SHAHNAZ SURAYYA, 181330000301 (2022) PENGEMBANGAN BAHAN AJAR BERBASIS BUKU CERITA UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR TEMATIK PESERTA DIDIK KELAS 4 SEKOLAH DASAR NEGERI 6 BANGSRI. Skripsi thesis, UNISNU JEPARA.
181330000301_COVER.pdf
Download (3MB) | Preview
![[thumbnail of 181330000301_BAB I.pdf]](https://eprints.unisnu.ac.id/style/images/fileicons/text.png)
181330000301_BAB I.pdf
Restricted to Repository staff only
Download (2MB)
![[thumbnail of 181330000301_BAB II.pdf]](https://eprints.unisnu.ac.id/style/images/fileicons/text.png)
181330000301_BAB II.pdf
Restricted to Repository staff only
Download (4MB)
![[thumbnail of 181330000301_BAB III.pdf]](https://eprints.unisnu.ac.id/style/images/fileicons/text.png)
181330000301_BAB III.pdf
Restricted to Repository staff only
Download (5MB)
![[thumbnail of 181330000301_BAB IV.pdf]](https://eprints.unisnu.ac.id/style/images/fileicons/text.png)
181330000301_BAB IV.pdf
Restricted to Repository staff only
Download (5MB)
![[thumbnail of 181330000301_BAB V.pdf]](https://eprints.unisnu.ac.id/style/images/fileicons/text.png)
181330000301_BAB V.pdf
Restricted to Repository staff only
Download (632kB)
181330000301_DAFTAR PUSTAKA.pdf
Download (1MB) | Preview
![[thumbnail of 181330000301_LAMPIRAN.pdf]](https://eprints.unisnu.ac.id/style/images/fileicons/text.png)
181330000301_LAMPIRAN.pdf
Restricted to Repository staff only
Download (8MB)
Abstract
Penelitian yang dilaksanakan berlatar belakang masalah hasil belajar peserta didik kelas 4 SD rendah, bahan ajar yang digunakan selama proses pembelajaran belum menarik bagi peserta didik, belum terbiasanya peserta didik dalam berliterasi, menganalisis dan memahami konsep tulisan. Proses pembelajaran juga masih sangat bergantung pada buku siswa dan tidak ada variasi penggunaan buku ajar yang lain. Berdasarkan latar belakang tersebut, peneliti ingin melaksanakan penelitian dengan tujuannya mengetahui kebutuhan bahan ajar berbasis buku cerita kelas 4 Sekolah Dasar, mengetahui pengembangan bahan ajar berbasis buku cerita kelas 4 Sekolah Dasar, mengetahui hasil belajar peserta didik setelah menggunakan bahan ajar berbasis buku cerita kelas 4 Sekolah Dasar dan mengetahui respon peserta didik dan guru terhadap bahan ajar berbasis buku cerita kelas 4 Sekolah Dasar. Penelitian ini menggunakan pendekatan Research and Development (RnD) dengan desain penelitian yaitu ADDIE (Analyze, Design, Development, Implementation, dan Evaluation) dengan validasi produk dari ahli materi dan media yang kemudian saat sudah layak, diujikan ke peserta didik dan hasil uji diukur dengan uji normalitas, homogentitas dan independent samplet test.
Hasil dari penelitian ini adalah terdapat perbedaan hasil belajar pembelajaran dengan menggunakan pengembangan bahan ajar berbasis buku cerita dibandingkan dengan yang tidak menggunakan. Hal ini ditunjukkan hasil independent sample t test yaitu 0,008 < 0,05 sehingga Ho ditolak dan Ha diterima. Dengan demikian maka terdapat perbedaan yang signifikan antara hasil belajar kelompok eksperimen dibandingkan dengan kelompok kontrol. Adapun respon peserta didik terhadap pengembangan bahan ajar berbasis buku cerita mendapatkan persentase 91% atau dapat dikatakan sangat layak, selain itu juga hasil respon guru terhadap pengembangan bahan ajar berbasis buku cerita mendapatkan persentase 94% atau dapat dikatakan sangat layak
Item Type: | Thesis (Skripsi) |
---|---|
Additional Information: | Pembimbing : Erna Zumrotun, M.Pd. |
Uncontrolled Keywords: | Model ADDIE, pengembangan bahan ajar, buku cerita. |
Subjects: | 300 Ilmu Sosial > 370 Pendidikan > 371 Institusi Pendidikan > 371.3 Metode Belajar Mengajar, Media Pembelajaran 300 Ilmu Sosial > 370 Pendidikan > 372 Pendidikan Dasar (Play Group, PAUD, TK, SD) |
Divisions: | Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan > Pendidikan Guru Sekolah Dasar |
Depositing User: | Admin Perpustakaan Unisnu |
Date Deposited: | 17 Jul 2023 02:07 |
Last Modified: | 17 Jul 2023 02:07 |
URI: | https://eprints.unisnu.ac.id/id/eprint/5352 |