Search for collections on Publications

PENGARUH KEGIATAN LITERASI TERHADAP MINAT BACA DAN KEMAMPUAN MEMBACA PEMAHAMAN SISWA KELAS IV SDN 1 MINDAHAN

SUSI DEWI FITRIANA, 171330000146 (2022) PENGARUH KEGIATAN LITERASI TERHADAP MINAT BACA DAN KEMAMPUAN MEMBACA PEMAHAMAN SISWA KELAS IV SDN 1 MINDAHAN. Skripsi thesis, UNISNU JEPARA.

[thumbnail of 171330000146_COVER.pdf]
Preview
Text
171330000146_COVER.pdf

Download (3MB) | Preview
[thumbnail of 171330000146_BAB I.pdf] Text
171330000146_BAB I.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (2MB)
[thumbnail of 171330000146_BAB II.pdf] Text
171330000146_BAB II.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (7MB)
[thumbnail of 171330000146_BAB III.pdf] Text
171330000146_BAB III.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (2MB)
[thumbnail of 171330000146_BAB IV.pdf] Text
171330000146_BAB IV.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (4MB)
[thumbnail of 171330000146_BAB V.pdf] Text
171330000146_BAB V.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (452kB)
[thumbnail of 171330000146_DAFTAR PUSTAKA.pdf]
Preview
Text
171330000146_DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (1MB) | Preview
[thumbnail of 171330000146_LAMPIRAN.pdf] Text
171330000146_LAMPIRAN.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (6MB)

Abstract

Pembelajaran yang monoton dan kurangnya minat siswa membaca menjadi penyebab pemahaman membaca siswa kelas IV SDN 1 Mindahan rendah. Hal ini dapat dilihat dari nilai PTS siswa yaitu 47. Oleh karena itu sebelum pembelajaran dapat diberlakukan literasi terlebih dahulu. Kegiatan literasi ini bertujuan untuk mengetahui seberapa besar pengaruh kegiatan literasi terhadap minat baca dan kemampuan membaca pemahaman siswa kelas IV SDN 1 Mindahan sebelum dan sesudah diberikan perlakuan. Penelitian ini dilakukan di SDN 1 Mindahan pada tema 7: Indahnya Keberagaman Negeriku. Populasi penelitian ini adalah seluruh sisa SDN 1 Mindahan yang berjumlah 24 siswa. Jenis penelitian ini merupakan penelitian kuantitatif. Metode penelitian ini menggunakan metode penelitian jenis ex-postfacto. Teknik pengambilan sampel dalam penelitian ini yaitu sampel jenuh. Hasil penelitian menunjukkan Terdapat pengaruh kegiatan literasi terhadap minat baca dan kemampuan membaca pemahaman siswa hal tersebut dibuktikan dengan nilai significan 0,00. Pada variabel kegiatan literasi terhadap minat baca siswa menghasilkan nilai 0,01 sehingga besarnya pengaruh adalah 1% dan nilai tersebut bernilai positif. Sedangkan pada variabel kegiatan literasi terhadap kemampuan membaca pemahaman siswa memiliki 0,078 sehingga besarnya pengaruh tersebut adalah 7,8% dan nilai tersebut bernilai positif.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information: Pembimbing : Wulan Sutriyani,M.Pd.
Uncontrolled Keywords: Literasi; Minat Baca; Kemampuan Membaca; Membaca Pemahaman.
Subjects: 300 Ilmu Sosial > 370 Pendidikan > 371 Institusi Pendidikan > 371.3 Metode Belajar Mengajar, Media Pembelajaran
300 Ilmu Sosial > 370 Pendidikan > 372 Pendidikan Dasar (Play Group, PAUD, TK, SD) > 372.4 Membaca, Belajar Membaca
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan > Pendidikan Guru Sekolah Dasar
Depositing User: Admin Perpustakaan Unisnu
Date Deposited: 17 Jul 2023 02:15
Last Modified: 17 Jul 2023 02:15
URI: https://eprints.unisnu.ac.id/id/eprint/5357

Actions (login required)

View Item
View Item