PUJIATI, 181330000246 (2022) KEFEKTIFAN MEDIA ULAR TANGGA DALAM MENINGKATKAN HASI BELAJAR BAHASA INDONESIA PESESRTA DIDIK KELAS V DI SDN 5 SEKURO KECAMATAN MLONGGO KABUPATEN JEPARA. Skripsi thesis, UNISNU JEPARA.
181330000246_COVER.pdf
Download (2MB) | Preview
181330000246_BAB I.pdf
Restricted to Repository staff only
Download (2MB)
181330000246_BAB II.pdf
Restricted to Repository staff only
Download (7MB)
181330000246_BAB III.pdf
Restricted to Repository staff only
Download (3MB)
181330000246_BAB IV.pdf
Restricted to Repository staff only
Download (2MB)
181330000246_BAB V.pdf
Restricted to Repository staff only
Download (429kB)
181330000246_DAFTAR PUSTAKA.pdf
Download (1MB) | Preview
181330000246_LAMPIRAN.pdf
Restricted to Repository staff only
Download (4MB)
Abstract
Penelitian ini berlatar belakang pada kenyataan bahwa hasil belajar peserta didik kelas V di SDN 5 Sekuro masih kurang maksimal. Hal ini disebabkan karena kurangnya penggunaan media pembelajaran. Sehingga peserta didik kurang begitu antusias dalam mengikuti pembelajaran. Untuk itu peneliti mrnggunakan media ular tangga dalam pembelajaran Bahasa Indonesia. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui bentuk media pembelajaran ular tangga dan keefektifan media ular tangga dalam meningkatkan hasil belajar bahasa Indonesia peserta didik kelas V SDN 5 Sekuro Kecamatan Mlonggo Kabupaten Jepara.
Penelitian ini menggunakan penelitian pre eksperimen jenis one group pre test post test design. Populasi dalam penelitian ini yaitu peserta didik kelas V SDN 5 Sekuro dengan jumlah 20 peserta didik. untuk mendapatkan data yang akurat, menggunakan instrumen penelitian berupa lembar tes dengan jumlah 25 soal pilihan ganda. Data yang telah dikumpulkan dianalisis menggunakan uji coba instrumen dan uji prasyarat analisis berupa uji normalitas, uji homogenitas dan uji t untuk menguji hipotesis.
Hasil dari penelitian ini diperoleh berdasarkan uji normalitas menggunakan kolmogorov smirnov menunjukkan bahwa nilai signifikan 0,200 > α (0,05). Dapat diartikan bahwa data tersebut berdistribusi normal. Pada uji homogenitas yaitu nilai signifikan 0,162 > α (0,05). Dapat diartikan bahwa data tersbeut memiliki Svarian yang sama atau homogen. Selanjutnya yaitu pada uji perbedaan rata-rata menggunakan uji paired sample test correlation menunjukkan nilai signifikan 0,000 < α (0,05). Selain itu juga dalam uji hipotesis menggunakan menggunakan uji paired sample test menunjukkan bahwa nilai signifikan yaitu 0,005 < α (0.05).
Berdasarkan hasil analisis tersebut, dapat disimpulkan bahwa media ular tangga berdampak signifikan. Sehingga efektif untuk meningkatkan hasil belajar peserta didik.
Item Type: | Thesis (Skripsi) |
---|---|
Additional Information: | Pembimbing : Eka Setya Budi, M.Pd. |
Uncontrolled Keywords: | Media Ular Tangga, Hasil Belajar, Bahasa Indonesia, Sekolah Dasar. |
Subjects: | 300 Ilmu Sosial > 370 Pendidikan > 371 Institusi Pendidikan > 371.3 Metode Belajar Mengajar, Media Pembelajaran 300 Ilmu Sosial > 370 Pendidikan > 372 Pendidikan Dasar (Play Group, PAUD, TK, SD) |
Divisions: | Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan > Pendidikan Guru Sekolah Dasar |
Depositing User: | Admin Perpustakaan Unisnu |
Date Deposited: | 17 Jul 2023 01:25 |
Last Modified: | 17 Jul 2023 01:25 |
URI: | https://eprints.unisnu.ac.id/id/eprint/5336 |