Search for collections on Publications

PENGEMBANGAN MEDIA VIDEO PEMBELAJARAN UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR SISWA MATERI PENJUMLAHAN DAN PENGURANGAN KELAS 2 SDN 3 GUYANGAN

ROHMATUN NIKMAH, 171330000164 (2022) PENGEMBANGAN MEDIA VIDEO PEMBELAJARAN UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR SISWA MATERI PENJUMLAHAN DAN PENGURANGAN KELAS 2 SDN 3 GUYANGAN. Skripsi thesis, UNISNU JEPARA.

[thumbnail of 171330000164_COVER.pdf]
Preview
Text
171330000164_COVER.pdf

Download (3MB) | Preview
[thumbnail of 171330000164_BAB I.pdf] Text
171330000164_BAB I.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (2MB)
[thumbnail of 171330000164_BAB II.pdf] Text
171330000164_BAB II.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (5MB)
[thumbnail of 171330000164_BAB III.pdf] Text
171330000164_BAB III.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (2MB)
[thumbnail of 171330000164_BAB IV.pdf] Text
171330000164_BAB IV.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (6MB)
[thumbnail of 171330000164_BAB V.pdf] Text
171330000164_BAB V.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (951kB)
[thumbnail of 171330000164_DAFTAR PUSTAKA.pdf]
Preview
Text
171330000164_DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (2MB) | Preview
[thumbnail of 171330000164_LAMPIRAN.pdf] Text
171330000164_LAMPIRAN.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (8MB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui : (1) Mengetahui kelayakan media video pembelajaran terhadap hasil belajar siswa materi penjumlahan dan pengurangan kelas 2 SDN 3 Guyangan. (2) Mengetahui kefektifan media video pembelajaran terhadap hasil belajar siswa materi penjumlahan dan pengurangan kelas 2 SDN 3 Guyangan. Subjek dalam penelitian ini adalah siswa kelas 2 SDN 3 Guyangan Bangsri Jepara. Desain pada penelitian ini adalah Research and Development (R&D) dengan metode One Group Pretest posttest Design. Penelitian ini terdiri dari satu kelas yang berjumlah 16 siswa, terdiri dari 9 perempuan dan 7 laki-laki. Hasil analisis data menunjukkan bahwa media video pembelajaran sangat efektif digunakan dalam pembelajaran. Hasil tabel diperoleh nilai sig (2 Tiled) sebesar 0,000 < 0,05 maka dapat disimpulkan bahwa signifikan hasil belajar siswa pada materi penjumlahan dan pengurangan. Hasil uji menunjukkan hasil f_hitung > f_tabel yakni 6,026 > 1,746 sehingga H_o ditolak H_a diterima. Guru dan siswa memberikan respon yang baik terhadap media Video Pembelajaran yang di terapkan di kelas 2 SDN 3 Guyangan. Media pembelajaran Video Pembelajaran sangat efektif untuk meningkatkan minat dan hasil belajar siswa kelas 2 SDN 3 Guyangan Bangsri Jepara.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information: Pembimbing : Syailin Nichla C.A., M.Pd
Uncontrolled Keywords: Media video pembelajaran, hasil belajar sisiwa, penjumlahan dan pengurangan.
Subjects: 300 Ilmu Sosial > 370 Pendidikan > 371 Institusi Pendidikan > 371.3 Metode Belajar Mengajar, Media Pembelajaran
300 Ilmu Sosial > 370 Pendidikan > 372 Pendidikan Dasar (Play Group, PAUD, TK, SD) > 372.7 Berhitung untuk Pendidikan Dasar
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan > Pendidikan Guru Sekolah Dasar
Depositing User: Admin Perpustakaan Unisnu
Date Deposited: 17 Jul 2023 01:48
Last Modified: 17 Jul 2023 01:48
URI: https://eprints.unisnu.ac.id/id/eprint/5341

Actions (login required)

View Item
View Item