Search for collections on Publications

MANAJEMEN PEMBELAJARAN DALAM MENINGKATKAN PRESTASI BELAJAR PENDIDIKAN AGAMA ISLAM DI SMP NEGERI 5 PATI TAHUN PELAJARAN 2021/2022

SAROSO, 202610000772 (2022) MANAJEMEN PEMBELAJARAN DALAM MENINGKATKAN PRESTASI BELAJAR PENDIDIKAN AGAMA ISLAM DI SMP NEGERI 5 PATI TAHUN PELAJARAN 2021/2022. Tesis thesis, UNISNU JEPARA.

[thumbnail of 1. 202610000772_COVER.pdf]
Preview
Text
1. 202610000772_COVER.pdf

Download (1MB) | Preview
[thumbnail of 2. 202610000772_BAB I.pdf] Text
2. 202610000772_BAB I.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (525kB)
[thumbnail of 3. 202610000772_BAB II.pdf] Text
3. 202610000772_BAB II.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (895kB)
[thumbnail of 4. 202610000772_BAB III.pdf] Text
4. 202610000772_BAB III.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (619kB)
[thumbnail of 5. 202610000772_BAB IV.pdf] Text
5. 202610000772_BAB IV.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (583kB)
[thumbnail of 6. 202610000772_BAB V.pdf] Text
6. 202610000772_BAB V.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (392kB)
[thumbnail of 7. 202610000772_DAFTAR PUSTAKA.pdf]
Preview
Text
7. 202610000772_DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (288kB) | Preview
[thumbnail of 8. 202610000772_LAMPIRAN-LAMPIRAN.pdf] Text
8. 202610000772_LAMPIRAN-LAMPIRAN.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (2MB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan perencanaan, pelaksanaan, dan pengawasan evaluasi pembelajaran sejauh mana peningkatan hasil prestasi PAI peserta didik SMP Negeri 5 Pati dan faktor pendukung dan penghambat manajemen pembelajaran. Penelitian ini merupakan penelitian deskriptif kualitatif yang dilaksanakan di SMP Negeri 5 Pati. Pengumpulan data dalam penelitian ini dilaksanakan melalui observasi, wawancara, dan dokumentasi. Data yang telah terkumpul kemudian dianalisis menggunakan teknik analisis data kualitatif dari yang terdiri dari reduksi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan dan verifikasi. Sedangkan, metode analisis datanya adalah deskriptif kualitatif. Hasil dari penelitian ini menunjukkan bahwa; 1) Manajemen pembelajaran dimulai dari perencanaan, pelaksanaan, dan evaluasi. Perencanaan pembelajaran dilaksanakan dengan guru menyusun silabus RPP, program tahunan, dan program semester serta menyiapkan materi, alat, dan media pembelajaran. Pelaksanaan pembelajaran terdiri dari kegiatan pendahuluan, kegiatan inti (penyampaian materi), dan kegiatan penutup. Pelaksanaaan pembelajaran dimulai dari pendahuluan, penyajian materi, dan penutup. Evaluasi pembelajaran dilaksanakan dengan membuat responden terhadap siswa tentang pembelajaran yang telah dilaksanakan. Melakukan remidial bagi siswa yang tidak tuntas dan melaksanakan pengayaan terhadap siswa yang sudah tuntas dalam pembelajaran. 2) Peningkatan terhadap prestasi belajar mata pelajaran Pendidikan Agama Islam SMP Negeri 5 Pati adalah rata-rata nilai akademik 83,04 melampaui KKM. 3) Faktor pendukung internal dari siswa meliputi bakat dan minat siswa itu sendiri, motivasi belajar, dan tingkat intelegensi siswa. Sedangkan faktor eksternal meliputi kurikulum sekolah, metode pembelajaran, fasilitas dan sarana belajar, serta pengelompokan teman dalam kelas. Yang menjadi penghambat internal dalam pembelajaran mata pelajaran Pendidikan Agama Islam di SMP Negeri 5 Pati adalah minat belajar siswa yang rendah untuk belajar. Sedangkan penghambat eksternalnya adalah lingkungan sekitar siswa yang kurang mendukung dan teman dalam bersosial yang salah.

Item Type: Thesis (Tesis)
Additional Information: Pembimbing I : Dr. H. Moh Nasuka, M.Pd. Pembimbing II : Dr. H. Subaidi, M.Pd.
Uncontrolled Keywords: Prestasi Belajar, Pendidikan Agama Islam, Manajemen Pembelajaran.
Subjects: 200 Agama > ISLAM > 2X7.1 Filsafat Islam > 2X7.3 Pendidikan Agama Islam
300 Ilmu Sosial > 370 Pendidikan > 371 Institusi Pendidikan > 371.3 Metode Belajar Mengajar, Media Pembelajaran
Divisions: Program Pascasarjana > Manajemen Pendidikan Islam
Depositing User: Admin Perpustakaan Unisnu
Date Deposited: 18 Jul 2023 04:22
Last Modified: 18 Jul 2023 04:22
URI: https://eprints.unisnu.ac.id/id/eprint/5369

Actions (login required)

View Item
View Item