Search for collections on Publications

PERAN BIMBINGAN DAN KONSELING DALAM PENGUATAN KARAKTER DISIPLIN PESERTA DIDIK DI MTS. NAHDLATUL FATA PETEKEYAN JEPARA TAHUN 2021/2022

MUHAMMAD ALIM, 202610000750 (2022) PERAN BIMBINGAN DAN KONSELING DALAM PENGUATAN KARAKTER DISIPLIN PESERTA DIDIK DI MTS. NAHDLATUL FATA PETEKEYAN JEPARA TAHUN 2021/2022. Tesis thesis, UNISNU JEPARA.

[thumbnail of 1. 202610000750_COVER.pdf]
Preview
Text
1. 202610000750_COVER.pdf

Download (2MB) | Preview
[thumbnail of 2. 202610000750_BAB I.pdf] Text
2. 202610000750_BAB I.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (466kB)
[thumbnail of 3. 202610000750_BAB II.pdf] Text
3. 202610000750_BAB II.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (723kB)
[thumbnail of 4. 202610000750_BAB III.pdf] Text
4. 202610000750_BAB III.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (462kB)
[thumbnail of 5. 202610000750_BAB IV.pdf] Text
5. 202610000750_BAB IV.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (922kB)
[thumbnail of 6. 202610000750_BAB V.pdf] Text
6. 202610000750_BAB V.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (390kB)
[thumbnail of 7. 202610000750_DAFTAR PUSTAKA.pdf]
Preview
Text
7. 202610000750_DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (344kB) | Preview
[thumbnail of 8. 202610000750_LAMPIRAN-LAMPIRAN.pdf] Text
8. 202610000750_LAMPIRAN-LAMPIRAN.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (3MB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk: 1) menganilisis dan membahas peran bimbingan dan konseling dalam penguatan karakter disiplin peserta didik di MTs. Nahdlatul Fata Petekeyan Jepara tahun pelajaran 2021/2022. 2) menganalisis dan membahas faktor pendukung dan faktor penghambat dalam penguatan karakter disiplin peserta didik melalui peran bimbingan dan konseling di MTs. Nahdlatul Fata Petekeyan Jepara tahun pelajaran 2021/2022. 3) menganalisis dan membahas hasil penguatan karakter disiplin peserta didik melalui peran bimbingan dan konseling di MTs. Nahdlatul Fata Petekeyan Jepara tahun pelajaran 2021/2022.
Penelitian ini menggunakan pendekatan penelitian kualitatif dan jenis penelitiannya adalah penelitian lapangan (field research). Adapun informasi dalam penelitian ini bersumber dari data primer dan data sekunder. Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah dengan observasi partisipasi, wawancara mendalam, dan dokumentasi. Selanjutnya data yang terkumpul dianalisis dengan cara reduksi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan.
Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa peranan bimbingan dan konseling dalam penguatan karakter disiplin peserta didik di MTs. Nahdlatul Fata Petekeyan Jepara yaitu BK memiliki peranan sebagai kepercayaan peserta didik, pembimbing, pengembangan potensi diri peserta didik, pencegah (preventif) masalah, dan memiliki peran dalam membangun karakter mulia peserta didik. Adapun faktor pendukung dalam penguatan karakter disiplin peserta didik melalui peranan BK yaitu adanya kerjasama dengan seluruh pihak sekolah, adanya dukungan dari kepala sekolah, peserta didik bersifat kooperatif, dan adanya fasilitas yang memadai. Sedangkan faktor penghambatnya yaitu kekurangan tenaga BK dan orang tua/wali murid sibuk bekerja sehingga kurang memperhatikan karakter anak. Adapun hasil dari penguatan karakter disiplin peserta didik melalui peranan BK di MTs. Nahdlatul Fata adalah peserta didik banyak yang meraih prestasi akademik/ non akademik, nasional/ internasional dan tingkat kenakalan serta tindakan undisipliner berkurang.

Item Type: Thesis (Tesis)
Additional Information: Pembimbing I : Dr. H. Barowi, M.Ag. Pembimbing II : Dr. H. Moh Nasuka, M.Pd
Uncontrolled Keywords: Pendidikan Karakter, Karakter Disiplin, Peran Bimbingan dan Konseling.
Subjects: 300 Ilmu Sosial > 370 Pendidikan > 370.114 Pendidikan Karakter, Pendidikan Moral
300 Ilmu Sosial > 370 Pendidikan > 371 Institusi Pendidikan > 371.4 Konseling Sekolah
Divisions: Program Pascasarjana > Manajemen Pendidikan Islam
Depositing User: Admin Perpustakaan Unisnu
Date Deposited: 17 Jul 2023 01:59
Last Modified: 17 Jul 2023 01:59
URI: https://eprints.unisnu.ac.id/id/eprint/5346

Actions (login required)

View Item
View Item