Search for collections on Publications

MANAJEMEN PESERTA DIDIK DALAM MENGEMBANGKAN BUDAYA RELIGI MADRASAH DI MI TAMRINUT THULLAB UNDAAN KUDUS TAHUN PELAJARAN 2021/2022

MUHAMMAD FAHRUDDIN, 202610000756 (2022) MANAJEMEN PESERTA DIDIK DALAM MENGEMBANGKAN BUDAYA RELIGI MADRASAH DI MI TAMRINUT THULLAB UNDAAN KUDUS TAHUN PELAJARAN 2021/2022. Tesis thesis, UNISNU JEPARA.

[thumbnail of 1. 202610000756_COVER.pdf]
Preview
Text
1. 202610000756_COVER.pdf

Download (1MB) | Preview
[thumbnail of 2. 202610000756_BAB I.pdf] Text
2. 202610000756_BAB I.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (773kB)
[thumbnail of 3. 202610000756_BAB II.pdf] Text
3. 202610000756_BAB II.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (536kB)
[thumbnail of 4. 202610000756_BAB III.pdf] Text
4. 202610000756_BAB III.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (456kB)
[thumbnail of 5. 202610000756_BAB IV.pdf] Text
5. 202610000756_BAB IV.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (766kB)
[thumbnail of 6. 202610000756_BAB V.pdf] Text
6. 202610000756_BAB V.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (395kB)
[thumbnail of 7. 202610000756_DAFTRA PUSTAKA.pdf]
Preview
Text
7. 202610000756_DAFTRA PUSTAKA.pdf

Download (286kB) | Preview

Abstract

Budaya madrasah merupakan nilai-nilai, aturan-aturan, norma, tradisi dan karakteristik yang berasal dari interaksi antara warga madrasah, dan hal tersebut menjadi pengikat bagi seluruh warga madrasah dalam bertindak. Penelitian ini bertujuan mendeskripsikan: 1) perencanaan, pengorganisasian, pelaksanaan, dan evaluasi pengembangan budaya religi madrasah di MI Tamrinut Thullab Undaan Kudus Tahun Pelajaran 2021/2022, dan 2) hasil pengembangan budaya religi madrasah melalui manajemen peserta didik di MI Tamrinut Thullab Undaan Kudus Tahun Pelajaran 2021/2022.
Metode penelitian yang digunakan metode deskriptif kualitatif. Metode pengumpulan data menggunakan metode peangamatan, wawancara, dan dokumentasi. Subyek penelitian adalah kepala madrasah, wakil kepala sekolah bidang kesiswaan dan kurikulum, guru, dan siswa. Data berupa text wawancara, hasil pengamatan dan dokumen madrasah. Data diperiksa kebenara, kecocokan, dan keabsahannya melalui metode triangulasi kemudian dideskripsikan dan diinterpretasikan untuk ditarik kesimpulan. Metode analisis data menggunakan metode kualitatif. Hasil dari penelitian ini menunjukkan bahwa: 1) Manajemen peserta didik di MI Tamrinut Thullab Undaan Kudus mencakup: (a) perencanaan peserta didik yang terdiri dari berisi perencanaan penerimaan siswa baru, kelulusan, jumlah putus madrasah dan kepindahan, (b) pelaksanaan peserta didik yang terdiri dari pembinaan terhadap peserta didik, layanan-layanan khusus seperti layanan bimbingan dan konseling, layanan perpustakaan, layanan kantin, layanan kesehatan, dan layanan transportasi, (c) evaluasi peserta didik yang terdiri dari evaluasi hasil belajar oleh guru kelas seperti peniaian harian, penilaian keterampilan dan sikap social dan penilaian akhir semester; 2) Hasil pengembangan budaya religi pada MI NU Tamrinut Thullab Undaan meliputi: (a) budaya salam dan salim (bersalaman) antar warga madrasah baik siswa dengan guru maupun sesama siswa, (b) shalat dzuhur berjamaah oleh siswa kelas 4 sampai dengan kelas 6 selalu dilaksanakan secara istiqomah dan bersemangat, (c) berdo’a sebelum dan sesudah belajar serta membaca Al Qur’an, (d) budaya berbusana Muslim ciri khas pada setiap orang muslim baik laki-laki maupun perempuan, (e) peringatan Hari Besar Islam sebagai usaha penguatan nilai-nilai keagamaan terhadap siswa dan semua warga madrasah.

Item Type: Thesis (Tesis)
Additional Information: Pembimbing I : Dr. H. Barowi, M.Ag. Pembimbing II : Dr. H. Moh Nasuka, M.Pd
Uncontrolled Keywords: Pengembangan, budaya,religius madrasah.
Subjects: 200 Agama > ISLAM > 2X7.1 Filsafat Islam > 2X7.3 Pendidikan Agama Islam
Divisions: Program Pascasarjana > Manajemen Pendidikan Islam
Depositing User: Admin Perpustakaan Unisnu
Date Deposited: 17 Jul 2023 02:00
Last Modified: 17 Jul 2023 02:00
URI: https://eprints.unisnu.ac.id/id/eprint/5347

Actions (login required)

View Item
View Item