PUJI TRI HANDAYANI, 181330000338 (2022) PENGARUH GAYA BELAJAR VISUAL, AUDITORI DAN KINESTETIK TERHADAP HASIL BELAJAR IPA KELAS V SDUT MASYITOH MUSLIMAT NU BANDUNGREJO. Skripsi thesis, UNISNU JEPARA.
1. 181330000338_COVER.pdf
Download (945kB) | Preview
2. 181330000338_BAB I.pdf
Restricted to Repository staff only
Download (198kB)
3.181330000338_BAB II.pdf
Restricted to Repository staff only
Download (470kB)
4. 181330000338_BAB III.pdf
Restricted to Repository staff only
Download (358kB)
5. 181330000338_BAB IV.pdf
Restricted to Repository staff only
Download (409kB)
6. 181330000338_BAB V.pdf
Restricted to Repository staff only
Download (145kB)
7. 181330000338_DAFTAR PUSTAKA.pdf
Download (221kB) | Preview
8 181330000338_LAMPIRAN.pdf
Restricted to Repository staff only
Download (760kB)
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk : (1) Mengetahui gaya belajar siswa kelas V SDUT Masyitoh Mulimat NU Bandungrejo pada mata pelajaran IPA. (2) Mengetahui hasil belajar siswa kelas V SDUT Masyitoh Mulimat NU Bandungrejo pada mata pelajaran IPA. (3) Mengetahui pengaruh gaya belajar Visual, Auditori dan Kinestetik terhadap hasil belajar siswa kelas V SDUT Masyitoh Mulimat NU Bandungrejo mata pelajaran IPA.
Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif dengan menggunakan desain expost facto. Subjek penelitian ini adalah siswa kelas V SDUT Masyitoh Mulimat NU Bandungrejo dengan jumlah siswa 33 orang instrument yang digunakan adalah angket gaya belajar. Data penelitian yang dikumpulkan dianalisis mengggunakan teknik analisis deskriptif kuantitatif dengan persentase, korelasi product moment dan analisis regresi sederhana dan regresi ganda.
Hasil penelitian mengenai pengaruh gaya belajar terhadap hasil belajar siswa kelas V SDUT Masyitoh Mulimat NU Bandungrejo sebagai berikut: Gaya belajar siswa kelas V SDUT Masyitoh Mulimat NU Bandungrejo adalah dominan gaya belajar visual dengan persentase 45,5%. Gaya belajar auditori sebesar 39,1% dan kinestetik sebesar 15,4%. Gaya belajar visual, auditori dan kinestetik sebesar 90%. Terdapat pengaruh gaya belajar yang signifikan terhadap hasil belajar siswa kelas V SDUT Masyitoh Mulimat NU Bandungrejo.
Implikasi penelitian ini adalah penelitian ini memberikan sebuah informasi kepada pendidik agar menerapkan metode pembelajaran yang dapat mengakomodasi cara belajar siswa, sehingga siswa lebih giat dalam mengikuti proses pembelajaran dan mengatrol nilai hasil belajar mata pelajaran IPA. Mata pelajaran IPA yang menjadi momok pun akan dapat ditangani dengan tepat. Hasil yang memuaskanpun akan dituai dengan mudah apabila penggunaan metode dapat disesuaikan dengan gaya belajar siswa.
Item Type: | Thesis (Skripsi) |
---|---|
Additional Information: | Pembimbing : Yushinta Eka Farida, M.Pd. |
Uncontrolled Keywords: | Gaya Belajar,IPA, Hasil Belajar Siswa. |
Subjects: | 300 Ilmu Sosial > 370 Pendidikan > 371 Institusi Pendidikan > 371.3 Metode Belajar Mengajar, Media Pembelajaran 300 Ilmu Sosial > 370 Pendidikan > 372 Pendidikan Dasar (Play Group, PAUD, TK, SD) |
Divisions: | Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan > Pendidikan Guru Sekolah Dasar |
Depositing User: | Admin Perpustakaan Unisnu |
Date Deposited: | 17 Jul 2023 01:24 |
Last Modified: | 17 Jul 2023 01:24 |
URI: | https://eprints.unisnu.ac.id/id/eprint/5335 |