ULIL AMAR, 151310003428 (2022) STUDI KOMPARASI PRESTASI TAHFIDZ AL-QUR’AN SANTRI SEKOLAH FORMAL DENGAN TIDAK SEKOLAH FORMAL DI PONDOK PESANTREN DARUL FALAH AMTSILATI BANGSRI JEPARA TAHUN PELAJARAN 2020/2021. Skripsi thesis, UNISNU JEPARA.
151310003428_COVER.pdf
Download (2MB) | Preview
151310003428_BAB I.pdf
Restricted to Repository staff only
Download (2MB)
151310003428_BAB II.pdf
Restricted to Repository staff only
Download (8MB)
151310003428_BAB III.pdf
Restricted to Repository staff only
Download (1MB)
151310003428_BAB IV.pdf
Restricted to Repository staff only
Download (3MB)
151310003428_BAB V.pdf
Restricted to Repository staff only
Download (816kB)
151310003428_DAFTAR PUSTAKA.pdf
Download (801kB) | Preview
151310003428_LAMPIRAN.pdf
Restricted to Repository staff only
Download (1MB)
Abstract
ULIL AMAR dengan Judul Skripsi "Studi Komparasi Prestasi Tahfidz Al-Qur’an Santri Sekolah Formal dengan Tidak Sekolah Formal di Pondok Pesantren Darul Falah Amtsilati Bangsri Jepara Tahun Pelajaran 2020/2021"
Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan: 1). Prestasi tahfidz Al-Qur’an santri sekolah formal di Pondok Pesantren Darul Falah Amtsilati Bangsri Jepara, 2). Prestasi tahfidz Al-Qur’an santri tidak sekolah formal di Pondok Pesantren Darul Falah Amtsilati Bangsri Jepara, 3). Perbandingan prestasi tahfidz Al-Qur’an santri sekolah formal dengan tidak sekolah formal di Pondok Pesantren Darul Falah Amtsilati Bangsri Jepara.
Penelitian ini termasuk jenis penelitian adalah field research (studi lapangan) dengan menggunakan pendekatan kuantitatif. Adapun variabel dalam penelitian ini ada satu yaitu prestasi tahfidz Al-Qur’an. Adapun populasi dalam penelitian ini adalah jumlah populasi 298 siswa dan mengambil 40% sehingga sampel dalam penelitian ini adalah 120 santri yang terdiri dari 60 santri yang bersekolah formal dan 60 santri yang tidak sekolah formal, dan cara pengambilannya menggunakan teknik random sampling atau acak. Sedangkan teknik pengumpulan data yang digunakan adalah tes lisan dan dokumentasi, dan teknik analisis data yang digunakan adalah analisis kuantitatif dengan statistic t-score.
Hasil penelitian ini sebagai berikut: 1. Prestasi tahfidz Al-Qur’an santri sekolah formal di Pondok Pesantren Darul Falah Amtsilati Bangsri Jepara dapat dikatakan cukup baik karena hal tersebut dapat diketahui dari nilai mean sebesar 68,2, nilai median sebesar 70 dan nilai modusnya sebesar 67,5. Sedangkan dilihat dari prosentase nilai menyatakan kategori baik sekali ada 1,6%, kategori baik ada 2,7% dan kategori cukup sebesar 71,7%. 2. Prestasi tahfidz Al-Qur’an santri yang tidak sekolah formal di Pondok Pesantren Darul Falah Amtsilati Bangsri Jepara dapat dikatakan baik sekali karena hal tersebut dapat diketahui dari nilai mean sebesar 71, nilai median sebesar 74,5 dan nilai modusnya sebesar 70,5. Sedangkan dilihat dari prosentase nilai menyatakan kategori baik sekali ada 1,7%, kategori baik ada 46,7% dan kategori cukup 51,6%. 3. Ada perbandingan yang positif dan signifikan perbandingan prestasi tahfidz Al-Qur’an santri sekolah formal dengan tidak sekolah formal di Pondok Pesantren Darul Falah Amtsilati Bangsri Jepara dikatakan signifikan. Hal tersebut dibuktikan dengan hasil t-score = 7,2 diinterpretasikan ke dalam t pada tabel dengan taraf signifikansi 5% diperoleh 1,6 dan 1% sebesar 2,3. Oleh karena itu prestasi tahfidz Al-Qur’an yang lebih tinggi adalah santri yang tidak sekolah formal karena waktu menghafalkan lebih banyak dibandingkan dengan santri yang sekolah formal.
Item Type: | Thesis (Skripsi) |
---|---|
Additional Information: | Pembimbing : Nusrotus Saidah, M.Pd. |
Uncontrolled Keywords: | Prestasi Tahfidz Al-Qur’an. |
Subjects: | 200 Agama > ISLAM > 2X1 Al-Qur'an > 2X1.12 Ilmu Qiraat dan Tajwid (hafalan Al-Qur'an, bacaan Al-Qur'an, membaca Al-Qur'an) 200 Agama > ISLAM > 2X7.1 Filsafat Islam > 2X7.3 Pendidikan Agama Islam |
Divisions: | Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan > Pendidikan Agama Islam |
Depositing User: | Admin Perpustakaan Unisnu |
Date Deposited: | 12 Jul 2023 03:39 |
Last Modified: | 12 Jul 2023 03:39 |
URI: | https://eprints.unisnu.ac.id/id/eprint/5325 |