NURUL ARUM RAMADLON, 181330000225 (2022) EFEKTIVITAS MODEL CIRC (Cooperative Integrated Reading And Composition) TERHADAP KEMAMPUAN MEMBACA PEMAHAMAN PADA MATA PELAJARAN BAHASA INDONESIA PESERTA DIDIK KELAS IV SD NEGERI 1 KELING. Skripsi thesis, UNISNU JEPARA.
181330000225_COVER.pdf
Download (2MB) | Preview
181330000225_BAB I.pdf
Restricted to Repository staff only
Download (2MB)
181330000225_BAB II.pdf
Restricted to Repository staff only
Download (6MB)
181330000225_BAB III.pdf
Restricted to Repository staff only
Download (3MB)
181330000225_BAB IV.pdf
Restricted to Repository staff only
Download (2MB)
181330000225_BAB V.pdf
Restricted to Repository staff only
Download (549kB)
181330000225_DAFTAR PUSTAKA.pdf
Download (1MB) | Preview
181330000225_LAMPIRAN.pdf
Restricted to Repository staff only
Download (6MB)
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui efektivitas model Cooperative Integrated Reading and Composition terhadap kemampuan membaca pemahaman kelas IV SD N 1 Keling. Subyek dalam penelitian ini adalah peserta didik kelas IV SD N 1 Keling Jepara. Desain penelitian ini adalah pre-experimental design jenis one-group pretest-postest design. Rancangan penelitian eksperimen dengan cara memberi tes awal sebelum memberikan treatment dan memberikan tes akhir setelah adanya treatment kepada sekelompok sampel. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh peserta didik SD N 1 Keling yang berjumlah 104 peserta didik yang terbagi dalam 6 kelas. Pada penelitian ini sampel yang diambil yaitu semua peserta didik kelas IV SD N 1 Keling yang berjumlah 19.
Berdasarkan hasil penelitian terkait keefektifan metode CIRC terhadap kemampuan membaca pemahaman peserta didik kelas IV SD N 1 Keling dan hasil analisis serta pembahasan yang telah diperoleh, maka dapat disimpulkan bahwa model pembelajaran Cooperative Integrated Reading and Composition terbukti efektif terhadap kemampuan membaca pemahaman peserta didik. Hal ini dapat terlihat dari peningkatan hasil belajar peserta didik materi pelajaran Bahasa Indonesia. Setelah diberikan perlakuan terjadi peningkatan, hal ini terlihat dari hasil uji t-test yaitu Nilai t sebesar 6,600, maka 6,600 > 0,005 maka Ha diterima. Sig (2-tailed) sebesar 0,000. Hasil pengujian menunjukkan nilai sig (2-tailed) sebesar 0,000 < 0,05 maka sesuai dengan dasar pengambilan keputusan dalam uji Paired Sample Test dapat disimpulkan bahwa Ho ditolak dan Ha diterima. Dengan demikian dapat disimpulkan bahwa pemberian perlakuan, dalam hal ini penggunaan model pembelajaran Cooperative Integrated Reading and Composition dalam pembelajaran materi Bahasa Indonesia menyebabkan adanya perbedaan hasil akhir pada kelas tersebut.
Item Type: | Thesis (Skripsi) |
---|---|
Additional Information: | Pembimbing : Eka Setya Budi, M.Pd. |
Uncontrolled Keywords: | Efektivitas, Model CIRC, Membaca Pemahaman. |
Subjects: | 300 Ilmu Sosial > 370 Pendidikan > 371 Institusi Pendidikan > 371.3 Metode Belajar Mengajar, Media Pembelajaran 300 Ilmu Sosial > 370 Pendidikan > 372 Pendidikan Dasar (Play Group, PAUD, TK, SD) > 372.4 Membaca, Belajar Membaca |
Divisions: | Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan > Pendidikan Guru Sekolah Dasar |
Depositing User: | Admin Perpustakaan Unisnu |
Date Deposited: | 14 Jul 2023 06:31 |
Last Modified: | 14 Jul 2023 06:31 |
URI: | https://eprints.unisnu.ac.id/id/eprint/5334 |