN-LAMPIRAN.pdf] Text
8. 202610000777_LAMPIRAN-LAMPIRAN.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (5MB)

Abstract

Kedisiplinan siswa di sekolah merupakan suatu cerminan langsung dari kepatuhan siswa dalam melakukan peraturan yang ada di sekolah. Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan: (1) perencanaan, pelaksanaan, dan evaluasi kesiswaan, (2) faktor-faktor yang mendukung dan menghambat manajemen kesiswaan dalam pembentukan kedisiplinan pesertad didik, (3) hasil peningkatan kedisiplinan peserta didik melalui kesiswaan di MA Muhammadiyah Kudus Tahun Pelajaran 2021/2022.
Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dengan subjek penelitian guru, kepala sekolah, dan siswa. Dalam mengumpulkan data, peneliti menggunakan metode observasi, wawancara dan dokumentasi. Teknik analisis data yang digunakan adalah reduksi data, display data dan penarikan kesimpulan. Untuk menguji keabsahan data digunakan uji kredibilitas dengan triangulasi teknik dan sumber. Hasil penelitian menunjukkan bahwa: (1) Manajemen Kesiswaan di MA Muhammadiyah Kudus mencakup: (a) perencanaan dengan target capaian untuk meningkatkan kedisiplinan kesiswaan dan (b) penyelenggaraan kegiatan dan aktivitas siswa perlu diselenggarakan dengan pengelolaan yang lebih baik; (b) Pengorganisasian kesiswaan mencakup staffing dengan jenis-jenis organisasi kesiswaan: Ikatan Pelajar Muhammadiyah (IPM) laki-laki (SAMLAWI) dan IPM perempuan (Khumairoh). casing-masing organisasi mengisi personal-personal melalui musyawarah ranting dalam rangka pengkaderan; (b) Pelaksanaan Kesiswaan disesuaikan dengan dengan program kesiswaan harian, mingguan, bulanan, semesteran, atau yang tahunan. Kegiatan ketertiban dan kedisiplinan sudah berjalan melalui pengawasan sejak awal masuk sekolah di pintu gerbang; (c) Pengawasan dan evaluasi kesiswaan berada langsung pembinaan dan penasehat kepala madrasah, dan dilakukan di setiap forum musyawarah koordinasi. MA Muhammadiyah Kudus; (2) Faktor pendukung terdiri dari: siswa sendiri. wali kelas dan lingkungan madrasah. Faktor penghambat antara lain latar belakang siswa, faktor keluarga atau orang tua yang kurang disiplin, dan lingkungan madrasah yang berada di tengah-tengah perkampungan; (3) Hasil peningkatan kedisiplinan peserta didik yaitu siswa bersikap disiplin belajar, disiplin beribadah, dan disiplin dalam menghargai waktu, mengucapkan salam ketika bertemu ustadz, ustadzah, dan teman, mengikuti upacara bendera rutin setiap hari senin, dan memakai seragam lengkap beserta atributnya.

Item Type: Thesis (Tesis)
Additional Information: Pembimbing I : Dr. H. Barowi, M.Ag.Dr. H. Subaidi M.Pd Pembimbing II : Dr. H. Moh Nasuka, M.Pd
Uncontrolled Keywords: Kesiswaan, pembentukan, kedisipilnan, madrassah.
Subjects: 200 Agama > ISLAM > 2X7.1 Filsafat Islam > 2X7.3 Pendidikan Agama Islam
300 Ilmu Sosial > 370 Pendidikan > 371 Institusi Pendidikan > 371.5 Disiplin Sekolah
Divisions: Program Pascasarjana > Manajemen Pendidikan Islam
Depositing User: Admin Perpustakaan Unisnu
Date Deposited: 18 Jul 2023 06:05
Last Modified: 18 Jul 2023 06:05
URI: https://eprints.unisnu.ac.id/id/eprint/5371

Actions (login required)

View Item
View Item