Search for collections on Publications

PENGARUH PENDEKATAN PEMBELAJARAN MATEMATIKA REALISTIK INDONESIA TERHADAP HASIL BELAJAR PADA PEMECAHAN SOAL CERITA MATERI PENJUMLAHAN SISWA KELAS III SDN 3 LEBAK PAKIS AJI TAHUN AJARAN 2022/2023

RIZKA AKHLISH LUSYANA, 171330000151 (2022) PENGARUH PENDEKATAN PEMBELAJARAN MATEMATIKA REALISTIK INDONESIA TERHADAP HASIL BELAJAR PADA PEMECAHAN SOAL CERITA MATERI PENJUMLAHAN SISWA KELAS III SDN 3 LEBAK PAKIS AJI TAHUN AJARAN 2022/2023. Skripsi thesis, UNISNU JEPARA.

[thumbnail of 171330000151_COVER.pdf]
Preview
Text
171330000151_COVER.pdf

Download (3MB) | Preview
[thumbnail of 171330000151_BAB I.pdf] Text
171330000151_BAB I.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (2MB)
[thumbnail of 171330000151_BAB II.pdf] Text
171330000151_BAB II.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (8MB)
[thumbnail of 171330000151_BAB III.pdf] Text
171330000151_BAB III.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (2MB)
[thumbnail of 171330000151_BAB IV.pdf] Text
171330000151_BAB IV.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (4MB)
[thumbnail of 171330000151_BAB V.pdf] Text
171330000151_BAB V.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (607kB)
[thumbnail of 171330000151_DAFTAR PUSTAKA.pdf]
Preview
Text
171330000151_DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (2MB) | Preview
[thumbnail of 171330000151_LAMPIRAN.pdf] Text
171330000151_LAMPIRAN.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (9MB)

Abstract

Penelitian ini dilatar belakangi oleh kurangnya kemampuan pemecahan masalah yang dialami oleh siswa yang menyebabkan siswa hanya bisa mengerjakan soal rutin atau soal yang sama persis dengan yang diberikan oleh guru, sehingga siswa tidak dibiasakan mengerjakan soal yang tidak rutin yang mengakibatkan siswa mengalami kesalahan-kesalahan dalam menyelesaikan soal matematika. tujuan penelitian ini dilakukan untuk mengetahui bagaimana pengaruh pendekatan pembelajaran matematika realistic Indonesia terhadap hasil belajar pada pemecahan soal cerita materi penjumlahan.
Penelitian ini menggunjakan pendekatan penelitian kuantitatif dengan jenis penelitian eksperimen dengan tipe Pre Eksperimental Design. Penelitian ini dilakukan di SDN 3 Lebak khususnya kelas 3 dengan jumlah siswa 36 terdiri dari 19 siswa perempuan dan 17 siswa laki-laki. Dalam penelitian ini terdapat 2 variabel yakni dependen dan independent. Variabel dependen dalam penelitian ini adalah pendekatan pembelajaran matematika realistic Indonesia. Variabel independent yakni hasil belajar. Adapun Teknik pengumpulan data dalam penelitian ini adalah tes yang terdiri dari 30 soal pilihan ganda. Teknik pengolahan data yang dilakukan menggunakan SPSS versi 22.0 yang meliputi uji validitas, uji reliabilitas, daya beda, taraf kesukaran, uji prasyarat dan uji hipotesis.
Hasil penelitian ini terdapat pengaruh penggunaan Pendekatan PMRI terhadap hasil belajar matematika soal cerita materi penjumlahan. Dapat dilihat dari hasil uji hipotesis (uji-F) Anova, nilai signifikansi atau 0,000 <0,05 sehingga Ho ditolak dan Ha diterima. Dengan demikian, dapat disimpulkan bahwa terdapat pengaruh Pendekatan pembelajaran matematika realistic indonesia terhadap hasil belajar matematika pada pemecahan soal cerita materi penjumlahan.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information: Pembimbing : Syailin Nichla Choirin Attalina, M.Pd
Uncontrolled Keywords: Pendekatan Pembelajaran Matematilka Realistic Indonesia, Matematika, Hasil Belajar Peserta Didik.
Subjects: 300 Ilmu Sosial > 370 Pendidikan > 371 Institusi Pendidikan > 371.3 Metode Belajar Mengajar, Media Pembelajaran
300 Ilmu Sosial > 370 Pendidikan > 372 Pendidikan Dasar (Play Group, PAUD, TK, SD) > 372.7 Berhitung untuk Pendidikan Dasar
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan > Pendidikan Guru Sekolah Dasar
Depositing User: Admin Perpustakaan Unisnu
Date Deposited: 17 Jul 2023 01:48
Last Modified: 17 Jul 2023 01:48
URI: https://eprints.unisnu.ac.id/id/eprint/5340

Actions (login required)

View Item
View Item