SLAMET, 202610000755 (2022) PELAKSANAAN SUPERVISI KLINIS KEPALA MADRASAH DALAM PENINGKATAN MUTU PEMBELAJARAN TAHUN PELAJARAN 2021/2022. Tesis thesis, UNISNU JEPARA.
1. 202610000755_COVER.pdf
Download (1MB) | Preview
2. 202610000777_BAB I.pdf
Restricted to Repository staff only
Download (562kB)
3. 202610000777_BAB II.pdf
Restricted to Repository staff only
Download (804kB)
4. 202610000777_BAB III.pdf
Restricted to Repository staff only
Download (463kB)
5. 202610000777_BAB IV.pdf
Restricted to Repository staff only
Download (637kB)
6. 202610000777_BAB V.pdf
Restricted to Repository staff only
Download (410kB)
7. 202610000777_DAFTAR PUSTAKA.pdf
Download (302kB) | Preview
8. 202610000777_LAMPIRAN-LAMPIRAN.pdf
Restricted to Repository staff only
Download (5MB)
Abstract
Supervisi klinis bertujuan menyediakan balikan bagi guru secara objektif, mendiagnosis, membantu memecahkan masalah mengajar, dan membantu guru mengembangkan keterampilan mengajar. Rumusan masalah dalam penelitian ini adalah: (1) Bagaimana perencanaan, pelaksanaan, evaluasi dan tindak lanjut supervisi klinis dalam peningkatan mutu pembelajaran, (2) Apa faktor yang mempengaruhi terhadap supervisi klinis dalam peningkatan mutu pembelajaran, dan (3) Bagaimana hasil mutu pembelajaran melalui supervisi klinis kepala madrasah di MTs Tamrinut Thullab Undaan Kudus Tahun Pelajaran 2021/2022? Jenis penelitian adalah deskriptif kualitatif. Metode pengumpulan data adalah observasi, wawancara pihak terkait dan dokumentasi.
Kesimpulan dari hasil penelitian adalah: (1) manajemen supervisi klinis kepala MTs Tamrinut Thullab Undaan Kudus Tahun Pelajaran 2021/2022 mencakup perencanaan, pelaksanaan, evaluasi dan tindak lanjut supervisi klinis, yaitu: (a) perencanaan supervisi klinis lebih ditekankan kepada mencari cara memperbaiki kelemahan atau kekurangan pembelajaran guru secara obyektif, bertanggung jawab, berkelanjutan, berdasarkan SNP sesuai kebutuhan madrasah, (b) pelaksanaan supervisi klinis dilakukan secara sistematis dan objektif dengan mengamati dan mencatat atau merekam secara objektif tingkah laku guru dalam mengajar berdasarkan instrumen yang telah dibuat dan disepakati dengan guru, (c) evaluasi supervisi klinis mengikuti standar komponen kurikulum 2013; (2) Faktor yang mempengaruhi supervisi klinis antara lain: (a) lingkungan masyarakat sekitar madrasah, (b) tingkatan dan jenis madrasah, (c) keadaan guru-guru dan pegawai yang tersedia, (d) kecakapan dan keahlian kepala madrasah; (3) Hasil peningkatan mutu pembelajaran adalah: (a) kemampuan guru dalam menyusun RPP mengalami peningkatan karena guru-guru sudah memahami cara merumuskan tujuan pembelajaran, indikator pada silabus, dan kriteria penulisan tujuan pembelajaran, (b) pemanfaatan media pembelajaran lebih efektif dan efisien karena melibatkan peserta didik dalam penggunaan media, menumbuhkan antusiasme dan partisipasi aktif peserta didik dalam belajar, (d) munculnya sikap terbuka dari guru untuk merespon dan melayani peserta didik, (e) penggunaan bahasa lisan dan tulisan oleh guru lebih baik dan benar dalam pelaksanaan pembelajaran, (f) gaya penyampaian materi dalam proses pembelajaran serta proses peniliaian guru mengalami kemajuan, (g) pelaksanaan pembelajaran lebih efektif dan berkualitas karena hasil supervisi didiskusikan dengan guru, kepala sckolah dan pcngawas.
Item Type: | Thesis (Tesis) |
---|---|
Additional Information: | Pembimbing I : Dr. H. Sa`dullah Assa`idi, M.Ag. Pembimbing II : Dr. H. Moh Nasuka, M.Pd |
Uncontrolled Keywords: | Supervisi klinis, kepala madrasah, mutu, pembelajaran. |
Subjects: | 200 Agama > ISLAM > 2X7.1 Filsafat Islam > 2X7.3 Pendidikan Agama Islam 300 Ilmu Sosial > 370 Pendidikan > 371 Institusi Pendidikan > 371.2 Administrasi Sekolah, Administrasi Pendidikan |
Divisions: | Program Pascasarjana > Manajemen Pendidikan Islam |
Depositing User: | Admin Perpustakaan Unisnu |
Date Deposited: | 18 Jul 2023 04:36 |
Last Modified: | 18 Jul 2023 04:36 |
URI: | https://eprints.unisnu.ac.id/id/eprint/5370 |