NOOR DIANA, 202610000801 (2022) KARAKTER PESERTA DIDIK DI MA NU TAMRINUT THULLAB UNDAAN KUDUS TAHUN PELAJARAN 2021/2022. Tesis thesis, UNISNU JEPARA.
1. 202610000801_COVER.pdf
Download (1MB) | Preview
2. 202610000801_BAB I.pdf
Restricted to Repository staff only
Download (428kB)
3. 202610000801_BAB II.pdf
Restricted to Repository staff only
Download (581kB)
4. 202610000801_BAB III.pdf
Restricted to Repository staff only
Download (449kB)
5. 202610000801_BAB IV.pdf
Restricted to Repository staff only
Download (714kB)
6. 202610000801_BAB V.pdf
Restricted to Repository staff only
Download (403kB)
7. 202610000801_DAFTAR PUSTAKA.pdf
Download (280kB) | Preview
8. 202610000801_LAMPIRAN-LAMPIRAN.pdf
Restricted to Repository staff only
Download (4MB)
Abstract
Manajemen kesiswaan adalah penataan dan pengaturan terhadap kegiatan-kegiatan yang berkaitan dengan peserta didik, mulai masuk sampai dengan keluarnya peserta didik dari suatu sekolah. Penelitan ini bertujuan untuk mengetahui: (1) perencanaan, pelaksanaan, evaluasi dan tindak lanjut kesiswaan dalam menguatkan karakter peserta didik (2) faktor-faktor yang mendukung dan menghambat manajemen kesiswaan dalam menguatkan karakter peserta didik; 3) hasil penguatan karakter peserta didik di MA NU Tamrinut Thullab Undaan Kudus Tahun Pelajaran 2021/2022. Metode penelitian menggunakan desain deskriptif dengan pendekatan kualitatif. Subyek penelitian adalah kepala madrasah, wakil kepala madrasah bidang kesiswaan, guru, dan siswa. Teknik pengumpulan data menggunakan wawancara, observasi, dan dokumentasi. Teknik analisis data menggunakan analisis data kualitatif. Hasil penelitian bahwa: (1) manajemen kesiswaan di MA NU Tamrinut Thullab mencakup: (a) Perencanaan kesiswaan dilakukan dengan analisis kebutuhan peserta didik, rekrutmen peserta didik, seleksi peserta didik, orientasi peserta didik sesuai kondisi lembaga dengan mengacu apa, siapa, bagaimana, kapan, (b) Pelaksanaan kesiswaan dilakukan dengan mengacu pada peraturan yang berlaku, sesuai bagian dari managemen Sekolah, misi pendidikan, mempersatukan peserta didik, mendorong dan mengacu kemandirian peserta didik, (c) Evaluasi kesiswaan dilakukan dengan evaluasi kontek, evaluasi proses, evaluasi hasil. Tindak lanjut kesiswaan dilakukan dengan mencatat semua evaluasi hasil prestasi, laporan tentang pembinaan siswa, pengembangan, dan peningkatkan pelayanan kepada siswa dan masyarakat; (2) Faktor pendukung manajemen kesiswaan berupa pelaksanaan BK dalam menyalurkan bakat dan solusi masalah siswa, kegiatan ekstrakulikuler, lokasi strategis, kerjasama dan dukungan ortu, kesiapan guru, dan sarana prasarana. Faktor penghambat berupa kurangnya guru IT, buku pandua ekstrakulikuler, kompetensi guru ekstra-kulikuler, alokasi waktu kurang, dan keterbatasan dana; (3) hasil penguatan karakter peserta didik melalui manajemen kesiswaan berupa peningkatan karakter religius, Jujur, akhlakul karimah, disiplin, tanggung jawab, moderat, peduli lingkungan, peduli sosial, dan karakter unggul.
Item Type: | Thesis (Tesis) |
---|---|
Additional Information: | Pembimbing I : Dr. H. Sa`dullah Assa`idi, M.Ag. Pembimbing II : Dr. H. Moh Nasuka, M.Pd |
Uncontrolled Keywords: | Kesiswaan, peningkatan, karakter, peserta didik. |
Subjects: | 200 Agama > ISLAM > 2X7.1 Filsafat Islam > 2X7.3 Pendidikan Agama Islam 300 Ilmu Sosial > 370 Pendidikan > 370.114 Pendidikan Karakter, Pendidikan Moral |
Divisions: | Program Pascasarjana > Manajemen Pendidikan Islam |
Depositing User: | Admin Perpustakaan Unisnu |
Date Deposited: | 17 Jul 2023 07:35 |
Last Modified: | 17 Jul 2023 07:35 |
URI: | https://eprints.unisnu.ac.id/id/eprint/5362 |