Search for collections on Publications

STRATEGI MANAJEMEN PEMASARAN PENDIDIKAN BERBASIS ISLAMIC MARKETING MIX DALAM MENINGKATKAN PENERIMAAN PESERTA DIDIK BARU (PPDB) DI MA NU NURUL ULUM JEKULO KUDUS TAHUN PELAJARAN 2021/2022

SALFIYANA ULFA FIRDAUS, 202610000763 (2022) STRATEGI MANAJEMEN PEMASARAN PENDIDIKAN BERBASIS ISLAMIC MARKETING MIX DALAM MENINGKATKAN PENERIMAAN PESERTA DIDIK BARU (PPDB) DI MA NU NURUL ULUM JEKULO KUDUS TAHUN PELAJARAN 2021/2022. Tesis thesis, UNISNU JEPARA.

[thumbnail of 1. 202610000763_Cover.pdf]
Preview
Text
1. 202610000763_Cover.pdf

Download (1MB) | Preview
[thumbnail of 2. 202610000763_BAB I.pdf] Text
2. 202610000763_BAB I.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (355kB)
[thumbnail of 3. 202610000763_BAB II.pdf] Text
3. 202610000763_BAB II.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (611kB)
[thumbnail of 4. 202610000763_BAB III.pdf] Text
4. 202610000763_BAB III.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (290kB)
[thumbnail of 5. 202610000763_BAB IV.pdf] Text
5. 202610000763_BAB IV.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (717kB)
[thumbnail of 6. 202610000763_BAB V.pdf] Text
6. 202610000763_BAB V.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (200kB)
[thumbnail of 7. 202610000763_Daftar Pustaka.pdf]
Preview
Text
7. 202610000763_Daftar Pustaka.pdf

Download (390kB) | Preview
[thumbnail of 8. 202610000763_Lampiran-Lampiran.pdf] Text
8. 202610000763_Lampiran-Lampiran.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (4MB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan penerapan Strategi Manajemen Pemasaran Pendidikan Berbasis Islamic Marketing Mix dalam Meningkatkan Penerimaan Peserta Didik Baru (PPDB) di MA NU Nurul Ulum Jekulo Kudus Tahun Pelajaran 2021/2022. Rumusan masalah dalam penelitian ini terdiri dari: (1) Bagaimana Penerapan Strategi Manajemen Pemasaran Pendidikan Berbasis Islamic Marketing Mix dalam Meningkatkan Penerimaan Peserta Didik Baru (PPDB) di MA NU Nurul Ulum Jekulo Kudus Tahun Pelajaran 2021/2022?, (2) Apakah Faktor Pendukung dan Faktor Penghambat Penerapan Strategi Manajemen Pemasaran Pendidikan Berbasis Islamic Marketing Mix dalam Meningkatkan Penerimaan Peserta Didik Baru (PPDB) di MA NU Nurul Ulum Jekulo Kudus Tahun Pelajaran 2021/2022?, (3) Bagaimana hasil peningkatan penerimaan peserta didik baru (PPDB) berbasis Islamic Marketing Mix di MA NU Nurul Ulum Jekulo Kudus Tahun Pelajaran 2021/2022?
Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif, sedangkan jenis penilitian adalah penelitian deskriptif. Lokasi penelitian berada di MA NU Nurul Ulum Jekulo Kudus. Pengumpulan data menggunakan teknik wawancara, observasi, dan dokumentasi. Selanjutnya data yang terkumpul akan dianalisis dengan teknik reduksi data, penyajian data, dan terakhir penarikan kesimpulan.
Hasil penelitian ini yaitu Pertama, strategi manajemen pemasaran pendidikan berbasis Islamic Marketing Mix dalam penerimaan peserta didik baru (PPDB) tahun pelajaran 2021/2022 di MA NU Nurul Ulum dilakukan melalui optimalisasi tujuh unsur pemasaran pendidikan diantaranya lokasi yang strategis, program pendidikan umum, agama serta keterampilan, biaya pendidikan yang terjangkau, tenaga pendidik dan tenaga kependidikan yang profesional, promosi yang natural tanpa adanya unsur penipuan dan paksaan, fasilitas dan sarana prasarana yang memadai, dan proses pembelajaran yang menyenangkan berbasis SMART (Sholih, Mandiri, Cerdas dan Terampil). Kedua, Faktor pendukung diantaranya adalah akreditasi madrasah, guru yang profesional, siswa yang berkualitas, serta humas yang baik. Sedangkan faktor penghambatnya diantaranya adalah kejenuhan siswa dan pandemi Covid-19. Ketiga, Hasil peningkatan peserta didik baru dengan strategi manajemen pemasaran pendidikan berbasis Islamic Marketing Mix penerimaan peserta didik baru (PPDB) di MA NU Nurul Ulum tahun pelajaran 2021/2022 adalah sebanyak 13 peserta didik menjadi 270 peserta didik baru.

Item Type: Thesis (Tesis)
Additional Information: Pembimbing I : Dr. H. Moh. Nasuka, M.Pd. Pembimbing II : Dr. Muhammad Khoiruddin, M.Pd.I.
Uncontrolled Keywords: Islamic Marketing Mix, Pemasaran Pendidikan, Penerimaan Peserta Didik Baru.
Subjects: 200 Agama > ISLAM > 2X7.1 Filsafat Islam > 2X7.3 Pendidikan Agama Islam
300 Ilmu Sosial > 370 Pendidikan > 371 Institusi Pendidikan > 371.2 Administrasi Sekolah, Administrasi Pendidikan
Divisions: Program Pascasarjana > Manajemen Pendidikan Islam
Depositing User: Admin Perpustakaan Unisnu
Date Deposited: 18 Jul 2023 04:21
Last Modified: 18 Jul 2023 04:21
URI: https://eprints.unisnu.ac.id/id/eprint/5368

Actions (login required)

View Item
View Item