Search for collections on Publications

EFEKTIFITAS MODEL PEMBELAJARAN GENERATIF BERBANTUAN GAMBAR SERI TERHADAP KETERAMPILAN MENULIS PUISI PADA SISWA KELAS IV SDN MANGUNAN TAHUNAN JEPARA

SELFI DAMAYANTI, 181330000247 (2022) EFEKTIFITAS MODEL PEMBELAJARAN GENERATIF BERBANTUAN GAMBAR SERI TERHADAP KETERAMPILAN MENULIS PUISI PADA SISWA KELAS IV SDN MANGUNAN TAHUNAN JEPARA. Skripsi thesis, UNISNU JEPARA.

[thumbnail of 181330000247_COVER.pdf]
Preview
Text
181330000247_COVER.pdf

Download (3MB) | Preview
[thumbnail of 181330000247_BAB I.pdf] Text
181330000247_BAB I.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (3MB)
[thumbnail of 181330000247_BAB II.pdf] Text
181330000247_BAB II.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (12MB)
[thumbnail of 181330000247_BAB III.pdf] Text
181330000247_BAB III.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (4MB)
[thumbnail of 181330000247_BAB IV.pdf] Text
181330000247_BAB IV.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (5MB)
[thumbnail of 181330000247_BAB V.pdf] Text
181330000247_BAB V.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (878kB)
[thumbnail of 181330000247_DAFTAR PUSTAKA.pdf]
Preview
Text
181330000247_DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (1MB) | Preview
[thumbnail of 181330000247_LAMPIRAN.pdf] Text
181330000247_LAMPIRAN.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (10MB)

Abstract

Proses pembelajaran bahasa Indonesia khususnya keterampilan menulis, penguasaan bahasa tulis siswa masih rendah. Hal ini dikarenakan guru masih menggunakan model pembelajaran konvensional, sehingga menyebabkan siswa mudah jenuh dan kurang tertarik. Keadaan tersebut berdampak pada aktivitas dan hasil belajar siswa. Oleh karena itu, dilakukan penelitian mengenai penerapan model pembelajaran Generative berbantu gambar seri terhadap keterampilan menulis puisi di sekolah dasar.
Populasi dalam penelitian ini yaitu seluruh siswa kelas IV SD Negeri Mangunan sejumlah 43 siswa, terdiri dari 21 siswa kelas IV A, dan 22 siswa kelas IV B. Teknik sampling dalam penelitian ini menggunakan sampling jenuh. Desain dari penelitian ini adalah quasi experimental design dengan bentuk nonequivalent control grup design. Teknik pengumpulan data menggunakan dokumentasi, wawancara, observasi, dan tes. Instrumen yang digunakan yaitu soal tes. Teknik analisis data yang digunakan yaitu uji prasyarat analisis meliputi uji normalitas, homogenitas, dan analisis akhir. Pada pengujian hipotesis menggunakan uji-t. Pengujian hipotesis pertama (uji perbedaan) menggunakan independent sample t test melalui program SPSS 26.
Hasil pengujian menunjukkan bahwa terdapat perbedaan keterampilan menulis dalam pembelajaran menulis puisi pada siswa kelas IV, hal ini dibuktikan dengan hasil uji hipotesis menggunakan independent samples t test melalui program SPSS versi 26 yang menunjukkan bahwa nilai thitung > t tabel (2.368 > 2.019) dan nilai signifikansi kurang dari 0,05 (0,023 < 0,05). Aktivitas belajar siswa kelas IV SD Negeri Mangunan dalam pembelajaran menulis puisi dengan model Generative berbantu gambar seri lebih tinggi daripada model konvensional. Hal ini berdasarkan hasil uji hipotesis menggunakan uji-t yang menunjukkan bahwa t hitung > t tabel (5.785 > 2.085).
Hasil penelitian menunjukan bahwa penerapan model pembelajaran generatif berbantuan gambar seri dapat dijadikan sebagai alternatif dalam pembelajaran Bahasa Indonesia, khususnya materi menulis puisi. Selain itu, berdasarkan perhitungan analaisis data telah terbukti bahwa penerapan model pembelajaran generatif berbantuan gambar seri efektif dalam memberikan pengaruh yang signifikan terhadap nilai keterampilan menulis puisi di kelas IV SD Negeri Mangunan.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information: Pembimbing : Dwiana Wiranti Asih, M.Pd.
Uncontrolled Keywords: Keterampilan menulis puisi, media gambar seri, model pembelajaran Generative.
Subjects: 300 Ilmu Sosial > 370 Pendidikan > 371 Institusi Pendidikan > 371.3 Metode Belajar Mengajar, Media Pembelajaran
300 Ilmu Sosial > 370 Pendidikan > 372 Pendidikan Dasar (Play Group, PAUD, TK, SD)
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan > Pendidikan Guru Sekolah Dasar
Depositing User: Admin Perpustakaan Unisnu
Date Deposited: 17 Jul 2023 02:05
Last Modified: 17 Jul 2023 02:05
URI: https://eprints.unisnu.ac.id/id/eprint/5350

Actions (login required)

View Item
View Item