RITA AMALIA, 181330000266 (2022) PENGARUH TATA TERTIB KELAS TERHADAP KEDISIPLINAN PESERTA DIDIK KELAS 3 DI SDN 3 MENGANTI. Skripsi thesis, UNISNU JEPARA.
181330000266_COVER.pdf
Download (2MB) | Preview
181330000266_BAB I.pdf
Restricted to Repository staff only
Download (2MB)
181330000266_BAB II.pdf
Restricted to Repository staff only
Download (5MB)
181330000266_BAB III.pdf
Restricted to Repository staff only
Download (2MB)
181330000266_BAB IV.pdf
Restricted to Repository staff only
Download (3MB)
181330000266_BAB V.pdf
Restricted to Repository staff only
Download (923kB)
181330000266_DAFTAR PUSTAKA.pdf
Download (970kB) | Preview
181330000266_LAMPIRAN.pdf
Restricted to Repository staff only
Download (1MB)
Abstract
Keberhasilan peserta didik dalam belajar tidak lepas dari kedisiplinannya dalam melakukan belajar. Dari hal tersebut artinya setiap peserta didik yang ingin berhasil dalam belajar harus bisa menerapkan kedisiplinan saat melakukan pembelajaran. pelaksanaan tata tertib merupakan faktor eksternal yang dapat mempengaruhi kedisiplinan belajar peserta didik. dari hal tersebut penulis melakukan penelitian yang bertujuan untuk mengetahui seberapa besar pengaruh tata tertib kelas terhadap kedisiplinan peserta didik kelas 3 di SDN 3 Menganti.
Tekhnik pengambilan sampel pada penelitian ini adalah teknik sampling jenuh atau diambil secara keseluruhan dari jumlah populasi karena jumlahnya tidak lebih dari 100. Penelitian ini termasuk penelitian kuantitatif dengan desain penelitian eks post fakto dan analisis data menggunakan regresi sederhana.
Hasil penelitian meunjukkan bahwa terdapat pengaruh yang signifikan pelaksanaan tata tertib kelas terhadap kedisiplinan peserta didik kelas 3 di SDN 3 Menganti dengan hasil penelitian diperoleh thitung > ttabel (4.495 > 1.981) . Hasil pengujian menunjukkan bahwa Uji signifikasi persamaan garis regresi diperoleh nilai F = 20.202 dan nilai sig = 0,000. Nilai sig 0,000 < 0,05 berarti H0 ditolak dan H1 diterima. Artinya bahwa variable X (Tata tertib) memiliki pengaruh terhadap variable Y (Kedisiplinan). Besarnya pengaruh tata tertib terhadap kedisiplinan peserta didik, sebesar 50,3% dapat dilihat pada nilai R Square pada table model summary sebesar = 0,503. Sehinggan dapat disimpulkan bahwa tata tertib memiliki pengaruh terhadap kedisiplinan peserta didik SDN 3 Menganti dengan besarnya pengaruh 50,3%. Dan 49,7% dipengaruhi oleh faktor lain.
Berdasarkan hasil penelitian, disarankan guru diharapkan dapat memberikan pemahaman kepada peserta didik agar tidak keluar masuk kelas saat kegiatan pembelajaran berlangsung atau belum selesai. Guru juga diharapkan dapat memberikan dorongan untuk belajar pada siswa dengan hal-hal yang menarik untuk siswa agar tergugah untuk belajar. Pihak sekolah disarankan untuk lebih memerhatikan ketegasan terkait berlakunya tata tertib sekolah, untuk peneliti selanjutnya dapat meneliti dari faktor lain yang mempengaruhi kedisiplinan selain variabel tata tertib.
Item Type: | Thesis (Skripsi) |
---|---|
Additional Information: | Pembimbing : Santi Andriyani. S.Pd.I., M.Pd |
Uncontrolled Keywords: | Tata tertib, kedisiplinan, sekolah, belajar. |
Subjects: | 300 Ilmu Sosial > 370 Pendidikan > 371 Institusi Pendidikan > 371.5 Disiplin Sekolah 300 Ilmu Sosial > 370 Pendidikan > 372 Pendidikan Dasar (Play Group, PAUD, TK, SD) |
Divisions: | Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan > Pendidikan Guru Sekolah Dasar |
Depositing User: | Admin Perpustakaan Unisnu |
Date Deposited: | 17 Jul 2023 01:44 |
Last Modified: | 17 Jul 2023 01:44 |
URI: | https://eprints.unisnu.ac.id/id/eprint/5339 |