Search for collections on Publications

MANAJEMEN PEMBELAJARAN DALAM MENINGKATKAN PRESTASI BELAJAR PENDIDIKAN AGAMA ISLAM PESERTA DIDIK KELAS VII SEKOLAH MENENGAH PERTAMA (SMP) NEGERI 3 PATI TAHUN PELAJARAN 2021/2022

MOH. IRHAM, 202610000770 (2022) MANAJEMEN PEMBELAJARAN DALAM MENINGKATKAN PRESTASI BELAJAR PENDIDIKAN AGAMA ISLAM PESERTA DIDIK KELAS VII SEKOLAH MENENGAH PERTAMA (SMP) NEGERI 3 PATI TAHUN PELAJARAN 2021/2022. Tesis thesis, UNISNU JEPARA.

[thumbnail of 1. 202610000770_COVER.pdf]
Preview
Text
1. 202610000770_COVER.pdf

Download (2MB) | Preview
[thumbnail of 2. 202610000770_BAB I.pdf] Text
2. 202610000770_BAB I.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (485kB)
[thumbnail of 3. 202610000770_BAB II.pdf] Text
3. 202610000770_BAB II.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (768kB)
[thumbnail of 4. 202610000770_BAB III.pdf] Text
4. 202610000770_BAB III.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (485kB)
[thumbnail of 5. 202610000770_BAB IV.pdf] Text
5. 202610000770_BAB IV.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (1MB)
[thumbnail of 6. 202610000770_BAB V.pdf] Text
6. 202610000770_BAB V.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (432kB)
[thumbnail of 7. 202610000770_DAFTAR PUSTAKA.pdf]
Preview
Text
7. 202610000770_DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (294kB) | Preview
[thumbnail of 8. 202610000770_LAMPIRAN-LAMPIRAN.pdf] Text
8. 202610000770_LAMPIRAN-LAMPIRAN.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (1MB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan perencanaan, pelaksanaan, dan evaluasi pembelajaran dan penilaian, sejauh mana peningkatan hasil prestasi PAI peserta didik kelas VII SMP Negeri 3 Pati, serta faktor pendukung dan penghambat manajemen pembelajaran. Penelitian ini merupakan penelitian deskriptif kualitatif yang dilaksanakan di SMP Negeri 3 Pati. Pengumpulan data dalam penelitian ini dilaksanakan melalui observasi, wawancara, dan dokumentasi. Data yang telah terkumpul kemudian dianalisis menggunakan teknik analisis data kualitatif dari Miles dan Huberman yang terdiri dari reduksi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan dan verifikasi. Sedangkan, metode analisis datanya adalah deskriptif kualitatif. Hasil dari penelitian ini menunjukkan bahwa; 1) Manajemen pembelajaran PAI kelas VII SMP Negeri 3 Pati dimulai dari perencanaan, pelaksanaan, dan evaluasi. Dalam perencanaan pembelajaran guru menyusun silabus dan RPP, selain itu guru juga menyiapkan materi dalam bentuk power point, serta alat dan media dalam menunjang pembelajaran. Pelaksanaaan pembelajaran dimulai dari pendahuluan, penyajian materi, dan penutup. Evaluasi pembelajaran dilaksanakan dalam 2 bidang yaitu pengetahuan dan keterampilan. Evaluasi pengetahuan dilaksanakan melalui tes lisan, tes tertulis, maupun penugasan, sedangkan evaluasi keterampilan dilaksanakan melalui penilaian produk dan praktik. 2) Peningkatan prestasi belajar peserta didik dapat dilihat dari nilai siswa yang diatas KKM dan peningkatan cara mengaji siswa. 3) Faktor pendukung manajemen pembelajaran dalam meningkatkan hasil belajar peserta didik adalah kesehatan, cacat tubuh, intelegensi (kecapakan), perhatian, minat, bakatm motif, kesiapan, serta kelelahan. Sedangkan faktor eksternalnya meliputi; cara orang tua mendidik, relasi antar anggota keluarga, suasana rumah, keadaan ekonomi keluarga, pengertian orang tua, latar belakang kebudayaan, metode mengajar, kurikulum, relasi guru dengan peserta didik, relasi peserta didik dengan peserta didik, disiplin sekolah, alat pelajaran, dan lain sebagainya. Sedangkan faktor penghambatnya adalah kurangnya konsentrasi peserta didik terhadap pelajaran dan juga latar belakang peserta didik yang memang kurang dalam hal agama (kurang bisa mengaji).

Item Type: Thesis (Tesis)
Additional Information: Pembimbing I : Dr. H. Moh Nasuka, M.Pd. Pembimbing II : Dr. H. Subaidi, M.Pd.
Uncontrolled Keywords: Manajemen Pembelajaran; Prestasi Belajar; PAI.
Subjects: 200 Agama > ISLAM > 2X7.1 Filsafat Islam > 2X7.3 Pendidikan Agama Islam
300 Ilmu Sosial > 370 Pendidikan > 371 Institusi Pendidikan > 371.3 Metode Belajar Mengajar, Media Pembelajaran
Divisions: Program Pascasarjana > Manajemen Pendidikan Islam
Depositing User: Admin Perpustakaan Unisnu
Date Deposited: 17 Jul 2023 01:56
Last Modified: 17 Jul 2023 01:56
URI: https://eprints.unisnu.ac.id/id/eprint/5344

Actions (login required)

View Item
View Item