Search for collections on Publications

PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN SCRAMBLE BERBANTUAN FLASH CARD TERHADAP PEMAHAMAN KONSEP MATEMATIKA MATERI PENGUKURAN SUDUT PADA SISWA KELAS IV SDN 6 BULUNGAN

SITI ZULAEKAH, 181330000347 (2022) PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN SCRAMBLE BERBANTUAN FLASH CARD TERHADAP PEMAHAMAN KONSEP MATEMATIKA MATERI PENGUKURAN SUDUT PADA SISWA KELAS IV SDN 6 BULUNGAN. Skripsi thesis, UNISNU JEPARA.

[thumbnail of 181330000347_COVER.pdf]
Preview
Text
181330000347_COVER.pdf

Download (3MB) | Preview
[thumbnail of 181330000347_BAB I.pdf] Text
181330000347_BAB I.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (4MB)
[thumbnail of 181330000347_BAB II.pdf] Text
181330000347_BAB II.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (9MB)
[thumbnail of 181330000347_BAB III.pdf] Text
181330000347_BAB III.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (3MB)
[thumbnail of 181330000347_BAB IV.pdf] Text
181330000347_BAB IV.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (5MB)
[thumbnail of 181330000347_BAB V.pdf] Text
181330000347_BAB V.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (722kB)
[thumbnail of 181330000347_DAFTAR PUSTAKA.pdf]
Preview
Text
181330000347_DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (2MB) | Preview
[thumbnail of 181330000347_LAMPIRAN.pdf] Text
181330000347_LAMPIRAN.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (5MB)

Abstract

Penelitian ini dilatarbelakangi oleh rendahnya pemahaman konsep siswa sehingga hasil belajar siswa kurang maksimal terutama pada mata pelajaran Matematika. Hal ini dikarenakan guru hanya menggunakan model pembelajaran berpusat pada guru yang mana dalam penyampaiannya hanya dari satu arah yaitu guru ke siswa, sehingga menyebabkan tidak adanya timbal balik antar siswa dengan guru dan guru hanya menggunakan media pembelajaran seadanya. Fokus penelitian ini terdapat pada pemahaman konsep Matematika yang menggunakan model scramble berbantuan flash card. Tujuan penelitian ini yaitu untuk mengetahui seberapa besar pengaruh penggunaan model pembelajaran scramble berbantuan flash card terhadap pemahaman konsep matematika pada siswa kelas IV SDN 6 Bulungan.
Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif dengan metode eksperimen tipe Pre-Eksperimental Design. Penelitian ini dilakukan di kelas IV SDN 6 Bulungan. Sampel dalam penelitian ini berjumlah 25 siswa. Penelitian ini dilaksanakan selama 3 kali pertemuan. Jenis variabel dalam penelitian ini yaitu variabel bebas (Model scramble berbantuan flash card) dan variabel terikat (Pemahaman konsep matematika). Teknik pengumpulan data dalam penelitian ini menggunakan Tes berupa soal pilihan ganda. Instrumen yang digunakan yaitu soal Pre-test dan post-test yang berjumlah 25 butir soal. Teknik analisis data menggunakan IBM SPSS Statistics 25 yang meliputi uji validitas, uji reabilitas, tingkat kesukaran, daya pembeda soal, uji prasyarat dan uji hipotesis.
Hasil penelitian menunjukkan bahwa dari pemahaman konsep siswa pada saat pre-test menunjukkan skor rata-rata 67,36 sedangkan saat post-test hasil skor rata-rata yang diperoleh siswa sebesar 76,64. Kenaikan pemahaman konsep siswa pada saat pre-test dan post-tes sebanyak 9,28. Perbedaan ini diperkuat dengan hasil uji-t diperoleh nilai signifikan (2-tailed) < 0,05 atau 0,000 < 0,005 sehingga Ho di tolak dan Ha diterima. Dengan demikian dapat di simpulkan bahwa terdapat pengaruh penggunan model scrambel berbantuan flash card terhadap pemahaman konsep matematika di kelas IV SDN 6 Bulungan.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information: Pembimbing : Wulan Sutriyani, M.Pd
Uncontrolled Keywords: Model Scramble, Flash Card, Pemahaman Konsep.
Subjects: 300 Ilmu Sosial > 370 Pendidikan > 371 Institusi Pendidikan > 371.3 Metode Belajar Mengajar, Media Pembelajaran
300 Ilmu Sosial > 370 Pendidikan > 372 Pendidikan Dasar (Play Group, PAUD, TK, SD) > 372.7 Berhitung untuk Pendidikan Dasar
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan > Pendidikan Guru Sekolah Dasar
Depositing User: Admin Perpustakaan Unisnu
Date Deposited: 17 Jul 2023 02:10
Last Modified: 17 Jul 2023 02:10
URI: https://eprints.unisnu.ac.id/id/eprint/5354

Actions (login required)

View Item
View Item