SRI MURWATI KUMALA DEWI, 181330000302 (2022) PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN PROBLEM BASED LEARNING BERBANTUAN MEDIA KOTAK BELAJAR AJAIB (KOBELA) TERHADAP KEMAMPUAN BERHITUNG PERKALIAN PADA SISWA KELAS II SD NEGERI 2 MANTINGAN TAHUNAN JEPARA. Skripsi thesis, UNISNU JEPARA.
181330000302_COVER.pdf
Download (3MB) | Preview
181330000302_BAB I.pdf
Restricted to Repository staff only
Download (3MB)
181330000302_BAB II.pdf
Restricted to Repository staff only
Download (8MB)
181330000302_BAB III.pdf
Restricted to Repository staff only
Download (3MB)
181330000302_BAB IV.pdf
Restricted to Repository staff only
Download (7MB)
181330000302_BAB V.pdf
Restricted to Repository staff only
Download (1MB)
181330000302_DAFTAR PUSTAKA.pdf
Download (2MB) | Preview
181330000302_LAMPIRAN.pdf
Restricted to Repository staff only
Download (9MB)
Abstract
Penelitian ini dilatarbelakangi dengan hasil belajar kemampuan berhitung perkalian siswa di kelas II SD Negeri 2 Mantingan yang masih rendah, hal tersebut disebabkan pada proses pembelajaran guru masih menggunakan model konvensional dan belum menggunakan media, guru kurang dalam memberikan variasi pembelajaran, serta siswa masih bingung dalam materi perkalian sehingga siswa kirang memiliki semangat dalam belajar.
Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui perbedaan sebelum dan sesudah menggunakan model problem based learning berbantuan media kotak belajar ajaib (kobela) terhadap kemampuan berhitung perkalian siswa kelas II SD Negeri 2 Mantingan dan untuk mengetahuai seberapa besar pengaruh model problem based learning berbantuan media kotak belajar ajaib (kobela) terhadap kemampuan berhitung perkalian siswa kelas II SD Negeri 2 Mantingan. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode kuantitatif. Dengan desain eksperimen Pre-Experimen Design dengan bentuk One-Group Pretest-Posttest Design. Hasil belajar tes pengetahuan (kognitif) pada saat pretest yang menunjukkan rata-rata sebesar 45,17 dan pada saat Posttest yang menunjukkan rata-rata sebesar 73, 61 dengan kenaikan sebesar 28,44.
Hasil uji-T menggunakan Paired Samples Test dengan signifikan (2-tailed) sebesar 0,000 dan nilai α sebesar 0,05 yang artinya nilai signifikansi 0,000 < 0,05. Dengan melihat kriteria pengambilan keputusan pada penguji hipotesis uji-t, maka diperoleh keputusan yaitu H0 ditolak dan H1 diterima. Sehingga disimpulkan bahwa, terdapat perbedaan sebelum dan sesudah menerapkan model problem based learning berbantuan media kotak belajar ajaib (kobela) terhadap kemampuan berhitung perkalian siswa kelas II SD Negeri 2 Mantingan. Serta hasil uji regresi linier sederhana yang menunjukkan nilai signifikan 0,000 atau 0,000<0,05 dan diperoleh nilai thitung sebesar 4,832>ttabel 1,685 dan pengaruh dari kedua variabel yaitu x dan y adalah 80,1% Sehingga disimpulkan bahwa, terdapat pengaruh model model problem based learning berbantuan media kotak belajar ajaib (kobela) terhadap kemampuan berhitung perkalian siswa kelas II SD Negeri 2 Mantingan.
Item Type: | Thesis (Skripsi) |
---|---|
Additional Information: | Pembimbing : Wulan Sutriyani, M.Pd. |
Uncontrolled Keywords: | Model Problem Based Learning, Media Kotak Belajar Ajaib (Kobela), Kemampuan Berhitung Perkalian. |
Subjects: | 300 Ilmu Sosial > 370 Pendidikan > 371 Institusi Pendidikan > 371.3 Metode Belajar Mengajar, Media Pembelajaran 300 Ilmu Sosial > 370 Pendidikan > 372 Pendidikan Dasar (Play Group, PAUD, TK, SD) |
Divisions: | Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan > Pendidikan Guru Sekolah Dasar |
Depositing User: | Admin Perpustakaan Unisnu |
Date Deposited: | 17 Jul 2023 02:13 |
Last Modified: | 17 Jul 2023 02:13 |
URI: | https://eprints.unisnu.ac.id/id/eprint/5356 |