Search for collections on Publications

PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN REALISTIC MATHEMATIC EDUCATION (RME) TERHADAP HASIL BELAJAR MATEMATIKA PESERTA DIDIK KELAS III DI SD NEGERI 2 RAGUKLAMPITAN

SITI YULIA ZUSNITA, 181330000258 (2022) PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN REALISTIC MATHEMATIC EDUCATION (RME) TERHADAP HASIL BELAJAR MATEMATIKA PESERTA DIDIK KELAS III DI SD NEGERI 2 RAGUKLAMPITAN. Skripsi thesis, UNISNU JEPARA.

[thumbnail of 181330000258_COVER.pdf]
Preview
Text
181330000258_COVER.pdf

Download (3MB) | Preview
[thumbnail of 181330000258_BAB I.pdf] Text
181330000258_BAB I.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (2MB)
[thumbnail of 181330000258_BAB II.pdf] Text
181330000258_BAB II.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (6MB)
[thumbnail of 181330000258_BAB III.pdf] Text
181330000258_BAB III.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (3MB)
[thumbnail of 181330000258_BAB IV.pdf] Text
181330000258_BAB IV.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (4MB)
[thumbnail of 181330000258_BAB V.pdf] Text
181330000258_BAB V.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (912kB)
[thumbnail of 181330000258_DAFTAR PUSTAKA.pdf]
Preview
Text
181330000258_DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (1MB) | Preview
[thumbnail of 181330000258_LAMPIRAN.pdf] Text
181330000258_LAMPIRAN.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (6MB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui apakah terdapat pengaruh model pembelajaran Realistic Mathematic Education (RME) terhadap hasil belajar matematika peserta didik kelas III di SD Negeri 2 Raguklampitan. Jenis penelitian ini adalah Pre-Eksperimental dengan desain penelitian One Group Pretest-Posttest. Populasi dalam penelitian ini berjumlah 25 peserta didik. Penelitian ini dilaksanakan selama 3 kali pertemuan. Teknik pengumpulan data dalam penelitian ini menggunakan tes tertulis. Instrumen penelitian yang digunakan berbentuk soal pilihan ganda dan berjumlah 20 butir soal yang dipakai untuk soal pretest dan posttest. Teknik analisis data dilakukan dengan bantuan aplikasi SPSS 25 yang meliputi uji coba instrumen, uji prasyarat dan uji hipotesis.
Hasil penelitian menunjukkan rata-rata pretest diperoleh sebesar 56 sedangkan rata-rata posttest sebesar 77,8. Hasil uji normalitas dengan N = 25 pada taraf signifikansi 0,05 menunjukkan data berdistribusi normal yaitu sebesar 0,073 > 0,05. Hasil uji hipotesis menggunakan uji Paired Sampel T-Test dengan bantuan aplikasi IBM SPSS 25 menunjukkan nilai signifikan (2-tailed) < 0,05 yaitu 0,000 < 0,05. Hal ini menunjukkan bahwa Ha diterima dan Ho ditolak. Jadi, dapat disimpulkan bahwa terdapat pengaruh model pembelajaran Realistic Mathematic Education (RME) terhadap hasil belajar matematika peserta didik kelas III di SD Negeri 2 Raguklampitan.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information: Pembimbing : Syailin Nichla Choirin Attalina, M.Pd
Uncontrolled Keywords: Model Pembelajaran RME, Hasil Belajar, Matematika, Peserta Didik.
Subjects: 300 Ilmu Sosial > 370 Pendidikan > 371 Institusi Pendidikan > 371.3 Metode Belajar Mengajar, Media Pembelajaran
300 Ilmu Sosial > 370 Pendidikan > 372 Pendidikan Dasar (Play Group, PAUD, TK, SD) > 372.7 Berhitung untuk Pendidikan Dasar
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan > Pendidikan Guru Sekolah Dasar
Depositing User: Admin Perpustakaan Unisnu
Date Deposited: 17 Jul 2023 02:08
Last Modified: 17 Jul 2023 02:08
URI: https://eprints.unisnu.ac.id/id/eprint/5353

Actions (login required)

View Item
View Item