NOOR IKHWAN, 202610000754 (2022) MANAJEMEN HUMAS DALAM MENINGKATKAN PENERIMAAN PESERTA DIDIK BARU DI MA DARUL HIKAM KALIREJO UNDAAN KUDUS TAHUN PELAJARAN 2021 /2022. Tesis thesis, UNISNU JEPARA.
1. 202610000754_COVER.pdf
Download (2MB) | Preview
2. 202610000754_BAB I.pdf
Restricted to Repository staff only
Download (431kB)
3. 202610000754_BAB II.pdf
Restricted to Repository staff only
Download (825kB)
4. 202610000754_BAB III.pdf
Restricted to Repository staff only
Download (456kB)
5. 202610000754_BAB IV.pdf
Restricted to Repository staff only
Download (740kB)
6. 202610000754_BAB V.pdf
Restricted to Repository staff only
Download (394kB)
7. 202610000754_DAFTAR PUSTAKA.pdf
Download (283kB) | Preview
8. 202610000754_LAMPIRAN-LAMPIRAN.pdf
Restricted to Repository staff only
Download (2MB)
Abstract
Manajemen Humas merupakan bagian penting dalam suatu organisasi. Humas berurusan dari keseluruhan komposisi yang ada. Banyak orang tidak menyadari hal tersebut, sehingga memposisikan Humas sebagai bagian organisasi yang berdiri sendiri, hidup sendiri, dan tidak diberi akses untuk berhubungan dengan bagian yang lain. Penelitian ini bertujuan untuk: 1) mendeskripsikan perencanaan, pelaksanaan, evaluasi, dan tindak lanjut manajemen Humas dalam meningkatkan penerimaan peserta didik baru di MA Darul Hikam Kalirejo Undaan Kudus, 2) mendeskripsikan faktor pendukung dan penghambat dalam manajemen Humas di MA Darul Hikam Kalirejo Undaan Kudus, dan 3) mendeskripsikan hasil peningkatan pertisipasi masyarakat melalui manajemen Humas di MA Darul Hikam Kalirejo Undaan Kudus. Penelitian ini adalah penelitian deskriptif. Pengumpulan data menggunakan metode wawancara, observasi dan dokumentasi. Analisis data dilakukan dengan menggunakan teknik deskriptif kualitatif. Hasil penelitian menunjukkan: 1) Manajemen Humas dalam meningkatkan peran serta orang tua guna meningkatkan penerimaan peserta didik baru: a) Perencanaan Humas mencakup program khusus dalam peningkatan penerimaan peserta didik baru, mengatur dan menyelenggarakan hubungan baik dengan banyak pihak, menampung saran- saran dan pendapat masyarakat, menyelenggarakan peringatan PHBI/PHBN, menyelenggarakan kegiatan ziarah dan rekreasi kelas XII, menyelenggarakan kegiatan/pelatihan keagamaan (Islam), b) Pelaksanaan Humas berkoordinasi dengan guru dan melakukan musyawarah dan diskusi, menjalankan program yang telah direncanakan sesuai dengan rancangan, c) Evaluasi Humas dilakukan setelah proses masa penerimaan siswa baru selesai dan membandingkan dengan kegiatan tahun sebelumnya; 2) Faktor pendukung peningkatan penerimaan peserta didik baru media elektronik dan teknologi dan kegiatan PPDB sepenuhnya didukung oleh jajaran kepala madrasah segenap dewan guru dan tenaga kependidikan; 3) Hasil peningkatan partisipasi masyarakat melalui manajemen Humas dapat dilihat dari feedback dari program kegiatan Humas, hasil pemilihan kegiatan Humas pada tahun ajaran sebelumnya yang didasarkan pada aspek kelayakan. Hambatan-hambatan Humas berupa internal meliputi: waktu, keuangan, jaringan atau website, letak madrasah, dan guru. Sedangkan hambatan secara eksternal meliputi: peran serta orangtua dan lingkungan.
Item Type: | Thesis (Tesis) |
---|---|
Additional Information: | Pembimbing I : Dr. H. Barowi, M.Ag Pembimbing II : Dr. H. Subaidi, M.Pd Moh Nasuka,M.Pd |
Uncontrolled Keywords: | Humas, peranserta, orangtua, PPDB, madrasah. |
Subjects: | 200 Agama > ISLAM > 2X7.1 Filsafat Islam > 2X7.3 Pendidikan Agama Islam 300 Ilmu Sosial > 370 Pendidikan > 371 Institusi Pendidikan > 371.2 Administrasi Sekolah, Administrasi Pendidikan |
Divisions: | Program Pascasarjana > Manajemen Pendidikan Islam |
Depositing User: | Admin Perpustakaan Unisnu |
Date Deposited: | 18 Jul 2023 02:18 |
Last Modified: | 18 Jul 2023 02:18 |
URI: | https://eprints.unisnu.ac.id/id/eprint/5363 |